Menyusui merupakan proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu. Inilah Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu dan Calon Ibu, simak ya bunda.

Menyusui mungkin merupakan hal yang paling alami, tetapi perlu banyak pekerjaan sebelum tampaknya seperti itu. Terkadang diperlukan sedikit percobaan dan kesalahan sebelum menemukan cara yang tepat dalam menyusui.

Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu dan Calon Ibu

Untuk para ibu dan calon ibu wajib tahu tips menyusui bayi ya. Berikut tipsnya:

  • Jangan Menggosok Puting

Menggosok puting tidak akan menjadikan puting lebih tegak. Jangan berasumsi puting yang tegak baik untuk bayi yang sedang menyusu.

  • Sabar Bila Mulai Menyusui

8 Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu

8 Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu

Ketika masih hamil, tubuh mulai memproduksi kolostrum. Kolostrum adalah keajaiban pra-ASI yang kaya nutrisi, sirup, yang dibutuhkan bayi dalam beberapa hari pertama kehidupannya.

Setelah dua atau tiga hari, tubuh biasanya mulai memproduksi susu; Namun, itu bisa memakan waktu lima atau enam hari untuk beberapa ibu, dan itu tidak masalah.

  • Cari Ilmu Perawatan ASI

Bayi baru lahir selalu lapar, dan itu tidak masalah. Air susu ibu merupakan makanan yang sempurna untuk bayi, dan cepat dicerna. Dengan perut seukuran telur, diharapkan bayi akan perlu menyusu sesering mungkin.

Perawatan yang teratur juga memiliki tujuan lain. Payudara bekerja berdasarkan banyak susu yang dikeluarkan. Semakin besar permintaan, semakin banyak susu yang diproduksi tubuh. Bayi membantu tubuh untuk mengetahui berapa banyak ASI yang dibutuhkan.

  • Usahakan Jangan Terlalu Khawatir tentang Pasokan ASI

Salah satu kesulitan dalam menyusui adalah tidak memiliki cara untuk melihat berapa banyak ASI yang didapat bayi. Ketika bayi tampak seperti dia selalu lapar, Ibu mudah khawatir tidak menghasilkan cukup ASI.

Berapa banyak ASI yang dapat memompa sama sekali tidak terkait dengan berapa banyak ASI yang diperoleh bayi . Selama bayi menghasilkan setidaknya lima atau enam popok basah sehari, persediaan ASI ibu baik-baik saja.

  • Melembutkan Puting

Puting merupakan area sensitif bagi sebagian besar wanita, dan setelah tiga jam menyusui tanpa henti, puting bisa terasa mentah. Sementara rasa sakit bisa disebabkan oleh kait yang buruk, pada awalnya, mungkin perlu membiasakan diri untuk menyusui.

ASI sendiri adalah obat terbaik, selanjutnya, menggosok pelembap kulit ke puting setelah setiap sesi menyusui dapat membantu mencegah gesekan dan kekeringan yang berlebihan. Tanin dalam teh juga bagus untuk penyembuhan, untuk lecet dan retakan, kantong teh membuat kompres hangat yang luar biasa.


Baca Juga :

  1. Buah Peningkat Kualitas Air Susu Ibu / ASI
  2. Penyakit yang Timbul setelah Liburan pada Balita
  3. Tips Mengobati Pilek Pada Balita

  • Banyak Minum Air Putih

Inilah Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu

Inilah Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu

Dibutuhkan banyak air untuk memproduksi ASI. Biarkan pasangan tahu bahwa mungkin ada malam hari ketika para ibu harus sering minum air putih.

  • Latihan membuat sempurna

Ada begitu banyak iklan di luar sana yang mengatakan bahwa menyusui adalah hal terbaik dan paling alami untuk bayi . Foto-foto para ibu yang menatap penuh kasih sayang pada bayi-bayi malaikat mereka membuatnya tampak seperti itu adalah yang termudah di dunia. Menyusui adalah penyesuaian besar dan bisa memakan banyak waktu.

Keindahan menyusui adalah setelah Ibu dan bayi mengetahui bagaimana cara mengunci, cara memegang, apa yang harus dimakan, apa yang harus diminum, dan cara duduk. Suatu hari, Ibu akan menyadari bahwa Ibu melakukan sesuatu yang luar biasa, dan itu akan menjadi hal yang biasa.

Itulah Tips Menyusui Bayi untuk Para Ibu dan Calon Ibu. Semoga Ibu dan Bayi selalu sehat dan gemuk seperti photo diatas.

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel, Ibu, Anak & Balita
  4. /
  5. 8 Tips Menyusui Bayi untuk...