Saat ini, terapi oksigen telah muncul sebagai alternatif perawatan utama untuk pasien kritis yang terinfeksi Covid-19 selama gelombang kedua di berbagai Negara. Namun, ketika Indonesia memerangi lonjakan kasus yang besar dan keterbatasan akan permintaan oksigen cair telah menipis dan memaksa orang untuk mencari alternatif untuk pasokan oksigen.

Dengan demikian, permintaan oksigen konsentrator meningkat. Dalam istilah awam, oksigen konsentrator adalah mesin yang pada dasarnya membuat oksigen sendiri, tidak seperti tabung oksigen rumah sakit yang bersumber dari unit industri dalam bentuk silinder. Jadi, oksigen konsentrator tidak perlu isi ulang dan juga bisa dipindahkan dengan mudah.

Secara teknis, oksigen konsentrator mengumpulkan oksigen dan nitrogen yang ada di sekitar dan menyaring udara yang nantinya akan disalurkan kepada pasien melalui kanula hidung atau masker oksigen. Oksigen konsentrator mampu menghasilkan hingga 95% oksigen murni. Karena mesin konsentrator memiliki sensor oksigen built-in, ini dapat dilihat dengan jelas jika tingkat kemurnian berkurang di konsentrator.

Namun, dengan begitu banyak model oksigen konsentrator di pasaran, banyak yang merasa sulit untuk memilih yang tepat dengan harga yang ideal. Dalam artikel kali ini, kami mengulas produk oksigen konsentrator dengan merk Philips Respironics EverFlo Home Oxygen Concentrator.

Review Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

Ada dua jenis oksigen konsentrator yang tersedia di pasaran, satu adalah unit Portabel (dengan ukuran kecil) dan yang kedua adalah unit rumahan (memiliki ukuran lebih besar). Portable Unit, sesuai dengan namanya tidak memerlukan sumber listrik, dengan menggunkan sumber daya baterai mesin ini dapat dibawa kemana-mana, bahkan dapat digunakan dalam pesawat. Oksigen konsentrator portabel memberikan aliran oksigen ke nadi, yang sebagian besar digunakan untuk penyakit paru-paru kronis tetapi dengan kondisi stabil, dalah hal ini mesin ini sangat terbatas dalam perawatan pasien COVID-19.

Sedangkan unit rumahan merupakan perangkat yang membutuhkan plug point. Ini memberikan aliran oksigen terus menerus yang sangat penting untuk kasus COVID-19. Oksigen konsentrator rumahan dapat mengalirkan oksigen 5-10 liter per menit (LPM) dengan demikian pasien COVID-19 dengan kasus ringan masih bisa teratasi dengan alat ini.

Dari banyaknya produk oksigen konsentrator ada pilihan yang tersedia dari 1 LPM hingga 10 LPM (Liter per menit), yang mana yang harus di beli itu harus benar-benar atas saran dan resep dokter. Umumnya saran yang diberikan para dokter dengan pengguna lansia adalah 5 liter pada konsentrasi oksigen 90 persen adalah pilihan yang baik. Tetapi jika Anda memiliki dua atau lebih dengan pengguna lansia, disarankan untuk memilih 10 liter dengan konsentrasi oksigen 90 persen karena dapat mendukung dua pasien saat dibutuhkan.

Philips Respironics EverFlo Home Oxygen Concentrator

Review Philips EverFlo Oxygen Concentrator

Philips EverFlo adalah oksigen konsentrator rumahan yang dapat mengalirkan oksigen sampai 5LPM (liter per menit). Ini merupakan konsentrator paling sunyi di pasaran. Dengan desain yang elegan, mesin canggih, penggunaan daya yang rendah, serta konstruksi yang ringan dan tahan lama menjadikannya mudah, nyaman, dan dapat dipercaya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk isi ulang Oksigen tabung oxygen Anda. EverFlo dari Respironics adalah oksigen konsentrator yang andal memberikan apa yang diinginkan oleh penyedia layanan rumah tangga dan pasien.

Dari fitur lainnya, Philips EverFlo memiliki fitur alarm OPI (Oxygen Percentage Indicator) dengan kata lain ini akan menunjukkan indikator kemurnian oksigen yang keluar dikeluarkan oleh konsentrator. Alarm akan menunjukan apabila persentase oksigen Low Oxygen (82%) and Very Low Oxygen (70%).

Philips EverFlo memiliki handle yang ramping, mudah di genggam memiliki 4 roda kecil, yang membuatnya lebih mudah bergerak. Philips EverFlo menyediakan aliran oksigen terus menerus hingga 5 liter oksigen per menit pada pengaturan tertinggi.

Philips EverFlo sangat ideal untuk digunakan dengan humidifier melalui koneksi khusus di bagian belakang konsentrator. Karena aliran oksigen terus menerus yang diproduksi darai mesin konsentrator maka hidung pasien dapat menjadi iritasi atau tenggorkan kering tanpa humidifier. Dengan menggunakan botol humidifier maka aliran oksigen akan lembab saat di alirkan ke pasien. Tetapi penting juga untuk mengganti pelembab secara teratur, sehingga tidak ada kerak yang muncul.

Apa Itu Oksigen Konsentrator?

Untuk spesifikasinya Philips EverFlo memiliki konsumsi daya yang rendah sekitar 300 watt yang membuat konsentrator ini sangat hemat energi. Dengan suara mesin yang sunyi dengan level suara 45 desibel sama seperti Anda mendengarkan suara curah hujan sedang. Adapun dimensi produk Philips EverFlo memiliki dimensi yang cukup ramping dengan lebar 38 cm serta tingg kurang lebih 60 cm dengan berat sekitar 14 kg.

Saat Anda membeli produk ini, biasanya sudah tersedia kelengkapan seperti botol humidifier, filter atau saringan udara, selang konektor humidifier, buku petunjuk penggunaan dan kartu garansi.

Baca artikel lainnya

Cara Menggunakan Oxygen Concentrator

  • Posisikan oxygen concentrator 30 hingga 60 sentimeter dari dinding dan furnitur. Selain membutuhkan ruang untuk sirkulasi udara, oksigen konsentrator akan menjadi sangat panas sehingga jauhkan dari furnishing dan furniture.
  • Hubungkan botol humidifier (pelembab) ke outlet atau keluarnya oksigen. Selalu gunakan air sulingan atau distilasi dalam botol humidifier.
  • Pasang selang diantara outlet oksigen dan lubang humidifier
  • Pasang selang kanula atau masker pada botol humidifier yang nantinya akan dihirup
  • Nyalakan oxygen concentrator setidaknya 15-30 menit sebelum menggunakannya. oksigen konsentrator memerlukan waktu untuk mulai dan benar-benar siap untuk digunakan.
  • Mesin ini akan menarik banyak daya listrik dan harus menjadi satu-satunya benda yang dicolokkan ke soket. Jangan gunakan kabel ekstensi, karena ini dapat menimbulkan risiko kebakaran.
  • Setelah menyalakan mesin selalu periksa ulang indikator lampu untuk memastikan perangkat berfungsi dengan baik.
  • Sebelum menggunakan, Anda perlu memutar flow meter, ditandai dengan LPM atau dengan level 1,2,3,4 dll. Atur flow meter sesuai dengan anjuran dokter.
  • Untuk menghirup oksigen, periksa selang apakah ada lekukan atau kebocoran. Gangguan apa pun pada selang dapat menyebabkan suplai oksigen menjadi tidak maksimal.
  • Jika menghirup menggunakan masker, letakkan masker di wajah untuk kadar oksigen yang rendah. Pastikan tidak ada celah udara di sekitar tepi masker.
  • Jika menghirup menggunakan selang kanula, pasang kanula hidung ke atas ke dalam lubang hidung Anda untuk mendapatkan oksigen tingkat tinggi.

Oksigen konsentrator dapat dinyalakan selama 24 jam, Anda bisa mengistirahatkan mesin sekitar satu jam. Disarankan selalu untuk sedia tabung oxygen sebagai cadangan sehari-hari seandainya sewaktu-waktu listrik mati. Jika tegangan listrik kurang stabil gunakan stabilizer listrik. Jauhkan alat ini dari rokok atau benda yang mudah terbakar.

Kelebihan dan Kekurangan Philips EverFlo Home Oxygen Concentrator

Kelebihan Philips EverFlo

  • Dengan pengoprasian terus menerus
  • Desain ramping dan ringan
  • Memiliki alarm OPI (Oxygen Percentage Indicator)
  • Konsumsi daya yang rendah
  • Pengoprasian dengan sura yang sunyi
  • Oxygen concentration (5 LPM) 93% ±3%
  • Garansi 1 tahun

Kekurangan Philips EverFlo

  • Tidak ada fungsi nebulasi
  • Tidak ada fungsi timer

Oksigen konsentrator adalah pilihan yang bagus untuk semua alasan di atas, tetapi penting bagi individu untuk mempertimbangkan masalah potensial yang mungkin mereka hadapi. Saat Anda memilih antara oksigen konsentrator atau tabung untuk oksigen tambahan Anda, pertimbangkan bagaimana dan kapan Anda akan membutuhkan oksigen, serta seberapa kompak Anda membutuhkan sistem penyaluran oksigen untuk Anda.

Jika Anda menggunakan tabung oksigen, pertimbangkan untuk menyediakan cadangan oksigen dalam tangki yang tersedia untuk digunakan. Saat menggunakan oksigen konsentrator, selalu disarankan agar Anda menyediakan oksigen tabung tambahan jika sewaktu-waktu listrik padam.

[embedded content]

via galerimedika