Ketika memilih buku anak, usia mereka sebaiknya menjadi hal pertama yang Anda pertimbangkan. Tips Memilih Buku Untuk Anak. Pastikan buku mengandung tema yang sesuai untuk anak dan tidak mengandung kata-kata yang sulit dipahami. Jangan berikan buku tentang cerita horor, kekerasan, politik, percintaan, atau buku tentang masalah orang dewasa lainnya.

Yang dibutuhkan balita dari buku adalah gambaran tentang sesuatu yang tidak ia temukan dalam kehidupan sehari-hari dan memicu ‘sel-sel otak kelabu’-nya untuk bekerja.

Tips Memilih Buku Untuk Anak

Memperkenalkan dan memilih buku bacaan untuk anak usia dini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memilih jenis buku yang tepat untuk diperkenalkan pada anak usian dini yang baru pertama belajar membaca. Simak tips berikut ini.

  • Usahakan untuk memberikan buku yang berkualitas bagi anak. Hal ini supaya memudahkan anak dalam proses belajarnya. Anda bisa memilih jenis buku dengan merk dan penulis terkenal.
  • Pilih buku yang memiliki gambar menarik serta berkaitan dengan isi cerita. Hal ini untuk memudahkan anak dalam memahami isi buku tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih buku dengan gambar yang berwarna mencolok untuk menarik minat anak. Hindari memilih buku yang memiliki gambar hitam putih karena akan membuat anak cepat bosan dan susah untuk memahami isi buku tersebut.

Baca Juga : Tips Memilih Baju Anak

  • Anda harus memahami minat anak dan berikan buku yang berkaitan dengan minatnya. Ini adalah salah satu cara untuk membuat anak semakin tertarik dan bersemangat dalam belajar membaca.
  • Cara lain untuk memilih buku yang tepat bagi anak yaitu dengan mengajak anak ke toko buku dan berikan kesempatan pada anak untuk memilih sendiri buku yang disukainya.
  • Ketika pertama kali memberikan buku bacaan untuk anak sebaiknya memilih jenis buku dengan struktur kalimat yang pendek dan singkat sehingga lebih mudah untuk diingat oleh anak.
  • Berikan buku cerita atau dongeng yang sering Anda baca sebelum si kecil tidur. Dengan begitu akan memudahkan anak untuk mengenali setiap kosa kata yang terdapat pada buku tersebut. Hal ini karena si kecil sudah terbiasa mendengar kata-kata tersebut pada waktu Anda membacakannya. Cara ini tentunya akan membangkitkan minat si kecil dalam belajar membaca.
  • Disarankan untuk memilih jenis buku yang berguna untuk melatih kemampuan dan kecerdasan otak anak seperti buku yang berisi sususan gambar atau mencocokan jenis warna. Buku seperti ini akan menstimulus perkembangan keceradasan otak anak. selain itu untuk melatih kemampuan berpikir pada anak Anda sejak usia dini.
  • Buku yang baik untuk anak hendaknya memiliki konten yang mendidik disertai dengan gambar yang menarik dan berwarna mencolok.

Baca Juga : Manfaat menggambar untuk anak-anak

“Dalam memilih buku bagi anak-anak yang masih pemula, aspek menghibur harus lebih menonjol dari edukatif karena buku harus menyenangkan, menarik dan menghibur. Kadang yang menarik buat anak kerap dianggap kurang mendidik bagi orangtua,” jelasnya merinci.

  1. Beranda
  2. /
  3. Artikel, Kebutuhan Keluarga
  4. /
  5. Tips Memilih Buku Untuk Anak