Beberapa bulan yang lalu, dilaporkan bahwa pesaing DLSS AMD yang akan dikenal sebagai FidelityFX Super Resolution diluncurkan pada tahun 2021. AMD akan mengaktifkan kembali DLSS Nvidia dengan FidelityFX Super Resolution pada bulan depan dengan teknologi super sampling berbasis AI sejak tahun 2018 ketika seri GeForce RTX 20 berbasis Turing diperkenalkan.

DLSS 1.0 memiliki permulaan yang cukup sulit dan tidak banyak game yang menggunakan fitur ini dan sementara pengguna dapat melihat beberapa peningkatan kinerja yang mengesankan, itu juga datang dengan kualitas gambar yang seringkali terlalu buram jika dibandingkan dengan metode AA standar.

Hal itu berubah seiring waktu dan DLSS 2.0 menunjukkan bentuk sebenarnya dari fitur tersebut dengan perolehan yang masih mengesankan sambil mempertahankan kualitas gambar yang hampir serupa dengan resolusi asli. Bahkan sampai sekarang, fitur tersebut telah melihat pembaruan besar dalam bentuk DLSS 2.1 yang berjalan seperti pesona edisi yang ditingkatkan.

Perbedaan DLSS membuat kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 series lebih unggul. Tapi sepertinya solusi AMD sekarang mendekati peluncuran resminya yang disarankan pada bulan Juni. Informasi lain menunjukkan bahwa FSR sudah ada dengan pengembang yang akan mengimplementasikan fitur tersebut di dalam game dan mesin.

Dinyatakan juga bahwa mengimplementasikan AMD FSR dalam game yang sama akan membutuhkan lebih sedikit pekerjaan jika dibandingkan dengan solusi DLSS Nvidia. Karena diimplementasikan lebih awal dan membutuhkan intervensi pengembang yang minimal. Teknologi ini juga memanfaatkan metode super-sampling algoritma yang meningkatkan gambar dengan overhead minimal.

Hal yang membuat FSR paling menarik adalah AMD mungkin juga membuka kompatibilitasnya dengan GPU Nvidia. Jadi, sementara DLSS adalah hak milik untuk perangkat keras yang dipercepat Tensor Core Nvidia, FidelityFX AMD akan bekerja pada GPU Nvidia GeForce dan AMD Radeon. Sedangkan untuk kinerja, dinyatakan bahwa hasil saat ini terlihat bagus tetapi tidak ada angka konkret untuk dibandingkan dengan DLSS Nvidia.

via Pemmzchannel