JAKARTA, – Sutra adalah salah satu jenis bahan sarung bantal yang dijual di pasaran. Sarung bantal sutra disebut memberikan nuansa kemewahan, elegan, dan romantis pada kamar tidur Anda.

Namun demikian, sarung bantal sutra juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan Anda. Misalnya, mengurangi kerutan, hingga merapikan dan menghaluskan rambut yang kusut.

Akan tetapi, apakah manfaat sarung bantal sutra tersebut benar-benar ada? Dilansir dari Good Housekeeping, Senin (31/5/2021), menurut Neal Schultz, dokter kulit di New York City, AS dan penulis It’s Not Just About Wrinkles, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban tentang manfaat sarung bantal sutra untuk kecantikan.

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda di Sarung Bantal Sofa Berbahan Kanvas

1. Bisakah sarung bantal sutra mencegah kerutan?

Percaya atau tidak, jawabannya adalah bisa. Menurut Schultz, permukaan sarung bantal sutra yang halus akan memberikan sedikit gesekan pada kulit, yang berarti tidak menarik kulit dibandingkan sarung bantal katun biasa.

Ternyata, Ini 6 Manfaat Menggunakan Sarung Bantal SutraSHUTTERSTOCK/YULIYA LOGINOVA Ilustrasi sarung bantal sutra.

“Kita mendapatkan kerutan karena tidur miring atau tengkurap, jadi kita mungkin mendapatkan lebih sedikit (kerutan) saat tidur di atas (sarung bantal) sutra,” ujar Schultz.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian menunjukkan bahwa gesekan saat tidur berpindah-pindah posisi menyebabkan kerutan pada kulit, tetapi permukaan yang halus seperti sarung bantal sutra dapat mengurangi efek tersebut dalam jangka panjang.

2. Apakah sarung bantal sutra mencegah rambut kusut?

Ya. Berkat tekstur sutra yang super halus, rambut meluncur di atasnya tanpa gesekan.

Baca juga: Dari Jerawat sampai Asma, Ini Bahaya Malas Mencuci Sarung Bantal

Ini berarti Anda akan cenderung tidak terbangun dengan rambut keriting, kusut, atau berantakan, sedangkan katun dapat merobek rambut dan membuatnya menjadi kusut dalam semalam.

via Kompas