JAKARTA, – Mesin cuci merupakan peralatan elektornik yang sangat membantu meringankan pekerjaan mencuci pakaian. 

Ada dua jenis mesin cuci yang dijual di pasaran, yakni mesin cuci bukaan depan atau satu tabung dan mesin cuci bukaan atas atau dua tabung. 

Baca juga: Mesin Cuci Berjamur? Begini Cara Membersihkannya

Mesin cuci bukaan depan banyak dipilih karena penggunaan air dan energi yang lebih efisien serta membuat proses mencuci menjadi lebih praktis dan cepat. 

Sayangnya, banyak penggunaannya yang tidak menyadari kapan harus membersihkan mesin cuci bukaan depan dan bagaimana membersihkannya.

Sama dengan peralatan elektronik sehari-hari lainnya yang membutuhkan perawatan rutin, membersihkan mesin cuci bukaan depan penting dilakukan setiap sebulan sekali agar terhindari dari bau tak sedap. 

Baca juga: Cara Mengatasi Pertumbuhan Jamur dan Lumut pada Mesin Cuci

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, pembersihan secara teratur juga dapat membantu mencegah pembentukan jamur dan bau. Lantas, bagaimana membersihkan mesin cuci bukaan depan? 

Melansir dari laman Taste of Home, Minggu (29/8/2021), berikut ini adalah beberapa cara membersihkan mesin cuci bukaan depan. 

Baca juga: Ingin Membeli Mesin Cuci? Pertimbangkan 8 Hal Ini Dulu 

Gunakan pemutih

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengosongkan drum, kemudian keluarkan dispenser detergen, serta bersihkan baki dan semua lampirannya. Ganti item saat dibersihkan.

Selanjutnya, bersihkan gasket di sekitar drum dan kaca pintu yang menghadap bagian dalam drum. Bersihkan permukaan ini dengan larutan tiga perempat cangkir pemutih klorin yang ditambahkan ke dalam 3,7 liter air.  

Baca juga: Simak, Ini 5 Tanda Mesin Cuci Rusak

Jika pemuat depan Anda memiliki siklus pembersihan, jalankan sekarang. Ikuti petunjuk pabrikan. Beberapa produsen mesin cuci menyarankan untuk menggunakan produk pembersih tertentu.

via Kompas