Website – Jual beli produk atau jasa sekarang semakin dimudahkan berkat adanya marketplace. Salah satu platform yang bisa kamu gunakan adalah Facebook (FB) Marketplace.

Facebook kini tak hanya sebagai media sosial saja, melainkan bisa juga dimanfaatkan untuk promosi ataupun kegiatan marketing online. Cara menjalankannya cukup mudah asalkan kamu membaca sampai tuntas mengenai bagaimana melakukan penjualan di FB Marketplace dalam artikel ini.

Facebook Marketplace Itu Apa Sih?

Bisa dikatakan Facebook Marketplace merupakan tempat bagi siapa saja yang ingin mencari, membeli, dan menjual suatu produk atau barang. Di FB Marketplace ini, kamu bisa menjangkau konsumen secara lebih luas.

Ini adalah salah satu fitur dari Facebook yang memungkinkan penggunanya untuk berjualan secara online seperti marketplace pada umumnya. Bahkan Facebook Marketplace bisa kamu gunakan juga di smartphone dengan mengunduh aplikasinya sehingga lebih mudah.

Tidak ada biaya pendaftaran bagi kamu yang ingin menjual produk di Facebook MP sehingga kamu bebas menjual barang apapun.

Kelebihan Menggunakan Facebook Marketplace

Dibandingkan sejumlah marketplace lainnya seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya, FB Marketplace punya beberapa keunggulan. Manfaat yang ditawarkan Facebook membantu penggunanya meningkatkan penjualan dan penemuan brand.

Beberapa kelebihan dari Facebook Marketplace di antaranya adalah:

1.   Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak di dunia. Dengan begitu, Facebook bisa membantu untuk menjangkau lebih banyak audience agar tahu tentang produk yang kamu jual.

2.   Mudah Dijalankan

Facebook sangat memanjakan penggunanya, terutama bagi yang ingin berbisnis menggunakan platform-nya. Jika kamu punya akun Facebook, maka kamu sudah bisa langsung berjualan di FB Marketplace. Apabila dirasa masih kurang, kamu bisa menggunakan fitur Facebook Ads untuk memaksimalkan penjualan produk milikmu.

3.   Mendapatkan Pelanggan Jadi Lebih Mudah

Algoritma yang ada pada Facebook Marketplace akan memunculkan produk yang dirasa relevan bagi konsumen. Hal ini pastinya sangat membantu kamu untuk menemukan pelanggan yang sesuai.

Dengan demikian, bisa memastikan bahwa produk yang dilihat oleh audiens sudah tepat sasaran sehingga akan lebih mengarahkan konsumen pada pembelian.

Cara Menggunakan Facebook Marketplace

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya syarat untuk bisa menggunakan FB Marketplace mudah sekali yakni cukup punya akun Facebook. Lalu bagaimana cara menjual produk di Facebook Marketplace? Ini dia langkah-langkahnya.

·      Masuk ke situs Facebook dan login ke akunmu.

·      Selanjutnya pilih Marketplace.

·      Klik menu “+ Jual Sesuatu”, dan klik item yang ingin dijual.

·      Pilih kategori produknya, lalu tuliskan judul untuk daftar jualan kamu, harga, serta lokasi. Tambahkan juga deskripsi produk untuk lebih meyakinkan konsumen.

·      Setelah itu klik “+ 10 Foto” untuk mengunggah foto-foto produk dan klik “Selanjutnya”.

·      Pilih tempat untuk memposting semua daftar jualan kamu. Bila produk kamu hanya ingin diposting di marketplace, tinggal klik “Bersihkan”.

·      Terakhir klik “Terbitkan” untuk memposting produk jualan di marketplace.

Tips Mengoptimalkan Penjualan di Facebook Marketplace

Meskipun Facebook menawarkan kemudahan untuk berbisnis menggunakan fitur marketplace mereka, kreativitasmu tetap dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu caranya adalah dengan mengedit atau meng-update daftar marketplace agar menarik pelanggan lebih banyak.

Kinerja dari FB Marketplace sendiri tidak seperti marketplace pada umumnya. Ada preferensi utama yang harus kamu perhatikan, yaitu:

1.   Lokasi

Facebook memanfaatkan fitur GPS yang ada pada perangkat penggunanya untuk menyaring dan menampilkan produk-produk berdasarkan radius dari titik kamu berada.

Hal ini berarti produk yang direkomendasikan kepada audience merupakan produk yang paling dekat dengan konsumen.

2.   Up To Date

FB Marketplace cenderung lebih banyak menampilkan produk-produk terbaru atau up to date yang baru diunggah.

3.   Kategori

Facebook Marketplace akan mengelompokkan produk berdasarkan kategori tertentu. Nantinya kategori ini akan muncul di bagian paling atas halaman Facebook Marketplace.

Hal ini mendorong para penggunanya untuk secara aktif memakai penyaringan dengan menggunakan kategori.

Selanjutnya bagaimana meningkatkan penjualan di FB Marketplace? Beberapa cara berikut ini bisa kamu praktikkan.

1.   Mengoptimalkan Gambar

Dalam hal berjualan, yang perlu diperhatikan pertama adalah gambar produk. Unggah gambar produk dengan kualitas yang bagus dan menarik. Jika ingin menggunakan handphone, pastikan kameranya jernih dan tidak pecah.

2.   Gunakan Kata Kunci

Bikin judul untuk produk jualan jangan asal-asalan. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu wajib memasukkan kata kunci pada judul agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk kamu.

3.   Tuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas

Menambahkan penjelasan tentang produk yang dijual sangat penting. Tujuannya agar orang bisa lebih mudah memahami produk apa yang dijual.

Jangan lupa juga untuk menyelipkan kata kunci di deskripsinya supaya produk kamu bisa muncul di kolom pencarian.

4.   Pakai Fitur Lokasi

Salah satu keunggulan dari FB Marketplace yaitu adanya fitur lokasi yang disediakan untuk menandai daerah mana saja produk-produk milikmu akan dikirim. Dengan menggunakan fitur lokasi jadi lebih mudah menargetkan calon pembeli dan memudahkan dalam menghitung ongkos kirim.

5.   Cepat Dalam Merespons

Dalam hal bisnis online, pelayanan juga harus diutamakan. Begitu pun ketika ada calon pembeli yang bertanya tentang produk jualanmu, kamu harus menjawabnya sesegera mungkin. Jangan biarkan mereka menunggu sampai berhari-hari kalau tidak ingin dinilai buruk oleh konsumen.

Itu dia sejumlah informasi menarik seputar Fb Marketplace beserta tips yang bisa kamu coba. Mulai sekarang kamu bisa berbisnis dan meningkatkan penjualan di Facebook.

via ajaib