Tips Menambah Berat Badan Anak


Inilah Cara dan Tips Menambah Berat Badan Anak. Pada prinsipnya, untuk meningkatkan berat badan anak, sebaiknya orangtua memberikan makanan yang tinggi kalori. Namun selain tinggi kalori, tentu saja makanan tersebut harus mengandung zat-zat yang baik bagi pertumbuhannya.

Khawatir karena si kecil terlihat lebih kurus dibandingkan anak-anak seusianya? Sebenarnya jika dokter menyatakan anak Anda sehat, Anda tak perlu mengkhawatirkan berat badannya.

Anda baru bisa merasa khawatir saat anak bertambah tinggi, namun timbangan berat badannya tidak naik. Ini juga bisa disebabkan oleh nafsu makan anak yang kurang baik, namun demikian orangtua tidak boleh memaksa anak untuk makan lebih dari yang mampu dikonsumsi oleh si anak.

Tips Menambah Berat Badan Anak

Sebelum memutuskan untuk memberi tambahan nutrisi pada anak, pastikan bahwa anak Anda memang berada dalam grafik timbangan seusianya. Konsultasikan dengan bidan atau dokter anak mengenai hal ini, mereka akan menghitung indeks massa tubuh si anak untuk menentukan apakah berat badannya seimbang ataukah terlalu kurus.

Baca Juga : Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Jika menurut hitungan Body Mass Index (BMI) tubuh si Kecil terindikasi kekurangan berat badan, maka sebaiknya Ibu secara berangsur dan teratur menaikkan berat badan si Kecil supaya ideal. Optimalkan masa tumbuh kembang si Kecil dengan sebaik mungkin. Berikut ini beberapa kunci sehat untuk menambah berat badan balita:

Tips Menambah Berat Badan Anak

1. Terapkan Pola Makan Sehat untuk Si Kecil

Untuk menaikkan berat badan si kecil, Ibu bisa menerapkan pola makan teratur yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Pola makan rutin ini terdiri atas makanan dan cemilan sehat bagi si Kecil. Juga penting bagi Ibu untuk mengajak anak memiliki perilaku positif terhadap makanan, sehingga tidak memilih-milih makanan dan cemilan yang dimakannya.

2. Perkenalkan Ragam Jenis Makanan dan Rasa pada Si Kecil

Dalam masa pertumbuhannya, biarkan si Kecil mengenal beragam rasa, tekstur dan warna makanan, terutama buah dan sayuran. Hal ini akan membiasakan si Kecil untuk menerima beragam asupan sehat bernutrisi.

3. Jaga Anak Tetap Aktif

Meski misi besar Ibu adalah menaikkan berat badan si Kecil, bukan artinya mereka tak dibiarkan melakukan aktifitas fisik. Beberapa gerak olahraga enerjik mampu membuat otot dan tulang anak menjadi kuat, serta melancarkan peredaran darah si kecil. Biarkan ia melakukan olahraga secara rutin, agar si Kecil terbiasa menerapkan gaya hidup sehat sejak usia dini.

Baca Juga : Tips Memilih Baju Anak

4. Pantau Perkembangan Si Kecil

Jika Ibu telah menerapkan pola hidup sehat dan seimbang kepada si Kecil, Ibu perlu memantau perkembangan berat badan si Kecil dan disarankan dengan mengikuti panduan dokter. Untuk memantau tumbuh kembang si Kecil, ibu sebaiknya rajin berkonsultasi seputar perkembangan si Kecil kepada dokter. Ikuti juga panduan Body Mass Index (BMI) untuk mengukur secara rutin pertumbuhan si kecil.

Itulah Tips Menambah Berat Badan Anak. Selama anak makan dengan lahap, dan ia tumbuh dengan ceria. Anda tidak perlu khawatir meski ia terlihat sangat kurus, tetap beri asupan nutrisi yang seimbang. Seiring tumbuh kembangnya, berat badan anak akan bertambah. Jadi, jangan memaksa anak makan berlebihan, karena hal itu justru bisa memicu masalah kesehatan.


Pastikan Komentar