Tips dan Cara Menghemat Minyak Goreng Paling Mudah


SoPasti.ComMinyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanyadigunakan untuk menggoreng bahan makanan (Wikipedia, 2009). Minyak goreng berfungsi sebagai pengantar panas, penambah rasa gurih, dan penambah nilai kalori bahan pangan. Kali ini sopasti memberikan Tips dan Cara Menghemat Minya Goreng Paling Mudah. Simak ya sobat.

Minyak goreng termasuk dalam daftar bahan pokok yang terbilang cukup mahal dibandingkan dengan bahan pokok yang lain. Minyak goreng ini termasuk salah satu bahan masakan yang dipakai di hampir semua jenis masakan mulai dari menumis sampai menggoreng. Nah, bagi Sobat yang seringkali mengeluh karena cukup boros dalam menggunakan minyak goreng berikut ada tips jitu untuk lebih menghemat bahan pokok ini.

Tips dan Cara Menghemat Minya Goreng Paling Mudah

Tips dan Cara Menghemat Minyak Goreng Paling Mudah

1. Pilih wajan datar dan antilengket untuk menggoreng.

Ibarat makan nasi pakai piring beda dengan pakai mangkuk. Semakin cekung permukaannya, maka muatannya akan semakin banyak. Hal ini juga berlaku ketika menggoreng, terutama jika ingin menghemat minyak. Pakailah wajan datar yang lebih sedikit memakai minyak dari wajan cekung (wok). Selain itu, pakai wajan antilengket pun dapat mengurangi penggunaan minyak. Sebab dengan wajan antilengket, tak perlu memakai banyak minyak untuk membuat makanan matang sempurna.

2. Membuat urutan bahan yang akan digoreng.

Ketika menggoreng, pakai minyak baru tentu rasanya lebih nyaman. Namun terlalu sering pakai minyak baru boros juga, ya? Sebetulnya minyak bisa dipakai berkali-kali, lho. Tak perlu khawatir akan kualitasnya selama urutan menggoreng bahannya tepat.

  • Pakai minyak baru alias minyak dari kemasan untuk menggoreng kacang dan kerupuk. Dua bahan ini tak punya aroma yang khas, sehingga tak akan mempengaruhi rasa dan aroma minyak. Selain itu, warna minyak akan tetap terlihat jernih.
  • Minyak bekas goreng kacang atau kerupuk bisa dipakai untuk menumis sayur, menumis bumbu seperti bawang goreng, cabai, dan lainnya, atau menggoreng tempe dan tahu. Kalau mau goreng tempe dan tahu, dahulukan goreng tahunya, ya. Rasa tahu cenderung netral sehingga tidak terlalu mempengaruhi rasa minyak.
  • Terakhir, minyak pemakaian di atas bisa dipakai untuk goreng jenis lauk berbumbu dan memiliki rasa khas seperti telur, ayam, ikan, dan lainnya. Bisa juga untuk menggoreng bahan bertepung dan aneka makanan frozen seperti nugget.

Baca Juga :

3. Gunakan jenis lemak lain untuk menumis.

Khusus untuk menumis, anda bisa kurangi penggunaan minyak dengan memanfaatkan jenis lemak lain. Ada beberapa jenis lemak yang bisa dipakai untuk menumis seperti margarin dan margarin. Tentunya kedua jenis lemak ini memberikan rasa yang lebih gurih untuk tumisan anda.

Itulah Tips dan Cara Menghemat Minya Goreng Paling Mudah. Selain menghemat ini juga akan menyehatkan tubuh karena makanan jadi lebih rendah kolesterol.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar