Menggunakan air conditioner (AC) di rumah buat kita yang tinggal di negeri beriklim tropis ini memang nyaman. Suhu ruangan tinggal diatur sesuai keinginan, sehingga kita ga kegerahan. Namun, kalau kamu ingin menghemat listrik atau mengurangi tagihannya, maka usahakan untuk bisa nyaman tanpa AC. Inilah Tips Mudah Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC.

Membangun berbagai biasanya disesuaikan dengan macam-macam konsep bangunan yang akan digunakan. Apakah rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis, model rumah scandinavian dan sebagainya. Namun sebenarnya pembangunan rumah juga disesuaikan dengan iklim setempat. Seperti contohnya di Indonesia ini, dimana negara ini termasuk ke dalam iklim tropis. Maka dari itu, intensitas terik sinar matahari menjadi lebih tinggi dibandingkan negara lain dengan iklim yang berbeda.

Menanggapi hal tersebut, munculah konsep arsitektur modern tropis dengan ciri rumah tropis yang cocok digunakan dengan iklim ini. Namun bukan berarti konsep bangunan yang lain tidak cocok digunakan. Semakin tingginya terik sinar matahari, maka kebutuhan akan penghawaan di dalam rumah semakin tinggi juga, terlebih pada siang hari. Maka tidak heran jika biaya listrik menjadi lebih besar untuk membuat rumah tetap dingin. Namun apakah penghawaan rumah harus selalu bergantung oleh kipas angin dan juga air conditioning?

Berikut Tips Mudah Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC

  • Tutup tirai

Tips Mudah Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC peratama adalah Menutup tirai atau bisa juga berupa gordyn merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga suhu udara di dalam ruangan. Sebab dengan penggunaan tirai, maka jumlah cahaya yang masuk ke dalam akan tersaring secara perlahan. Maka dari itu suhu udara di dalam ruangan tidak akan mengalami perubahan secara signifikan. Terdapat dan beberapa yang dapat Anda gunakan sesuai dengan jenis dan modelnya.

  • Menggunakan kipas angin

Jika dibandingkan dengan air conditioning, penggunaan listrik yang dikonsumsi oleh kipas angin masih jauh lebih rendah. Maka dari itu, penggunaannya masih dianjurkan untuk membuat udara di dalam ruangan tetap dingin. Agar lebih sejuk lagi, Anda juga dapat meletakkan semangkuk es dingin dihadapan kipas angin. Dengan bantuannya, udara sejuk akan menyebar di dalam ruangan secara perlahan.

Ada juga yang berpendapat untuk memutarkan kipas angin berlawanan dengan arah jarum jam. Konon putaran yang berlawanan ini dianggap akan menghasilkan udara yang terasa jauh lebih dingin.

  • Membiarkan udara malam hari masuk

Apabila pada siang hari suhu udara sangat panas, maka kebalikannya, pada malam hari justru suhu udaranya sangat dingin. Anda dapat memanfaatkan kondisi ini dengan membiarkan udara malam masuk sebanyak-banyaknya ke dalam rumah. Sehingga pada saat siang tiba rumah tidak akan terasa terlalu panas.

  • Ventilasi silang

Ventilasi silang merupakan salah satu yang sebenarnya wajib untuk di terapkan. Dengan adanya sirkulasi pertukaran udara yang baik, rumah akan tetap terasa sejuk meski udara sangat panas di luar rumah. Selain itu terdapat banyak dan yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga :

  • Mengganti seprai kamar tidur

Tips lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti seprai kamar atau ruang tamu Anda. Bahan tekstil berupa lembaran flannel dan selimut bulu merupakan jenis material terbaik yang memiliki sifat isolasi. Sedangkan bahan kapas akan memungkinkan untuk menjaga permukaan kain lebih dingin dan segar.

  • Fokus pada suhu tubuh

Zaman dahulu kala sebelum teknologi kipas angin dan air conditioning diciptakan, orang-orang masih dapat bertahan hidup dari teriknya sinar matahari. Rahasia dari hal ini adalah dengan banyak-banyak meninum minuman dingin dan segar untuk membuat tubuh serasa lebih bugar. Anda juga dapat mengenakan baju yang bertekstur lebih sejuk supaya keringat yang dihasilkan bisa terserap dengan baik.

  • Menggunakan exhaust fan

Tidak semua ruangan memiliki bukaan seperti jendela, contohnya adalah kamar mandi. Untuk memberikan penghawaan tambahan pada ruang ini, maka Anda perlu memasangkan exhaust fan. Benda ini dapat membantu menarik udara panas dan menggantikannya dengan udara yang lebih segar.

 

  • Menanam pohon

Tips Mudah Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC terakhir yaitu Area hijau di dalam area rumah sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk menjaga keseimbangan lingkungan namun juga dapat membuat udara lebih sejuk. Penanaman pohon teduh yang rindang akan membantu menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menanam berbagai jenis bunga untuk taman sebagai penghiasnya.

Itulah Tips Mudah Membuat Ruangan Dingin Tanpa AC yang baik dan benar, serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga rumahnya adem dan sejuk tanpa AC.

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel, Ragam
  4. /
  5. Tips Mudah Membuat Ruangan Dingin...