Sumber: Pexels

Website – Mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Kamu harus bersaing dengan belasan bahkan puluhan pelamar lain untuk bisa mengisi satu posisi. Apalagi jika perusahaan dan posisi tersebut banyak diminati, maka kecil kemungkinan untuk bisa lolos. Tentu ini jadi tantangan tersendiri, terutama bagi kamu yang baru saja lulus atau fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja sama sekali.

Memiliki pengalaman dalam bekerja memang jadi salah satu hal yang bisa dipertimbangkan perusahaan dalam merekrut karyawan baru. Namun, umumnya pengalaman bekerja hanya dibutuhkan untuk mengisi posisi penting di perusahaan atau posisi yang mengharuskan untuk langsung bekerja dengan tim.

Kamu yang tidak pengalaman kerja tidak perlu khawatir karena tidak semua perusahaan dan lowongan kerja membutuhkan pekerja berpengalaman. Dengan begitu kamu masih punya peluang untuk diterima di suatu perusahaan.

Akan tetapi, kamu harus melengkapi CV dengan cara yang tepat dan benar sehingga perusahaan akan mempertimbangkan kamu. Ada beberapa hal yang bisa kamu tulis dalam CV bagi yang belum berpengalaman kerja saat melamar.

  • Jangan Ragu Menuliskan Pengalaman Magang

Umumnya sebagian besar kampus akan menjadikan kegiatan magang sebagai salah satu syarat kelulusan bagi para mahasiswanya atau nama lainnya kerja praktek. Para mahasiswa ini diharuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan terlebih dahulu sesuai dengan jurusan.

Pada saat magang inilah kamu merasakan langsung dunia kerja sesungguhnya. Terlebih jika kamu bisa berkesempatan magang di perusahaan besar dan memberimu banyak pengalaman kerja.

Pengalaman magang ini bisa jadi bekal buatmu saat melamar kerja di tempat lain. Tak perlu untuk mencantumkannya dalam CV secara rinci supaya pihak HRD perusahaan dapat melihat pengalamanmu sebelum direkrut.

  • Cantumkan Pengalaman Berorganisasi

Bagi kamu yang aktif berorganisasi bisa menambah poin positif saat melamar kerja. Kamu bisa mencantumkan pengalaman berorganisasi, jadi pekerja sukarela, atau kegiatan yang dapat menunjukkan prestasi.

Hal itu akan sangat menguntungkan ketika kamu tidak punya pengalaman kerja karena bagi perusahaan pengalaman berorganisasi akan melibatkan hasil kerja, kerja sama tim, dan tenggat waktu. Jika kamu bisa menjelaskannya deskripsi pekerjaanmu selama di organisasi dan prestasi yang didapat akan membuat surat lamaran kerja dan CV kamu bernilai tinggi.

Apabila kamu melamar di posisi yang relevan atau hampir serupa dengan apa yang kamu kerjakan di organisasi, maka pengalamanmu itu akan semakin bernilai.

  • Tak Ada Salahnya Memasukkan Sertifikasi

Sertifikasi bisa jadi tolak ukur kemampuan seseorang dalam menguasai bidang tertentu. Tidak hanya sebatas keahlian, tetapi kamu juga mendapat pengakuan secara jelas atas skill tersebut dengan adanya sertifikasi.

Hal itu bisa jadi nilai lebih di mata perusahaan meskipun kamu belum memiliki pengalaman kerja di perusahaan. Kamu bisa mengikuti pelatihan-pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut sehingga kesempatanmu untuk dipanggil interview lebih besar.

Ikut sertifikasi yang memang sesuai dengan bidangmu supaya bisa mengembangkan skill sekaligus mempermudah dalam mendapat pekerjaan. Terlebih saat ini banyak program sertifikasi yang bisa ditemukan dengan biaya murah bahkan gratis. Pada saat melamar nanti, sertakan bukti sertifikasi tersebut sehingga bisa menjadi pertimbangan perusahaan.

  • Tuliskan Keterampilanmu di Suatu Bidang

Di mata recruiter seseorang yang punya kemampuan atau keterampilan khusus di suatu bidang dianggap lebih menarik dan mendapat tempatnya tersendiri. Apabila kamu termasuk yang tidak memiliki pengalaman kerja, keterampilan tersebut akan dilihat sebagai nilai tambah.

Untuk memastikan kemampuanmu itu berguna dalam CV, kamu hanya perlu menegaskan kamu mengerti dalam beberapa hal. Keterampilan disini merupakan hal yang tidak dimiliki semua pelamar, seperti paham cara mengoperasikan media sosial, bisa bahasa pemrograman, dan kemampuan bernegosiasi dengan klien,

Dalam CV kamu bisa menyebutkan bahwa keterampilan tersebut pernah digunakan di sebuah proyek. Contohnya ketika melakukan penelitian tugas akhir atau magang di perusahaan.

Beberapa hal di atas tentu bakal menarik perhatian HRD perusahaan yang kamu lamar. Jadi, jika empat poin di atas sudah kamu miliki meski tidak ada pengalaman kerja kemungkinan untuk lolosnya cukup besar.

Nah, tinggal bagaimana caranya kamu melamar kerja tanpa adanya pengalaman bekerja.

Jangan Asal Melamar Kerja

Dikarenakan kamu tidak ada pengalaman kerja, bukan berarti kamu asal saja melamar pekerjaan yang penting diterima. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam melamar sebuah pekerjaan, diantaranya adalah:

  • Sesuai Kualifikasi

Ada banyak alasan kenapa pelamar kerja yang tidak punya pengalaman bekerja ditolak perusahaan, salah satu adalah karena mereka salah alamat.

Maksudnya yaitu kebanyakan dari pelamar tidak memahami bahwa setiap jenis pekerjaan memiliki kualifikasi dasar yang berbeda-beda. Misalnya perusahaan butuh karyawan yang memiliki pengalaman di bidang yang sama, minimal lulusan dari beberapa jurusan, serta paham suatu keterampilan khusus.

Pada saat melamar kerja, kamu perlu memperhatikan kualifikasi atau persyaratan tersebut. jika kamu bisa memahami kemampuan diri sendiri, kemungkinan untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar semakin besar.

Kamu bisa mencoba menggunakan filter yang tersedia pada situs-situs pencari kerja untuk melihat pekerjaan mana yang kualifikasinya sesuai denganmu.

  • Aktif di Grup Pencari Kerja

Kesempatan mendapatkan sebuah pekerjaan bisa datang dari mana saja. Salah satunya bisa dari grup pencari kerja yang berstatus tidak memiliki pengalaman kerja. Terlibat di dalam grup semacam ini sangat penting karena kamu tidak hanya mendapat ilmu atau sharing pendapat, tetapi terkadang ada recruiter yang secara diam-diam melihat.

Kamu tidak perlu memberikan reaksi berlebihan atau terlalu sering, cukup tunjukkan jika kamu benar-benar punya minat dan pengetahuan di bidang yang jadi tempat berkomentarmu.

Bagaimana, apakah setelah membaca penjelasan di atas kamu makin termotivasi untuk melamar pekerjaan meski belum ada pengalaman kerja? Jangan takut dan terus mencoba!

via ajaib