Tips Bagi Yang Ingin Berwirausaha


Sebelum membahas Tips Berwirausaha, kita harus tahu pengertian wirausaha itu sendiri. Kewirausahaan adalah kemampuan seorang manajer resiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.

wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

Berikut ini 10 tips bagi para calon pengusaha sebelum meluncurkan bisnis pertamanya.

1. Tips Berwirausaha yang pertama adalah Fokus Banyak para wirausahawan muda merasa perlu untuk mengambil setiap kesempatan yang mereka temui. Namun, tak jarang kesempatan tersebut seperti serigala berbulu domba. Lebih baik menjalankan satu usaha tapi sempurna, daripada 10 tapi tak ada yang baik

2. Tahu apa yang dilakukan, Lakukan apa yang diketahui Jangan memulai bisnis hanya karena menawarkan margin keuntungan yang besar. Bisnis yang dibangun berdasarkan kekuatan dan bakat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses.

3. Tips Berwirausaha ketiga. Katakanlah dalam 30 detik Dari kesempatan pertemuan di investor atau pelanggan, calon pengusaha harus siap untuk melakukan pitching bisnis. Nyatakan misi, layanan dan tujuan dengan ringkas. Less is more.

Tips Bagi Yang Ingin Berwirausaha

Baca Juga : Penyebab Anak Suka Jajan

4. Tahu apa yang diketahui, apa yang tidak diketahui dan tahu apa yang tidak dilakukan Tidak ada yang tahu segalanya, jadi jangan pernah merasa mengetahui semua. Lengkapi pengetahuan dengan cara bergaul bersama para mentor. Cari orang yang sukses dan berpengetahuan yang bisa dijadikan orang untuk sharing.

5. Bertindak seperti start-up Lupakanlah kantor luas dan mobil mewah. Isi kantong merupakan dara kehidupan perusahaan. Untuk itu harus berusaha berhemat dengan memerhatikan setiap rupiah dan selalu memerika setiap pengeluaran.

6. Belajat di bawah risiko Tidak ada buku bisnis yang dapat memprediksi bisnis ke depannya, atau mempersiapkan Anda untuk menjadi pengusaha sukses. Semua pengusaha yang sukses selalu diuji di bawah risiko. Yang bisa dilakukan saat ini adalah terus belajar dari kesalahan dan tidak pernah mengulang kesalahan dua kali.

7. Tidak ada yang akan memberikan uang Tidak ada yang akan berinvestasi untuk Anda. Jika membutuhkan modal besar untuk memulai usaha, pelajari lagi dan carilah titik awal, sehingga bisa menurunkan rencana-rencana mahal dengan pengeluaran besar. Lakukan penyederhanaan ide sampai bisa dikelola dalam tahap awal. Temukan cara untuk menjalankan model bisnis dengan anggaran yang ketat. Jika konsep tersebut berhasi, kemungkinan akan ada tambahan modal dari investor.

Baca Juga : Inilah Penyebab Rambut Beruban

8. Jangalah kesehatan Dengan memiliki tubuh yang sehat akan membuat Anda lebih produktid. Untuk itu rawatlah diri dengan baik. Kewirausahaan adalah gaya hidup bukan profesi yang membutuhkan waktu kerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Bekerja hingga kelelahan akan merusak diri dan mengurangi produktivitas.

9. Jangan jadi korban mulut besar Jangan terlalu banyak bicara kecuali Anda bisa mengerjakannya. Pikat semua orang dengan tindakan bukan sekadar bualan. Hindari melebih-lebihkan sesuatu hingga Anda bisa mencapai tujuan tersebut dengan pasti.

10. Tips Berwirausaha terakhir. Tahu kapan untuk berhenti Jangan menjalankan sesuatu yang bodoh demi ego. Anda harus tahu kapan saatnya ntuk berhenti. Jika ide tidak berjalan dengan baik, renungkanlah kesalahan apa yang diperbuat. Lihat dan nilailah apa yang dilakukan dengan cara yang berbeda. Kegagalan tidak bisa dihindari, tetapi entrepreneur sejati akan menang atas kesulitan-kesulitan.[bisnis]


Pastikan Komentar