JAKARTA, – Teras depan adalah hal pertama yang dilihat orang-orang pada sebuah bangunan rumah, jadi penting memberikannya tampilan yang maksimal.

Dan salah satu cara sederhana dalam memberikan tampilan teras rumah agar terlihat lebih bagus adalah dengan mengecatnya dengan warna yang baru.

Namun, saat mengecat teras rumah, pastikan itu dilakukan dengan benar dan secara matang. Sebab, setiap kesalahan yang dilakukan saat mengaplikasikan cat pasti akan terlihat mencolok.

Baca juga: 4 Trik Membuat Teras Kecil Terasa Lebih Luas

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (12/5/2021), berikut ini tips dari ahli terkait mengecat teras rumah agar tidak ada kesalahan yang tak diinginkan.

1. Jangan lupa persiapan

Trevor Leysock, pemilik Handyman Connection of Mount Pleasant, South Carolina, mengungkapkan bahwa kesalahan mengecat teras paling umum yang dilakukan pemilik rumah adalah kurangnya persiapan.

“Sangat menggoda untuk langsung mengecat pembusukan kayu agar menutupinya dengan cepat, namun ini tidak akan memperbaiki masalah dan warnanya tidak akan bertahan jika permukaannya tidak disiapkan dengan benar,” kata Leysock.

Sungguh merugikan apabila kegiatan mengecat jadi gagal karena persiapan yang tidak tepat atau lebih buruk lagi, melihat cat baru diaplikasikan di area yang secara struktural tidak baik.

Baca juga: 9 Tips Terbaik untuk Menciptakan Taman di Teras

Sebagai bagian dari proses persiapan, Leysock mengatakan bahwa siapa pun perlu untuk memeriksa kondisi semua bagian teras, termasuk kusen dan segala permukaan sebelum mulai mengecatnya.

“Ini akan membantu kamu tetap aman dan dapat menghemat banyak biaya tambahan di jalan. Kamu harus juga pastikan telah menutup semua retakan, menghilangkan cat yang terkelupas, dan membersihkan debu, kotoran atau noda,” tutur Leysock.

2. Pilih jenis cat yang tepat

Karena teras depan mungkin paling terdampak dengan berbagai kondisi cuaca, Leysock merekomendasikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli di toko cat sebelum membeli cat.

via Kompas