Tips Hemat Anak Kos


SoPasti.Com – Menjadi anak indekos (kos), ibaratnya memulai diri menjadi lebih mandiri, karena dihadapkan pada mengatur segala hal dan memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Namanya juga anak kos, mulai dari tempat tinggal, makan, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya, harus juga bisa dipenuhi sendiri. Tips Hemat Anak Kos.

Dari itu juga, maka tak jarang label anak kos itu menyedihkan karena dikenal selalu bermasalah dengan keuangannya. Terlebih lagi bila anak kos yang semua kebutuhannya masih bergantung pada kiriman orangtua. Hingga tengah bulan pun, jadi harap-harap cemas menunggu kebaikan hati orangtuanya. Hidup ngekos emang menghadirkan cerita tersendiri. Jika dulu saat tinggal sama orangtua, kamu bisa minta uang kapan aja, sekarang uang saku udah dijatah. Mau gak mau, harus tahu cara hidup hemat dong.

Sebenarnya sih orangtua gak bakal marah kalau uang saku habis di tengah bulan. Tapi malu dong, udah ngekos dan lepas dari orangtua tapi masih gak bisa atur uang.Yang ada orangtua malah khawatir dan anggap kamu gak bisa hidup mandiri.

Tips Hemat Anak Kos

Tips Hemat Anak Kos

Yuk, mulai sekarang belajar cara hidup hemat biar kamu gak ngerepotin orangtua lagi. Ini juga bisa jadi bekal kamu nanti kalau udah kerja di masa mendatang.

1. Buat daftar pengeluaran untuk sebulan

Yang pertama, buat daftar pengeluaran yang gak melebihi uang saku dari orangtua. Dengan belajar hal ini, kamu berlatih buat terbiasa atur keuangan kamu di masa mendatang. Gimana cara memulainya? Kamu bisa bikin daftar pengeluaran mulai dari yang terpenting sampai rekreasi. Segera sisihkan uang untuk hal terpenting, seperti bayar kos, uang kuliah, listrik, dan belanja bulanan.

2. Jatah uang yang kamu pegang per hari

Nah, buat makan per hari, kamu bisa jatah uang saku yang disimpan dalam amplop. Jangan lupa juga sisihkan uang transportasi yang kamu butuhkan per hari. Dengan cara ini, kamu bakal meminimalisasi keinginan buat belanja yang gak penting. Ini karena uang yang kamu pegang pas-pasan hanya buat hari itu.

Baca Juga : 

Resiko Memencet Jerawat Secara Medis

Penyebab Komedo Selalu Muncul

3. Cari tempat makan level mahasiswa

Cara hidup hemat yang satu ini wajib banget dicoba. Sering kali kamu kehabisan uang di tengah bulan sebenarnya bukan karena belanja. Saat kamu cek lagi barang-barang di kosan, kamu lihat gak ada yang baru. Jadi ke mana uangnya? Setelah diintrospeksi, ternyata kamu malah sering makan atau sekadar nongkrong di tempat mahal.

4. Kumpulkan uang receh

Uang receh emang gak gitu berharga kalau di awal bulan. Akan tetapi, di akhir bulan uang itu ibarat harta karun. Namun kali ini, tujuan kamu mengumpulkan uang receh kalau bisa bukan karena kepepet. Sebenarnya mengumpulkan uang receh itu adalah bagian dari menabung. Kamu belum bisa menabung dalam jumlah besar, jadi mulai deh dari nominal-nominal terkecil. Uang Rp 1.000 gak gitu bermanfaat, namun kalau dikumpulkan pasti jadi nominal besar.

5. Kurangi beli air mineral botol saat ke luar kosan

Satu botol air mineral 600 mL harus kamu tebus dengan Rp 4.000. Itu cuma sekali minum kalau lagi haus, lho. Beberapa jam lagi, kamu bakal haus lagi. Coba kamu kalikan Rp 4.000 selama 30 hari, udah Rp 120 ribu aja. Dengan Rp 120 ribu, kamu udah dapat 6 galon Aqua.  Padahal dalam sebulan, kamu paling menghabiskan 2 galon Aqua. Mulai sekarang kamu mending bawa tumbler sendiri. Kalau pun air minum yang kamu bawa habis saat masih di luar, kamu masih bisa isi ulang gratis ke warteg terdekat pas makan siang.

6. Menabunglah Secara Teratur

Segera sisihkan sejumlah uang bulanan kamu sesaat setelah kiriman dari orangtua datang atau setelah uang gaji kamu turun. Alokasikan dana ini sebagai tabungan, sehingga kamu memiliki sejumlah simpanan yang bisa kamu gunakan di saat-saat kondisi keuangan sedang dalam keadaan darurat atau uang bulanan telat.

Jumlah tabungan ini bisa kamu tentukan sendiri sekian persen dari seluruh uang yang kamu terima, misal 5-10%. Pisahkan uang tabungan ini dalam rekening tersendiri, sehingga kamu tidak akan mencampuradukkan dengan uang kamu yang lain. Atau, kamu juga bisa memasukkannya ke dalam celengan kamu, dan jangan lupa menyimpannya dengan baik agar tidak hilang.

Itulah Tips Hemat Anak Kos. Mengatur keuangan bagi anak kos tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Terutama jika kamu memiliki kebiasaan boros dalam membelanjakan uang bulanan. Biasakan hemat dan disiplin dalam mengatur keuangan, termasuk dengan menerapkan sejumlah kebiasaan baik ketika membelanjakannya. Ini akan membantu kamu lebih mudah menjalani harimu setiap bulannya.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar