Investasi, JAKARTA- PT Mahaka Media Tbk (IDX: ABBA) bersiap menggelar penawaran umum terbatas atau right issue dalam waktu dekat. Keputusan untuk menggelar PMHMETD VI itu telah diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang digelar akhir Agustus lalu. 

Direktur Utama Mahaka Media, Adrian Syarkawi mengatakan pelaksanaan right  issue merupakan upaya perseroan untuk memperkuat kas Perseroan untuk mendukung kelanjutan ekspansi usaha. Saat ini perusahaan tengah melakukan sejumlah ekspansi usaha untuk mendukung transformasi dalam menangkap peluang pasar baru. 

Menurut Adrian melalui right issue ini, perseroan berencana melakukan penambahan modal, dengan memberikan HMETD dalam jumlah sebanyaknya 1,2 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 100. Sedangkan harga pelaksanaan right issue akan ditetapkan kemudian. 

“Sehubungan dengan penyetoran dalam Penambahan Modal ini berupa tunai, Perseroan dapat memperkuat struktur permodalan Perseroan, mengembangkan kegiatan usaha dan meningkatkan kinerja Perseroan, meningkatkan dan memperluas investasi Perseroan, serta peruntukan lainnya yang mendukung pertumbuhan bisnis Perseroan, sehingga akan berpengaruh positif terhadap ekuitas dan aset, terutama posisi kas Perseroan setelah terjadinya transaksi,” ujar Adrian seperti dikutip Selasa, 14 September 2021. 

Dana yang diperoleh melalui right issue ini nantinya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan dan anak-anak perusahaan. Selain itu juga akan digunakan untuk investasi di sektor teknologi digital melalui pengembangan usaha anak perusahaan serta investasi baru, pengembangan aplikasi dan pembelian hardware. 

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, kinerja usaha Mahaka Media masih mengalami kerugian. Salah satu penyebabnya adalah adanya pandemi covid-19 yang mengubah pola masyarakat. Pada 2020 perusahaan mencatatkan kerugian sebesar Rp 154 miliar. Hal ini disebabkan oleh menurunnya pendapatan iklan dari 157 milir pada 2019 menjadi Rp 105 miliar pada 2020. Selain itu pendapatan dari pelaksanaan event juga berkurang Rp 30 miliar menjadi Rp 13 miliar. 

Menurut Adrian, seiring dengan sejumlah penyesuaian yang dilakukan perusahaan, pada 2021 ini perusahaan optimistis bisa memperbaiki kinerja dibanding tahun sebelumnya. Mahaka Media juga terus menjalin kerjasama baru dengan berbagai pihak untuk menopang pertumbuhan usaha. 

via tempias