Website – Merawat sistem pengereman merupakan hal yang harus dilakukan oleh pemilik mobil karena komponen yang satu ini termasuk bagian yang vital. Jika rem mengeluarkan bunyi ketika diinjak, pemilik mobil perlu mencari tahu apa penyebab bunyi tersebut.

Adanya suara bunyi saat pedal rem diinjak bukan hal yang terlalu gawat, namun jangan sampai diabaikan. Apabila dibiarkan terus menerus, bunyi rem akan semakin mengganggu dan bisa merusak rem itu sendiri.

Seperti dilansir detikcom yang mengutip dari Auto2000, ada sejumlah penyebab kenapa rem pada mobil mengeluarkan bunyi. Lalu, apa saja yang bisa menyebabkan rem mengeluarkan bunyi? Berikut penjelasannya.

Kampas rem menipis

Penyebab suara pada rem bisa terjadi karena kampas rem sudah menipis. Komponen yang bentuknya seperti bantalan ini berguna untuk memperlambat atau menghentikan piringan cakram yang berputar.

Ketika bantalan pada kampas rem menipis, maka cakram akan bergesekan langsung dengan bagian besi dari kampas rem. Hal ini yang menyebabkan saat pedal rem diinjak timbul suara berdecit.

Kampas rem kurang berkualitas

Saat ingin membeli kampas rem baru, usahakan memilih kualitas yang terbaik ya. Karena jika dilihat sekilas tampilannya memang tak beda jauh, namun ada beberapa merek yang kualitasnya lebih baik dan tahan lama saat digunakan.

Kotoran menumpuk pada cakram rem

Faktor lainnya bisa datang dari kondisi cakram rem yang penuh dengan kotoran, bisa debu ataupun tanah yang menempel sampai menumpuk.

Bila didiamkan begitu saja, tentu cakram rem berfungsi tidak optimal dan membuat rem berbunyi saat diinjak. Solusi paling mudah adalah dengan membersihkan cakram dengan air bersih sampai tidak ada kotoran tersisa.

Pedal rem kurang pelumas

Selain kampas dan cakram rem, penyebab lain adanya suara berdecit datang dari pedal rem itu sendiri. Jika pedal rem kekurangan pelumas hal ini menimbulkan suara decitan ketika diinjak. Tak perlu khawatir, cukup lumasi pedal rem dengan pelumas agar saat diinjak tidak ada suara berdecit lagi.

Gangguan pada rem tromol

Peranti yang satu ini wajib dikenali dan diketahui, karena sejumlah mobil masih menggunakan rem tromol di bagian roda belakang. Meski rem tromol lebih tertutup, bukan berarti kotoran tidak akan masuk ke dalam.

Sama seperti merawat rem cakram, pemilik mobil perlu rajin membersihkan rem tromol dari kotoran dan debu yang menempel. Setelah dibersihkan jangan lupa untuk merawatnya dengan rutin agar tidak cepat rusak.

Terkena percikan air

Penyebab lain rem mobil berbunyi saat diinjak adalah karena percikan atau tersiram oleh air. Hal ini biasanya terjadi saat musim penghujan, atau ketika Anda selesai membersihkan mobil.

Percikan atau siraman air ini kemudian mengenai sistem pengereman dan mengikis pelumas rem. Namun jangan panik, hal seperti ini tidak terlalu berbahaya karena air akan mengering sendiri. Tapi ada baiknya untuk memberikan pelumas tambahan ketika terus mengeluarkan bunyi berdecit.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Air Radiator Mobil?

Terkena oli

Selain air, penyebab rem mengeluarkan bunyi saat diinjak bisa diakibatkan terkena oli. Hal ini dapat terjadi ketika oli menetes dan mengenai cakram rem, sehingga membuat rem menjadi kurang pakem.

Gangguan pada transmisi

Faktor terakhir yang menjadi penyebab rem mengeluarkan bunyi adalah gangguan pada sistem transmisi. Hal ini biasanya terjadi pada pemilik mobil dengan sistem transmisi otomatis. Bunyi berdecit yang muncul pada rem disebabkan oleh sistem transmisi yang tertahan karena Anda menginjak pedal rem. Ini bukanlah suatu masalah karena akan hilang dengan sendirinya.

Sumber gambar: Shutterstock

via momobil