Keindahan Pantai Menganti memang belum terekspos secara luas. Pantai yang berada di Kebumen ini awalnya hanya berupa pesisir yang dijadikan tempat pendaratan para nelayan setelah mencari ikan di tengah lain.

Kemudian kawasan tersebut dilihat memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata dan diresmikan oleh pemerintah Kebumen sebagai tempat wisata pantai. Seiring dengan perkembangan waktu, para wisatawan mulai mengunjungi Pantai Menganti.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kebumen.

Terkadang beberapa orang ingin mengunjungi pantai ini, tetapi tidak terlalu familiar dengan rute perjalanan yang harus ditempuh hingga tiba di tempat tujuan. Oleh karena itu, kali ini kami menyajikan penjelasan akses transportasi dan rute menuju Pantai Menganti yang paling mudah dan aman.

Transportasi ke Pantai Menganti dengan Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi merupakan pilihan yang paling tepat ketika Anda ingin berkunjung ke Pantai Menganti. Ya, tempat wisata ini memang tidak terlalu dekat dari pusat kota. Rute yang paling mudah untuk ditempuh adalah arah Gombong.

Perjalanan dari Gombong ke Pantai Menganti berjarak sekitar 25 km. Anda akan melewati Kecamatan Buayan, jalur Gombong – Karang Bolong. Sebelum sampai di pantai, anda akan menemui pertigaan. Pilih jalur yang menuju Karang Bolong atau Cilacap. Ikuti terus jalur tersebut sekitar 5 km.

Saat menemukan pertigaan, maka Anda harus belok kanan dan lurus terus mengikuti jalan. Kemudian Anda akan menemukan Desa Karangduwur, belok kiri dan ikuti jalan sampai tiba di pantai.

Kalau berangkat dari Jakarta, Anda bisa menempuh perjalanan dari Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed, lalu Jl. Tol Jakarta – Cikampek hingga sampai di Jl. Tol Cikopo – Palimanan. Kemudian Anda masih harus menempuh Jl. Tol Kanci – Palimanan dan Tol Trans Jawa Jl. Margasari – Jatibarang di Sawah, Ladang. Ambil jalan keluar menuju Pejagan dari Tol Trans Jawa Rd.

Setelah itu, Anda harus menempuh perjalanan ke Jl Ayah – Karangbolong sampai tiba di Jl. Pantai Menganti. Waktu perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan sekitar 7 jam.

Kalau dari Purwokerto, Anda bisa melewati rute yang biasa dilewati menuju Pantai Ayah. Tidak jauh dari Pantai Ayah, terdapat persimpangan jalan. Kalau ke arah kiri, maka Anda akan sampai di Pantai Ayah. Nah, Anda harus belok ke kanan untuk tiba di Pantai Menganti.

Jalur Kereta Api

Kereta api yang memiliki tujuan akhir Kebumen adalah Bima, Taksaka, Gajayana, Kutojaya Utara, Jayakarta Premium, Sawunggalih, Gajahwong, Singasari, Senja Utama Yogyakarta, Bengawan, Progo, Gajahwong, Bogowonto, dan Senja Utama Solo. Namun, Anda masih harus melanjutkan perjalanan pribadi sekitar 1 jam untuk sampai di pantai.

Itulah beberapa rekomendasi rute dan transportasi yang dapat Sweet Couple coba untuk melakukan perjalanan ke Pantai Menganti. Aksesibilitas menuju pantai ini memang tidak semudah pantai-pantai terkenal di Bali, Lombok, dan Yogyakarta. Namun, pesona panorama pantai yang masih alami ini tidak akan membuat pengunjung menyesal.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari tripadadvisor.com

via sweetrip