Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang Low Back Pain


Low back pain atau lumbago dalam nyeri pinggang sering terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot punggung. Sakit pinggang atau low back pain merupakan keluhan umum. Kebanyakan orang mengalami hal tersebut dalam kehidupan manusia. Lebih dari 80% manusia akan mengalami nyeri pinggang dalam kehidupan mereka. Low back pain adalah salah satu alasan paling sering orang berobat ke dokter atau ke medis. Inilah Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang Low Back Pain.

Ruas tulang punggung atau tulang belakang merupakan salah satu bab badan kita yang sangat vital. Karena itu menjaga kesehatan ruas tulang ini menjadi sangat penting supaya kita terhindar dari banyak sekali penyakit yang menyerang tulang belakang.

Penyebab Low Back Pain

Apa yang menyebabkan Low Back Pain ?
Sebagian besar kasus nyeri pinggang dapat dihubungkan dengan penyebab umum seperti ketegangan otot, cedera otot atau penggunaan yang berlebihan atau dapat dikaitkan dengan kondisi tertentu yang terjadi pada tulang belakang. Kondisi tulang belakang terkait yang paling umum yang menyebabkan nyeri punggung bawah adalah:
a. Hernia Diskus (HNP, Hernia Nukleous Pulposus)
b. Penyakit Degeneratif pada Diskus
c. Spondylolisthesis
d. Stenosis Spinal
e. Osteoarthritis

Kondisi yang jarang menyebabkan low back pain yang tidak terdapat diatas seperti disfungsi sendi sacroiliac, tumor tulang belakang, fibromyalgia, dan sindrom piriformis.

Dalam keadaan sehari-hari dari nyeri pinggang secara akut terjadi setelah gerakan yang melibatkan mengangkat benda berat, memutar , atau yang lainnya. Gejala-gejala dapat segera dimulai setelah gerakan atau setelah bangun keesokan harinya. Nyeri kadang muncul disertai menjalar ke kaki. Gejala dapat berkisar dari nyeri pada titik tertentu pada pinggang atau memburuk dengan gerakan tertentu seperti duduk atau berdiri. Hal inilah yang membuat orang berobat ke dokter. Nyeri pinggang akut ini kadang ada yang berlanjut menjadi nyeri kronis yang dapat mengganggu kehidupan seseorang seperti sulit tidur, cemas dan depresi bila nyeri dirasakan berat.

Bagaimana cara menghilangkan Low Back Pain ?

Untuk nyeri akut yang ringan atau sedang bertujuan untuk restorsi fungsi normal seperti kembali bekerja dan menghilangkan rasa nyeri. Bila datang ke dokter bisa dilakukan sebagai berikut :
a. Terapi Medikamentosa : bisa di coba dengan menggunakan obat anti nyeri golongan NSAID baik dengan injeksi atau obat minum.
b. Terapi fisik : dilakukan dengan alat-alat fisioterapi
c. Pembedahan atau Surgery : tergantung dari kasusnya, bila kasus nyeri tulang belakang tersebut indikasi untuk dilakukan pembedahan semisal HNP, Canal stenosis, dan lain-lainnya. Tujuannya untuk menghilangkan penyebabnya atau penjepitan saraf yang menyebabkan nyeri. Cara lain yang dilakukan adalah dengan injeksi obat tertentu langsung pada tempat nyeri tersebut (interventional pain management). Cara-cara tersebut dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter bedah saraf. [wikipedia]

Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang Low Back Pain

Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang Low Back Pain

Macam-macam penyakit tulang belakang diantaranya : stenosis, ankylosing spondylitis, kifosis, skoliosis, lordosis dll. Nah, apa yang harus dilakukan supaya terhindar dari penyakit tersebut ?

Berikut tips mudah supaya kita terhindar dari penyakit tulang punggung.

1. Posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang benar dan cara bagaimana seseorang duduk berperan besar bagi kesehatan tulang belakang. Untuk itu pergunakan tipe bangku yang keras dan posisikan tulang belakang Anda secara lurus pada sandaran kursi. Coba usahakan salah satu atau kedua lutut Anda lebih tinggi dari pinggul Anda.

2. Posisi tidur yang benar

Tahukah Anda bahwa kebiasaan kita tidur juga menghipnotis kesehatan tulang belakang ? Makara bila kita salah dalam posisi tidur alangkah ruginya. Bayangkan rata-rata orang tidur 8 jam dalam sehari semalam.

Nah wacana cara tidur yang benar yaitu gunakan kasur yang tidak terlalu empuk (agak keras). Jangan tidur telungkup. Jika posisi tidur Anda miring, bengkokan kaki Anda pada bab lutut dan pinggul.

3. Posisi berdiri

Apakah Anda termasuk yang sering melaksanakan aktifitas dengan bangun ? Bila jawabannya ya, coba bangun dengan bab bawah belakang Anda lurus. Jika Anda bangun untuk jangka waktu yang lama, gunakan sandaran kaki, jangan pakai sepatu yang datar. Cara bangun yang benar akan membantu Anda supaya terhindar dari penyakit tulang belakang.

Baca Juga :

4. Cara mengangkat barang

Menangkat barang juga jangan hingga salah posisi. Cara yang benar yaitu tekuk pinggul dan lutut, dan bukan membungkukkan punggung Anda. Usahakan barang yang akan diangkat sedekat mungkin dengan tubuh. Jangan mengangkat barang yang berat diatas pinggang Anda.

5. Menyetir kendaraan beroda empat dengan benar

Gunakan bangku yang keras. Duduklah pada posisi yang baik dan jarak yang cukup supaya kaki Anda sanggup mencapai pedal kendaraan beroda empat Anda dengan mudah.

6. Berolahraga yang benar

Setelah sembuh dari sakit, berolah-raga lah secara teratur supaya otot-otot tidak kaku. Tetapi lakukan pemanasan (warming up) dan lemaskan sebelum melaksanakan latihan yang berat.

Itulah Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang Low Back Pain. Selamat mempraktekan !

 


Pastikan Komentar