Makanan Sehat saat Terkena Flu


SoPasti.ComFlu adalah kondisi yang gejalanya berupa pilek, demam dan bersin. Jika terkena flu jangan asal makan makanan, karena dapat memperarah flu loh sobat. Ketahuilah Makanan Sehat saat Terkena Flu. Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Biasanya diperlukan waktu sekitar 7 hari sampai gejala hilang total. Bagi sebagian orang, batuk dan rasa kelelahan dapat bertahan selama berminggu-minggu. Bagi orang lain, masalah pernapasan seperti asma dan penyakit jangka panjang lainnya diperburuk oleh flu.

Namun bagi orang tua, balita, dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah, gejala flu bisa terasa lebih parah dan bahkan mengakibatkan kematian akibat komplikasinya. Tipe lain dari flu adalah flu babi (HIN1), flu burung (H5N1, H7N9), dan lain-lain. Setiap tahun terdapat 10% hingga 15% kasus influenza, memengaruhi 250.000 – 500.000 orang. Jenis baru dari influenza A/H1N1 menyebabkan wabah pada Juni 2009.

Seorang pasien flu bisa menularkan penyakitnya mulai dari hari sebelumnya sampai tujuh hari setelah gejala pertama terlihat, bahkan setelah sebagian besar gejala hilang. Anak-anak kecil dengan flu bisa menular bahkan setelah minggu kedua terkena penyakit.

Makanan Sehat saat Terkena Flu

Inilah 10 Makanan Sehat saat Terkena Flu yang dilansir oleh meetdoctor :

Bawang putih

Jika sobat suka, bawang putih dapatmenjadipilihan yang baik untuk membumbui makanan seperti sup. Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan kekebalan, merangsang dan dapat memberikan sedikit lega dari mampetnya hidung.

Jahe

Sakit perut? Mual? Diare? Jahe adalah obat rumahan yangsering digunakanuntuk menenangkan penyakit flu. Beberapa penelitian menunjukkan jahe membantu untuk memerangi peradangan. Cobalah menambahkan jahe segar parut ke dalam makanan lain, atau sekedar olah jahe dengan air hangat.

Pisang

Makanan Sehat saat Terkena Flu
Merdeka.com

Diiris, atau ditumbuk, pisang dapat dengan mudah dicerna oleh perut. Pisang dapat menjadi makanan pengganjal jika merasakan gejala seperti mual, muntah, dan diare, yang sering terjadi pada anak-anak dengan flu.

Es Popsicle

Sebuah es krim popsicle dipercaya dapat menenangkan sakit pada tenggorokan. Makanan ini juga dapat membantu sobat tetap terhidrasi, yang merupakan kunci ketika berjuang melawan flu. Mendapatkan cairan yang cukup dapat menjaga lendir tipis dan membantu mengurangi kemacetan. Carilah es loli yang terbuat dari 100 persen jus buah untuk memastikan sobat mendapatkan nutrisi penting dan tidak air gula. Buah seperti apel, anggur, atau stroberi sangat baik sebagai paduan.

Sandwich Kalkun

Kalkun merupakan sumber protein dengan lemak yang baik, dan penting guna nutrisi padat. Meskipun sobat tidak menyukainya, memakan sandwich berisi kalkun dapat memberikan energy tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Tambahkan saus kegemaran untuk mendapatkan rasa yang menakjubkan.

Roti Panggang

Roti dapat menjadi makanan pengganti disaat Sobat sedang berjuang melawan penyakit. Makanan ini sangat nikmat disajikan dengan sup ayam dan dijamin dapat menahan lapar yang tertahan.

Jus Sayuran

Membuat salad dan memakannya mungkin menjadi hal terakhir yang sobatpilih saat proses penyembuhan flu. Coba ganti pilihan tersebut dengan segelas jus sayuran sodium rendah, maka sobat akan merasa tingkat kekebalan tubuh meningkat dan menjaga diri dari dehidrasi. Jika ingin yang lebih manis, jus buah murni dapat menjadi pilihan yang menyenangkan.


Baca Juga :


Sup Ayam

Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sup ini bergizi dan mampu membantu penyembuhan influenza. Penelitian menunjukkan  bahwa sup ayam mampu meningkatkan kemampuan silia (rambut-rambut halus pada hidung) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Minuman Pengganti Sarapan

Jika selera makan sobat telah kembali, untuk memastikan sobat mendapatkan nutrisi dan kalori yang tepat. Carilah minuman dengan setidaknya dengan 6gram protein rendah gula. Rasa stroberi dan cokelat semakin membuat sobat mendapatkan vitamin, nutrisi, dan kalori yang lebih.

Teh Panas

Teh hijau dan teh hitam menawarkan antioksidan guna melawan penyakit. Bahkan hanya dengan menghirup uapnya saja, mampet hidung dapat terasa ringan dengan segera. Tambahkan sesendok madu dan perasan lemon untuk membantu meredakan keseluruhan sakit tenggorokan sobat .

Itulah Makanan Sehat saat Terkena Flu. Semoga sobat cepat sehat kembali.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar