Minuman Nikmat Musim Hujan


SoPasti.ComMusim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan yang saat ini masih melanda beberapa kota di Indonesia memang membuat tubuh terkadang kedinginan. Efeknya menjadi tidak enak badan dan sakit kepala.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit selama musim hujan ini, kamu harus tetap memakan asupan yang bergizi. Utamakan mengkonsumi makanan hangat agar tubuh pun menjadi hangat.

Minuman Nikmat Musim Hujan

Lalu minuman apa saja yang cocok dikonsumsi selama musim hujan? Berikut Minuman Nikmat Musim Hujan yang dilansir oleh popmama:

1. Teh manis hangat

Teh Hangat Minuman Nikmat Musim Hujan
Consumer Reports

Kandungan utama yang terdapat pada daun teh adalah polifenol, kafein, asam amino, asam lemak, omega-3 dan omega-6. Selain itu Teh juga memiliki kandungan folat yang dibutuhkan oleh Ibu hamil dan berbagai mineral diantaranya fosfor, magnesium, mangan, kalium dan fluoride.

Selain menghangatkan tubuh, teh juga memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan gigi dan mulut, menurunkan resiko penyakit otak, menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, menurunkan resiko diabetes, memperkuat jantung, mencegah kanker, membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan saluran cerna, mengatasi pilek dan flu serta mengatasi stress.

Dengan mengkonsumsi teh manis di musim hujan maka diharapkan tubuh tidak mudah masuk angin dan mendapat energi lebih untuk melakukan aktivitas.

2. Cokelat panas

Cokelat memang sudah dikenal dapat mengatasi stress, merilekskan pikiran dan meredakan amarah. Rasanya yang manis banyak disukai banyak orang baik perempuan maupun laki-laki.

Fungsi cokelat panas selain bisa menghangatkan tubuh di musim hujan, juga dapat memperkuat ingatan, memperbaiki mood, menyehatkan jantung dan sebagai antioksidan.

3. Susu jahe

Jahe sudah dikenal masyarakat dunia sebagai rempah untuk menghangatkan badan. Jahe sering digunakan sebagai campuran bahan jamu.

Jahe bermanfaat untuk menghilangkan mual. Sehingga cocok sekali dikonsumsi ibu hamil yang sering mengalami morning sickness. Selain membantu mengatasi rasa mual, jahe juga bisa mengatasi rasa nyeri termasuk nyeri sendi, menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes dan membantu menurunkan berat badan.

Agar lebih nikmat kamu bisa meminum jahe dengan campuran susu. Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu cukup merebus jahe dan sereh bersama gula merah. Setelah mendidih saring dan tambahkan susu kental manis. Susu jahe pun siap dihidangkan!

4. Bandrek

Bandrek Minuman Nikmat Musim Hujan
www.elidahotbandrek.com

Bandrek merupakan minuman asal Jawa dan Sumatra. Rasanya yang nikmat banyak digemari masyarakat Indonesia. Minuman ini enak jika diminum saat hangat.

Cara membuatnya tidak sulit, rebus serai bersama dengan jahe, daun pandan, gula merah, garam dan sedikit lada. Tuang ke gelas dan tambahkan susu kental manis.

Jika suka dengan telur ayam kampung maka dapat ditambahkan ke dalam bandrek.

5. Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jakarta. Minum sekoteng saat musim hujan rasanya menghangatkan tubuh karena terdapat rempah jahe didalamnya.

Sekoteng memiliki berbagai macam isian. Diantaranya kacang hijau, irisan roti tawar, kacang dan sagu mutiara.

Cara membuatnya cukup mudah. Caranya kamu perlu merebus air, jahe dan gula pasir. Kemudian campur dengan isian yang telah matang. Beri topping susu kental manis agar lebih nikmat.

6. Wedang ronde

Wedang ronde merupakan salah satu minuman tradisional China. Nama aslinya adalah Tangyuan yang terbuat dari tepung ketan dicampur air dan dibentuk seperti bola. Bola ketan tersebut direbus dan disajikan dengan kuah manis.

Minuman ini sudah lama masuk ke Indonesia dan paling banyak ditemukan dan dilestarikan di daerah Jawa Tengah. Perbedaannya jika di Indonesia, tepung ketan akan dicampur ubi terlebih dulu agar lebih nikmat.


Baca Juga :


Cara membuatnya tidak sulit. Pertama-tama rebus ubi, kemudian uleni dan campur dengan tepung ketan. Kamu bisa menambah pewarna makanan untuk mempercantik tampilannya. Bentuk bulat dan beri isian dalam berupa kacang.

Kemudian rebus air bersama gula merah, pandan, jahe, cengkeh sereh, kayu manis, dan garam. Masukkan adonan ketan dan aduk rata. Wedang ronde siap dinikmati.

7. Bajigur

Bajigur merupakan minuman asal Jawa Barat. Beberapa tahun silam masih ada yang menjual bajugur keliling, namun saat ini sudah sulit menemukan penjual bajigur.

Cara membuatnya tidak begitu sulit. Rebus air, santan, gula pasir, gula merah, jahe dan garam dengan api kecil saja. Tambahkan cokelat atau kopi lalu aduk rata. Bajigur yang nikmat pun siap dihidangkan saat hujan.

Itulah Minuman Nikmat Musim Hujan. Selamat menikmati. [ucnews]


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar