Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak


SoPasti.Com – Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak. Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak

  • Penyebab sariawan

Tidak begitu jelas apa yang menyebabkan  sariawan. Biasanya ini karena turunan dalam keluarga, jadi sepertinya ada faktor genetik. Beberapa orang rentan mengalami sariawan ketika mengalami stres.

Meski penyebab pastinya tidak diketahui, ada banyak faktor diperkirakan terlibat dalam perkembangan sariawan, antara lain:

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  2. Alergi terhadap makanan, seperti kopi, coklat, keju, kacang, dan buah jeruk
  3. Virus dan bakteri
  4. Cedera pada mulut
  5. Nutrisi yang buruk
  6. Obat tertentu
  7. Iritasi akibat penggunaan kawat gigi.

Sariawan juga bisa muncul setelah trauma pada mulut, seperti kulit pecah yang disebabkan oleh prosedur medis atau karena lidah atau pipi tergigit. Ada beberapa bukti kalau makanan yang menyebabkan alergi, infeksi virus, dan kekurangan zat besi, asam folat, zinc, atau vitamin B12 bisa memicu sariawan. Meski begitu, sariawan tidak menular.

  • Cara mengatasi sariawan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak

Sariawan hampir selalu bisa hilang dengan sendirinya, biasanya dalam satu minggu hingga 10 hari (meski sariawan dengan ukuran besar butuh waktu lebih lama untuk sembuh). Rasa sakit mulai mereda setelah 3 atau 4 hari.

Anda bisa gunakan es pada sariawan untuk membantu mematikan rasa. Bila bayi makan makanan padat, makanan dingin atau beku bisa juga membantu meringankan rasa tidak nyaman. Tapi jangan berikan makanan panas, pedas, atau buah jeruk, yang bisa membuat sariawan terasa lebih sakit.

Anda bisa gunakan krim, tapi gunakan dengan hati-hati pada sariawan karena bisa menimbulkan rasa sakit. Anda bisa campurkan 1 bagian hidrogen peroksida dan 1 bagian air. Perlahan oleskan campuran ini pada sariawan dengan menggunakan kapas. Lanjutkan dengan mengoleskan susu. Lakukan tiga atau empat kali sehari untuk meredakan dan membantu menyembuhkan sariawan.

Bila bayi terlihat sangat tidak nyaman, tanyakan dokter tentang pemberian dosis pereda sakit seperti acetaminophen atau ibuprofen. Jangan pernah berikan aspirin, yang bisa memicu penyakit mematikan bernama sindrom Reye pada anak dengan infeksi virus.

Sariawan merupakan luka terbuka yang menyebar pada lapisan mulut. Sariawan bisa bervariasi ukurannya mulai dari beberapa milimeter hingga beberapa inci. Anda perlu bicara pada dokter ketika melihat sariawan di mulut bayi. Sariawan bisa terasa sangat sakit, sehingga Anda perlu tawarkan pereda sakit sesegera mungkin.

Baca juga :

Rasa sakit bisa menjalar ke bagian dalam gusi, pipi, lidah, atau bibir. Sariawan biasanya membaik setelah beberapa lama. Butuh sekitar 7 hingga 10 hari sebelum sariawan sembuh. Berikut ini beberapa pilihan pengobatan untuk sariawan:

  1. Tersedia pilihan pengobatan yang berbeda-beda. Dokter bayi Anda bisa menentukan pilihan penanganan yang tepat setelah mendiagnosa kondisi bayi
  2. Susu formula atau ASI yang dingin bisa memberi rasa nyaman pada bayi
  3. Bayi bisa diresepkan obat luar, krim, atau jel untuk mengobati sariawan
  4. Pereda sakit seperti acetaminophen bisa disarankan untuk meredakan rasa sakit akibat sariawan.

Itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak. Semoga anak sobat tidak sariawan lagi.

 


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar