Penanganan Angin Duduk / Angina


Halo sobat sopasti.com sebelumnya kita membahas dan mengenal Angin Duduk. kali ini kita membahas penangannnya. Nitrogliserin adalah suatu obat vasodilator, yaitu obat yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah menuju otot jantung. Nitrogliserin digunakan untuk mengobati gejala angina, seperti nyeri dada atau tekanan, yang terjadi ketika tidak ada cukup darah yang mengalir ke jantung. Untuk meningkatkan aliran darah ke jantung, nitrogliserin akan membuat arteri di jantung (arteri koroner) menjadi terbuka/dilatasi, sehingga gejala dapat diperbaiki dan mengurangi seberapa keras jantung harus bekerja.

Nitrogliserin datang dalam bentuk aksi-cepat dan bentuk aksi-lambat.

Bentuk nitrogliserin aksi-cepat digunakan untuk meredakan angina atau digunakan sebelum kegiatan yang biasanya menyebabkan angina. Bentuk cepat termasuk tablet atau semprotan oral. Tablet ditempatkan di bawah lidah (sublingual) atau antara pipi dan gusi (bukal). Semprot digunakan pada atau di bawah lidah. Topik ini mencakup bentuk-bentuk cepat bertindak nitrogliserin.

bentuk nitrogliserin aksi-lambat digunakan untuk mencegah Angin Duduk / angina terjadi. Mereka tidak digunakan untuk menghentikan gejala angina yang biasanya berlangsung tiba-tiba. Bentuk-bentuk long-acting termasuk pil, tablet, salep kulit, dan patch kulit. Topik ini tidak mencakup macam-macam bentuk-bentuk nitrogliserin aksi-lambat.

Dokter akan meresepkan jumlah yang tepat untuk Anda. Jangan menggunakan nitrogliserin orang lain.

Penanganan Angin Duduk / Angina

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Temulawak

Kapan saya menggunakan nitrogliserin aksi-cepat?

  • Dokter Anda akan menyarankan menggunakan nitrogliserin. Secara umum, nitrogliserin bentuk-aksi-cepat digunakan untuk :
  • Untuk meredakan angina yang tiba-tiba terjadi.
  • Untuk mencegah ketika seseorang harus melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan angina, seperti berjalan menanjak atau melakukan hubungan seksual.

Bagaimana cara menggunakan cepat-acting nitrogliserin?

  • Duduk atau berbaring untuk mengkonsumsi nitrogliserin. Jika Anda menyetir, tepikan mobil dan parkir mobil Anda. Mengkonsumsi nitrogliserin dapat menurunkan tekanan darah Anda, yang dapat menyebabkan Anda pingsan jika Anda berdiri.
  • Untuk episode angina mendadak, menggunakan nitrogliserin dalam bentuk tablet atau semprotan cairan.
    • Letakkan di tablet bawah-lidah (tablet sublingual) di bawah lidah Anda. Biarkan tablet di sana sampai larut. Jika Anda secara tidak sengaja menelan tablet, konsumsilah lagi. Obat tidak akan bekerja jika tertelan.
    • Tempatkan tablet -pipi-dan-gusi (tablet bukal) antara pipi dan gusi. Biarkan di sana sampai larut. Jika Anda secara tidak sengaja menelan tablet, konsumsilah lagi. obat tidak akan bekerja jika tertelan.
    • Gunakan semprotan di bawah lidah atau di atas lidah Anda. Dorong semprotan tombol tabung sekali. Tutup mulut Anda segera.
  • Ambil satu tablet atau dosis semprot. Jika setelah 5 menit gejala angina tidak lebih baik atau menjadi lebih buruk, telepon 119 atau layanan darurat lainnya segera.
  • Setelah Anda menelepon 119, ikuti apa yang diperintahkan operator kedaruratan. Dia akan memberikan petunjuk lebih lanjut.
  • Terlepas dari apa yang terjadi, Anda harus membiarkan dokter Anda tahu bahwa Anda memiliki episode angina. Jika hal ini tidak biasa untuk Anda, jika episode angina Anda terjadi lebih sering atau lebih lama, atau jika Anda membutuhkan lebih banyak obat-obatan untuk mengendalikan angina, beritahu dokter Anda. Laporkan setiap perubahan gejala angina Anda (angina tidak stabil) dengan dokter Anda.

Baca Juga : Manfaat Sarapan Pagi

Apakah ada efek samping atau interaksi dengan obat lain yang saya harus sadar?

Normal, efek samping sementara dari nitrogliserin meliputi perasaan hangat atau memerah, sakit kepala, pusing, atau sensasi melayang. Anda juga dapat merasakan sensasi terbakar di bawah lidah Anda.

Penderita Angin Duduk Jangan mengkonsumsi obat peningkat ereksi seperti obat sildenafil (Viagra), tadalafil (Cialis), atau vardenafil (Levitra) jika Anda mengkonsumsi nitrogliserin. Menggabungkan nitrogliserin dengan obat-obatan ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang mengancam jiwa. Jika Anda memiliki angina dan telah mengambil salah satu obat peningkat ereksi ini, pastikan untuk memberitahu dokter Anda sehingga Anda tidak diberikan nitrogliserin atau obat nitrat lain.

Jangan mengambil obat hipertensi paru sildenafil (Revatio) jika Anda mengkonsumsi nitrogliserin atau obat nitrat lain.

Bagaimana saya harus menyimpan nitrogliserin?

Simpan nitrogliserin di dalam wadah yang gelap (seperti wadah coklat), kedap udara, wadah kaca berwarna gelap yang tidak tidak dapat dilalui cahaya. Jaga wadah tertutup rapat. Jauhkan pil nitrogliserin dan semprotan nitrogliserin dari panas atau lembab.

Bisakah nitrogliserin kadaluwarsa dan kehilangan potensi?

Nitrogliserin bisa mendapatkan kadaluwarsa. Dan ketika sudah kadaluwarsa, obat tidak dapat bekerja. Jika pasokan nitrogliserin Anda melewati tanggal kedaluwarsa, dapatkan resep baru sesegera mungkin. Menjaga nitrogliserin Anda dalam wadah yang tertutup rapat dan gelap. Jangan membuka nitrogliserin sublingual Anda sampai Anda perlukan. Ganti tablet Anda setiap 3 sampai 6 bulan. Semprotan nitrogliserin dapat bertahan hingga 2 tahun sebelum kadaluarsa.

Anda mungkin merasakan sakit kepala ketika Anda menggunakan nitrogliserin. Atau Anda mungkin merasa terbakar atau kesemutan di bawah lidah Anda dengan nitrogliserin yang digunakan di bawah lidah. Tapi jika Anda tidak memiliki sakit kepala atau merasa terbakar atau kesemutan di bawah lidah Anda, tidak berarti obat ini tidak bekerja.

ANGINA TIDAK STABIL

Angin Duduk / angina tidak stabil ditandai dengan onset baru nyeri dada atau peningkatan frekuensi atau keparahan angina bahwa dalam beberapa kasus mungkin menjadi tanda serangan jantung akan datang. Jenis nyeri dada biasanya dibawa oleh tenaga dan lega dengan istirahat. angina tidak stabil memerlukan perhatian medis segera dan pengujian komprehensif untuk penyakit arteri koroner mungkin.

Serangan Jantung, Angina Tidak Stabil – Pencegahan

Setelah Anda pernah mengalami serangan jantung, kekhawatiran terbesar Anda adalah kemungkinan kekambuhan. Anda dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung berulang dengan bergabung Program rehabilitasi (rehab) jantung dan mengkonsumsi obat-obatan Anda.

Rehabilitasi jantung

Anda mungkin sudah memulai progam rehabilitasi jantung di rumah sakit atau segera setelah Anda tiba di rumah. Ini merupakan bagian penting dari pemulihan setelah serangan jantung.

Dalam rehabilitasi jantung, Anda akan mendapatkan edukasi dan dukungan yang membantu Anda membuat kehidupan baru yang penuh kebiasaan sehat, seperti makan yang benar dan melakukan olahraga lebih sering.

Membuat kebiasaan jantung sehat

Jika Anda tidak melakukan program rehabilitasi jantung, Anda masih akan perlu belajar tentang perubahan gaya hidup yang dapat menurunkan resiko serangan jantung. Perubahan ini termasuk berhenti merokok, makan makanan yang sehat untuk jantung, dan aktif dalam kegiatan sehari-hari.

Minum obat Angin Duduk

Setelah mengalami serangan jantung, konsumsi semua obat Anda dengan benar. Jangan berhenti minum obat kecuali yang menyuruhnya. Jika Anda berhenti minum obat secara sepihak, Anda meningkatkan risiko kekambuhan serangan jantung lagi.

Anda mengkonsumsi obat-obatan untuk:

  • Mencegah pembekuan darah. Obat-obatan ini termasuk aspirin dan obat-obatan lain seperti clopidogrel (Plavix).
  • Mengurangi beban kerja pada jantung dengan obat beta-blocker seperti propanolol.
  • Menurunkan kolesterol seperti obat simvastatin.
  • menjaga detak jantung tidak teratur.
  • menurunkan tekanan darah seperti obat captopril, amlodipin atau valsartan.

dr.Ursula Penny

 


Pastikan Komentar