Sejarah Terbentuknya Upil


Inilah Sejarah Terbentuknya Upil. Upil atau mukus hidung kering atau ingus kering terdapat pada hidung dan merupakan hasil pengeringan mukus koloid kental (yang dikenal sebagai ingus) secara normal. Dalam bahasa Inggris Amerika, upil dikenal dengan sebutan boogies atau bogeys.

Sejarah Terbentuknya Upil

Dilansir dari Bright Hub, upil terbentuk dari membran mucus atau membran lendir yang berada di hidung. Lendir yang dikeluarkan oleh membran mucus ini biasa disebut dengan ingus. Fungsi dari ingus adalah sebagai sistem perlindungan tubuh terhadap infeksi.

Baca Juga : Cara Mencegah dan Mengatasi Perut Kembung pada Bayi secara alami

Ingus bertujuan untuk mencegah masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam paru-paru. Partikel ini dapat berupa debu, bakteri, virus, dan serbuk. Ingus yang telah menyaring partikel-partikel tersebut akan menjadi mengering dan terbentuklah upil.

Sejarah Terbentuknya Upil

Dilansir dari wikipedia, Membran mukosa pada rongga hidung terus-menerus memproduksi mukus basah (atau ingus) yang melumeri rongga hidung dan menyingkirkan debu atau patogen yang masuk ke hidung melalui udara. Silia juga melapisi rongga untuk menggerakkan mukus dari rongga hidung menuju faring. Tidak semua mukus dapat dialirkan oleh silia, dan mukus tersebut terjebak di dalam hidung. Semakin dekat mukus dari lubang hidung dan semakin sedikit kelembaban udara yang diterimanya, maka semakin besar kemungkinannya untuk mengering dan menjadi upil.

“Mengupil dengan menggunakan jari sendiri tentunya bisa menjangkau tempat yang tidak bisa dicapai jika menggunakan sapu tangan. Selain itu juga bisa menjaga hidung agar tetap bersih,” ujar Prof Bischinger, seperti dikutip dari DailyTimes,

Proses Terbentuknya Upil

Proses pengeringan dan perubahan dari ingus menjadi upil ini sebenarnya terjadi di bagian hidung yang lebih dalam. Hanya saja untuk mempertahankan ruang bagi ingus untuk mencegah masuknya partikel lain, mekanisme hidung membuat upil menjadi berada pada posisi hidung luar dan dapat dapat dicapai dengan tangan.

Baca Juga : Cara Mempertajam Ingatan

Maka, tidak perlu heran kalau setiap orang akan mudah sekali mengupil karena posisi kotoran tersebut tidak dalam. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati ketika membersihkannya agar tidak mengalami pendarahan di bagian hidung.

Tahukah kamu kalau bulu hidunglah yang berfungsi untuk menyaring virus dan bakteri yang ada di sekitar, yang tanpa sengaja kita hirup melalui udara?

Itulah Sejarah Terbentuknya Upil. Karena Ngupil adalah salah satu kenikmatan. ^_^


Pastikan Komentar