Penyakit Parkinson adalah gangguan sistem saraf progresif yang memengaruhi gerakan. Gejala mulai berangsur-angsur, kadang-kadang dimulai dengan tremor yang nyaris tak terlihat hanya di satu tangan. Tremor sering terjadi, tetapi kelainan ini juga biasanya menyebabkan kekakuan atau memperlambat gerakan.

Tanda-danta dan gejala penyakit Parkinson dapat berbeda untuk semua orang. Tanda-tanda awal mungkin ringan dan tidak diperhatikan. Gejala sering mulai di satu sisi tubuh dan biasanya tetap lebih buruk di sisi itu, bahkan setelah gejala mulai mempengaruhi kedua sisi.

Tanda-tanda dan Gejala Parkinson

Tanda dan Gejala Parkinson

Tanda dan Gejala Parkinson – FayerWayer

  • Tremor. Tremor, atau goncangan, biasanya dimulai dengan anggota gerak, sering kali tangan atau jari. Sobat dapat menggosok ibu jari dan telunjuk Anda maju-mundur, yang dikenal sebagai tremor pil-bergulir. Tangan mungkin gemetar ketika sedang istirahat.
  • Gerakan lambat (bradykinesia). Seiring waktu, penyakit Parkinson dapat memperlambat gerakan, membuat tugas-tugas sederhana menjadi sulit dan memakan waktu. Langkah mungkin menjadi lebih pendek saat berjalan. Mungkin sulit untuk keluar dari kursi. dapat menyeret kaki saat mencoba berjalan.
  • Otot-otot kaku. Kekakuan otot dapat terjadi di bagian mana pun dari tubuh. Otot-otot yang kaku bisa terasa sakit dan membatasi rentang gerak
  • Postur dan keseimbangan terganggu. Postur tubuh menjadi bungkuk, atau mungkin mengalami masalah keseimbangan akibat penyakit Parkinson.
  • Hilangnya gerakan otomatis. Sobat mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan gerakan bawah sadar, termasuk mengedipkan mata, tersenyum atau mengayunkan lengan saat berjalan.
  • Bicara berubah. Sobat dapat berbicara dengan lembut, cepat, cercaan, atau ragu sebelum berbicara. Berbicara mungkin lebih monoton daripada dengan infleksi biasa.
  • Perubahan dalam Menulis . Mungkin sulit untuk menulis, dan tulisan mungkin tampak kecil.

Sepantasnya mencurigai penyakit Parkinson mungkin merupakan akar dari salah satu gejala yang tercantum di atas. Obat-obatan dan terapi lain sangat efektif dalam pengobatan penyakit Parkinson. Ada banyak cara untuk membantu seseorang dengan penyakit Parkinson. Segera hubungi dokter.


Baca Juga:


Penyebab Parkinson

Gen. Para peneliti telah mengidentifikasi mutasi genetik spesifik yang dapat menyebabkan penyakit Parkinson. Tapi ini jarang terjadi kecuali dalam kasus yang jarang terjadi dengan banyak anggota keluarga yang terkena penyakit Parkinson.

Namun, variasi gen tertentu tampaknya meningkatkan risiko penyakit Parkinson tetapi dengan risiko penyakit Parkinson yang relatif kecil untuk masing-masing penanda genetik ini.

Pemicu lingkungan. Paparan racun tertentu atau faktor lingkungan dapat meningkatkan risiko penyakit Parkinson di kemudian hari, tetapi risikonya relatif kecil.

Karena penyebab Parkinson tidak diketahui, cara yang telah terbukti untuk mencegah penyakit ini juga tetap menjadi misteri. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga aerobik yang teratur dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson.