Tahukah Anda bahwa Personal branding yang tepat dapat membantu Anda untuk membangun karir yang sukses di industri digital?

Upaya ini dianggap ampuh untuk mempermudah jalan Anda saat mengirimkan CV dan juga proses interview ke sebuah perusahaan. 

Sebelum berangkat lebih jauh, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan personal branding? 

Personal branding adalah sebuah upaya untuk mempromosikan citra diri sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Harapannya, orang dapat mengenal Anda sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang selama ini sudah kalian tunjukan melalui usaha tersebut. 

Nah, untuk sampai tahap tersebut dibutuhkan sebuah strategi yang tepat dalam membangun personal branding di industri digital. Bagaimana caranya?

Eits, tenang aja Anda akan mendapatkan insight dari Hoster Ranger kita, nih.

Pentingnya Personal Branding

Menurut Fitrana Amalia atau dikenal sebagai Rana, seorang Talent Acquisition Specialist Niagahoster, personal branding merupakan cerminan dari diri Anda. Termasuk di dalamnya adalah tujuan, visi dan misi, motivasi, dan nilai yang Anda pegang. Semua hal ini tergambarkan dari pengalaman serta keahlian yang Anda miliki.

Sukses Membangun Karir Di Industri Digital Dengan Personal Branding

Oleh karena itu personal branding yang baik akan mempermudah Anda dalam membangun karir yang sukses. Terutama saat harus berhadapan dengan rekruter di sebuah perusahaan.

Sama seperti Rana, Ayunda Zikrina selaku Head of Brand and Market Development, dalam sebuah IG Live, menjelaskan bahwa personal branding dapat meningkatkan kesempatan Anda dalam persaingan kerja.

“CV yang masuk ke dalam perusahaan bisa ribuan. Ketika sudah masuk, CV yang baik akan ditelusuri lebih lanjut oleh rekruter seperti melalui media sosial atau phone call. Saat media sosial kita aktif seperti di Linkedin, maka kita memiliki bekal personal branding yang cukup untuk bersaing”

– Ayunda Zikrina, Head of Brand and Market Development

Bagaimana? Sudah paham kan betapa pentingnya sebuah personal branding untuk karir Anda?

Manfaat Personal Branding

Ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan untuk tujuan membangun karir yang sukses.

Pertama, Anda akan lebih dikenal. Kedua, Anda dapat melebarkan jaringan dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam isu yang sama. Selain itu, secara tidak langsung keahlian Anda bisa mendapatkan pengakuan dari banyak orang. 

Dengan begitu, kredibilitas Anda meningkat sehingga berpengaruh secara positif terhadap karir Anda. Kalau sudah banyak yang kenal secara baik, bukan tidak mungkin Anda dicari dan bukan mencari pekerjaan.

Strategi Membangun Citra Diri yang Kuat

Personal branding merupakan sebuah proses yang harus terus menerus dilakukan secara konsisten. Bila tidak, orang tidak akan mengenal dan mengingat Anda dengan baik.

Berikut strategi dan langkah dari Fitrana yang bisa Anda lakukan.

1. Kenali Diri Anda

Ini adalah tahap awal untuk membangun citra yang baik. Tanpa mengenali diri Anda dan kemampuan yang dimiliki, Anda tidak dapat membangun citra yang kuat dan unik. Ingat Anda harus bersaing dengan banyak orang di luar sana. Hal ini juga diamini oleh Ayunda sebagai langkah yang penting, lho. 

2. Cari Tahu Bagaimana Anda Ingin Dikenali dan Siapa Audiens Anda

Setelah cukup kenal dengan diri sendiri, sekarang waktunya Anda menentukan bagaimana Anda ingin dikenal dengan orang. Tentunya sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang dimiliki, ya! 

Selain itu, penting untuk mencari tahu audiens yang ingin Anda tuju untuk menentukan gaya komunikasi nantinya. 

contoh personal branding dari hoster ranger di Instagram
Hanifa, salah satu Ranger yang menempatkan personal branding pada bio Instagram

Misalnya Anda ingin dikenal sebagai seorang ahli Digital Marketing di kalangan Gen Z. Anda bisa memberikan informasi terkait hal tersebut dengan gaya yang lucu, seperti dengan meme.

3. Konsisten dan Fokus Dengan Audiens yang Spesifik

Lakukan dengan konsisten dan fokus dengan audiens yang sudah ditentukan. Ingat, Anda tidak bisa memuaskan semua orang. Konsistensi dibutuhkan agar Audiens yang menjadi target Anda betul-betul kenal dengan diri kalian dan juga keahlian kalian.

4. Gunakan CV, Media Sosial, dan Website

Manfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Anda juga bisa membuat website untuk sebagai wadah berbagi informasi demi keperluan personal branding. 

Tampilan profil Instagram dari Oko yang menampilkan personal branding dengan pamer portofolio
Oko, salah satu Ranger yang memanfaatkan media sosial untuk mengunggah portofolionya.

Bila Anda penulis, unggah tulisan terbaik Anda di platform tersebut. Berikan sedikit penjelasan agar orang paham dengan karya yang dibuat.

5. Lakukan Secara Terus Menerus dan Tingkatkan Diri Anda

Ingat, personal branding harus dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Tambah pengalaman Anda dan jangan pernah berhenti belajar. Bila Anda penulis, terus perbaiki tulisan Anda menjadi lebih baik serta update dengan informasi terbaru seputar dunia tersebut.

Tulislah pengalaman serta pengetahuan Anda di media sosial untuk memaksimalkan personal branding yang ingin Anda buat. Ini juga bisa menjadi portfolio dari pekerjaan Anda saat ini. Dengan begini Anda dapat meningkatkan kredibilitas melalui unggahan serta pengalaman yang Anda miliki. 

Sebagai seorang desainer tentunya Anda ingin dikenal sebagai seorang desainer yang handal. Namun, bagaimana orang akan tahu apabila Anda tidak pernah membuat karya atau tidak memiliki portfolio? Unggahlah desain-desain terbaik Anda di media sosial, atau website seperti behance agar mudah diketahui oleh banyak orang.

Siap Terjun Ke Industri Digital

Dengan membangun personal branding dan memanfaatkan platform digital artinya Anda sudah memulai langkah awal yang baik untuk terjun ke industri digital. Selanjutnya, Anda hanya perlu meningkatkannya dan melakukannya secara konsisten.

Dengan personal branding yang kuat, Anda akan lebih mudah bersaing dengan kandidat lainnya serta memiliki nilai lebih dari sudut pandang rekruter. Siap memulai karir Anda di industri digital?

Apabila Anda siap dan tertarik, Niagahoster membuka peluang yang lebar untuk Anda dengan berbagai posisi yang dibuka. Siapkan CV Anda serta portofolio yang kalian miliki, lalu jangan lupa cantumkan akun yang menunjukkan personal branding Anda.

Untuk informasi karir dan lowongan yang dibuka, kunjungi niagahoster.co.id/karir sekarang juga!

via Niagahoster