Tips Mengurangi Nafsu Makan saat Lebaran


Tips Mengurangi Nafsu Makan saat Lebaran. Momen lebaran adalah momen bahagia ketemu dengan keluarga. Biasanya pada hari lebaran kebanyakan setiap keluarga menyajikan makanan yang enak-enak. Tentu aja membuat nafsu makan semakin tinggi. Eits.. Jangan berlebihan makan ya sobat.

Tips Mengurangi Nafsu Makan saat Lebaran

1. Makan perlahan

Cara menghilangkan nafsu makan berikutnya adalah dengan makan secara perlahan, karena pada dasarnya otak kita membutuhkan waktu untuk menerima signal dari sistem pencernaan kita bahwa perut kita sudah terisi penuh. Untuk itu berusahalah untuk mengkonsumsi secara perlahan dan tidak terburu-buru, agar Anda dapat merasa kenyang tanpa harus menambah porsi makanan Anda.

2. Konsumsi air putih

Tips Mengurangi Nafsu Makan saat Lebaran

Cara  menghilangkan nafsu makan berikut ini merupakan salah satu cara sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Untuk mencegah Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan ataupun cemilan saat lapar, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi air putih. Bawalah air putih ataupun air mineral kemanapun Anda bepergian sehingga disaat rasa lapar datang Anda bisa meredakannya dengan hanya mengkonsumsi air putih saja.

3. Minum Kopi

Bahan lain yang dapat Anda gunakan sebagai obat pengurang nafsu makan alami dan murah adalah kopi. Kopi merupakan salah satu bahan yang sudah tidak asing lagi. Bahkan, kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Bagi Anda yang sedang pusing lantaran tidak dapat mengontrol nafsu makan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kopi. Pasalnya, kopi ternyata mengandung kafein yang ampuh dalam menekan nafsu makan Anda. Sebagai tambahan informasi, kafein ternyata juga digunakan sebagai salah satu zat dalam obat pengurang nafsu makan di apotik.

Baca Juga : Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tidak hanya ampuh dalam mengurangi nafsu makan, mengonsumsi kopi juga dapat mempercepat proses oksidasi cadangan lemak yang masih tersisa. Hal ini pun dibuktikan oleh sebuah jurnal kesehatan yang berjudul The American Journal of Clinical Nutrition. Dalam jurnal tersebut dijelaska jika kopi ampuh mencegah rasa lapar datang kembali dan meningkatkan produksi hormone PYY. Kendati kopi ampuh dalam mengurangi nafsu makan, nikmati kopi tanpa menggunakan gula dan susu yang mengandung kalori berlebih.

4. Minum Jahe

Rempah yang kerap digunakan untuk memberikan rasa pedas dan sensasi hangat di tubuh ini ternyata juga tergolong sebagai obat pengurang nafsu makan alami. Tidak tanggung-tanggung, jahe ternyata juga sudah digunakan sebagai salah satu obat-obatan herbal dalam metode Ayurveda. Dalam metode ini, ginseng yang diolah menjadi bentuk teh dan suplemen ternyata banyak digunakan sebagai obat pengurang nafsu makan.

Baca Juga : Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

Hal ini berkaitan dengan adanya gingerol, salah satu zat aktif yang biasanya ditemukan pada jahe segar. Gingerol sendiri merupakan suplemen natural yang ampuh dalam mencegah obesitas. Hal ini pun juga telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture. Percobaan yang menggunakan tikus tersebut memberikan hasil bahwa gingerol ampuh dalam mengurangi berat badan dan mengontrol hormone leptil.


Pastikan Komentar