Hari Pertama puasa adalah hari dimana ada perubahan metabolisme tubuh. Hal ini dapat menyebabkan dampak yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang sakit, ada yang lemes, ada juga yang sudah terbiasa. Inilah Tips Puasa Hari Pertama bagi yang kadang sakit dan lemes pada hari pertama puasa.

Puasa Ramadhan mempunyai keutamaan yang berbeda dengan puasa yang lain. Puasa Ramadhan merupakan puasa yang diperintahkan Allah SWT sebagaimana dinyatakan dalam Al-Quran Surat Al Baqarah ayat 183 : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”).

Untuk melaksanakan puasa Ramadhan banyak syarat dan ketentuan yang harus diikuti, jika tidak maka puasanya batal atau tidak sah.

Tips Puasa Hari Pertama Agar Lancar sampai berbuka puasa

Inilah Tips Puasa Hari Pertama yang bisa membuat sobat tidak sakit dan lemes:

Makan Sahur Puasa pertama

Makan Sahur Puasa pertama – What To Cook Today

1. Pastikan Sobat Sahur

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.” [ al-Bukhâri:1789 ,Muslim:1835 ]

“Yang membedakan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur”. HR Riwayat Muslim.

2. Makan makanan dengan gizi seimbang

Sangat penting mengonsumsi protein dan serat agar rasa kenyang bertahan lebih lama. Protein bisa kita peroleh dari telur, keju, yogurt, kacang dan sejenisnya. Sementara serat, bisa kita temukan dari buah, sayur, biji-bijian.

3. Jangan Makan Sahur berlebihan

Makan berlebihan akan membuat kadar gula darah naik secara mendadak. Kondisi tersebut bisa merangsang produksi insulin berlebihan, dan akan merangsang hormon lain sehingga membuat Anda menjadi mengantuk.

4. Kurangi terkena paparan sinar matahari

Sinar matahari dapat membuat anda terdehidrasi.


Baca Juga:


5. Hindari minuman berkafein saat sahur

Minum kopi Puasa pertama

Minum kopi Puasa pertama – Times of India

Kafein memiliki sifat diuretik. hal tersebut dapat menstimulasi pelepasan air dari tubuh secara cepat dan membuat tubuh lebih cepat terdehidrasi. Saat berpuasa, hindari beberapa minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh, minuman bersoda atau kopi.

6. Kurangi kegiatan yang memerlukan tenaga fisik yang besar

Mengurangi kegiatan fisik bukan berarti bermalas-malasan ya sobat. Tetap aktivitas seperti biasa membuat tubuh menjadi terbiasa dengan perubahan metabolisme ketika berpuasa.

Itulah Tips Puasa Hari Pertama Agar Lancar sampai berbuka puasa. Semoga Puasa Ramadhan sobat lancar sampai berbuka puasa. Semoga Alloh SWT menerima ibadah puasa kita.

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel, Ragam
  4. /
  5. Tips Puasa Hari Pertama Agar...