Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan. Bila flu menyerang anak, simak Cara Mengobati Anak Flu Berat Agar Cepat Sembuh.

Anak yang terserang flu berat cukup menyiksa bagi mereka karena kondisi tubuh yang lemah, terganggunya pernapasan anak dan demam yang membuat tubuh terasa meriang. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor seperti lingkungan, kekebalan tubuh melemah, terserang virus dan berbagai penyebab lainnya.

Inilah Cara Mengobati Anak Flu Berat Agar Cepat Sembuh

Cara Mengobati Anak Flu Berat

Abbott India

  1. Obat-obatan

Cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi flu pada anak adalah dengan memberikan obat flu untuk anak yang dijual bebas di apotik. Sesuaikan penggunaan dosis dengan usia anak. Sigaplah dengan cara menjadi ibu rumah tangga yang pintar dalam memilih pengobatan terbaik dikala anak sakit.

  1. Suplemen vitamin C dan zinc.

Memberikan suplemen zinc dan vitamin C pada anak bisa meringankan dan mempercepat proses penyembuhan flu pada anak. Cara menjadi ibu dan istri yang baik dalam keluarga juga harus memastikan kesehatan keluarga dengan penambahan suplemen. Dan pilihlah suplemen yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang atau selingi dengan vitamin dan nutrisi alami dari buah dan sayur.

  1. Larutan garam

Berkumur dengan garam cukup ampuh meredakan gejala hidung tersumbat dan mengatasi tenggorokan perih. Selain itu juga bisa dengan meneteskan sedikit larutan garam pada hidung anak  yang bisa melancarkan pernapasan anak.

  1. Balsem atau minyak kayu putih

Cara mengatasi anak flu berat paling mudah adalah dengan mengoleskan balsem pada bagian dada dan punggung anak. Hindari penggunaan balsem pada bagian hidung secara berlebihan karena bisa terasa pedih bagi anak.

  1. Suhu kamar yang hangat dan lembab

Suhu kamar yang dingin hanya akan memperparah flu pada anak. Baiknya buatlah suhu kamar tetap hangat dan lembab agar pernapasan anak lebih lega. Bisa dengan menaruh uap panas pada kamar anak.


Baca Juga :


  1. Berikan anak minuman hangat

Saat anak flu berat, berikanlah anak minuman yang hangat setiap kali minum. Minuman anak akan membantu meringankan radang tenggorokan dan juga meringankan gejala hidung tersumbat saat anak flu berat.

  1. Istirahat cukup

Mintalah anak untuk beristirahat penuh untuk mengembalikan kekebalan tubuh yang melemah. Berikan selimut hangat pada anak yang beristirahat dan jauhkan bahaya gadget untuk anak yang akan membuat berkurangnya waktu tidur dan istirahat.

Itulah cara mengatasi anak flu berat yang bisa bunda terapkan dirumah. Sebaiknya jauhkan anak dari bahaya bulu kucing bagi wanita dan anak-anak yang bisa memicu datangnya flu. Jagalah kesehatan anak dan keluarga dengan cara menjadi ibu profesional dalam menangani dan mengatasi permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga. [klubwanita]