Tanda-tanda Ginjal Anda sedang Sekarat


SoPasti.ComTanda-tanda Ginjal Anda sedang Sekarat. Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.

Melihat betapa pentingnya peran ginjal dalam tubuhmu, penting buat kamu untuk menjaga kesehatan ginjalmu. Saat ini, sekitar lebih dari 26 juta orang dewasa mendeita penyakit ginjal. Hal yang paling menakutkan bahwa hanya sekitar 10 persen orang yang menyadari bahwa ginjal mereka memiliki gangguan.

Tanda-tanda Ginjal Anda sedang Sekarat

Apa kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjalmu sekarang? Kalau belum, berikut dijelaskan beberapa gejala yang bisa menunjukkan bahwa ginjalmu dalam kondisi yang tidak sehat.

1. Ruam atau gatal yang tidak biasa

Ginjal yang berfungsi dengan baik akan menghilangkan limba dari aliran darah dan menjaga keseimbangan nutrisi dan mineral yang dibutuhakn tubuh. Ketika keseimbangan cairan dalam tubuh terganggu, maka itu bisa berpengaruh pada kulitmu. Karena itu ruam dan gatal menjadi salah satu gejala paling umum dari penyakit ginjal.

2. Bau mulut

Tanda-tanda Ginjal Anda sedang Sekarat

Akumulasi racun dalam aliran darah sebagai akibat dari fungsi ginjal yang buruk bisa menyebabkan bau mulut atau aroma napas yang tak sedap. Beberapa pasien penyakit ginjal melaporkan bahwa mereka sudah jarang merasakan enaknya makanan, termasuk daging.

3. Mual atau muntah

Jika banyak kotoran yang terakumulasi dalam tubuhmu, kamu akan mengalami mual atau muntah. Anggap saja muntah menjadi salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun dari tubuhmu. Rasa mual juga bisa mengurangi nafsu makan dan jika terjadi dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan berat badanmu turun drastis.

Baca juga :

4. Adanya perubahan pada urine

Perubahan pada urine meliputi adanya darah yang terkandung dalam urin, waran urine terliha lebih gelap dari terang atau, lebih berbusa atau bergelembung dari biasanya.

5. Bengkak di salah satu bagian tubuh

Fungsi lain dari ginjal adalah membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Jika ginjal mengalami masalah, maka mereka tidak bisa menjalankan fungsi ini. Akhirnya, cairan berlebih dalam tubuh akan terakumulasi pada beberapa bagian tubuh seperti, wajah, tangan dan kaki. Beberapa bagian tubuh tersebut akan terlihat membengkak.

Itulah Tanda-tanda Ginjal Anda sedang Sekarat. Sayangi ginjal ya Sobat. Mencegah lebih baik daripada mengobati.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar