Resiko Kesehatan Jika Sobat Sering Telat Makan


SoPasti.Com – Resiko sering telat makan. Ada beragam alasan klasik yang menyebabkan banyak orang sering telat makan, misalnya karena sibuk dengan pekerjaan atau sedang menjalani program diet. Jika Sobat salah satu orang yang sedang menjalankan program diet, telat makan justru akan membuat program diet terganggu. Selain rentan mengalami penyakit lambung, nyatanya telat makan juga akan mengganggu kerja organ tubuh lainnya.

Resiko Sering Telat Makan

Inilah Resiko sering telat makan yang dilansir oleh sehatreceh.

1. Berat badan turun secara tidak sehat

Kamu mungkin bahagia karena berat badan turun, tapi sayangnya cara ini nggak sehat. Sebagian lemak akan dibakar lebih banyak karena tidak ada makanan yang bisa dicerna dan diubah menjadi energi. Tapi bukan lemak saja yang dibakar, namun otot juga. Sayangnya, kehilangan otot tubuh membuat tubuh lemah.

2. Maag dan asam lambung naik

Resiko sering telat makan
Suara.Com

Karena makanan adalah sumber energi tubuh, ketika kamu melewatkan makan, tubuh jadi lemas dan pucat tak berenergi. Sedangkan lambung tetap memproduksi asam yang digunakan untuk memecah makanan. Pada akhirnya kamu menyakiti dinding lambung dan menimbulkan penyakit seperti maag atau naiknya asam lambung.

3. Kenaikkan berat yang tidak sehat

Jika berat badan tidak turun, makan justru akan naik. Melewatkan jam makan hanya akan membuatmu ingin makan lebih banyak dan berlebihan. Pada akhirnya semua makanan itu akan segar diubah menjadi lemak sehingga menimbulkan kenaikkan berat badan.

4. Otak tidak bisa berkonsentrasi

Tidak adanya makanan bisa menganggu fungsi otak dalam hal mengingat, konsentrasi dan menjaga emosi. Tubuh membutuhkan nutrisi penting untuk mengembalikan kekuatan otak. Tubuh juga semakin lemas, dan pada akhirnya kamu tidak termotivasi melakukan apa pun.


Baca Juga :


 

Tips aman ketika telat makan, lakukanlah hal-hal sebagai berikut :

Ketika telat makan dan merasakan nyeri di perut, usahakan jangan langsung mengkonsumsi makanan yang berat, sepeti nasi, usahakan dulu dengan makanan yang bersifat lembut atau yang berasa manis, seperti teh manis hangat, karena pada saat itu mungkin saja asam di lambung masih tinggi dan dengan meminum sedikit yang manis. Asam lambung nya bisa sedikit turun, atau dengan mengawali deangan makanan yang bersifat lembut dengan tujuan agar perut tidak terlalu berat bekerja karena sebelumnya dalam keadaan tidak fit.

Setelah beberapa menit atau kira-kira setengah jam kemudian cobalah untuk makan makanan yang agak berat seperti nasi, guna untuk mengisi kekosongan karena telat makan tadi. Jangan dulu memakan makanan yang bersifat asan atau pedas, karena di khawatirkan akan meningkatkan asam lambung kita, dan semakin memperparah konsdisi perut.

Itulah Resiko sering telat makan. Jangan korbankan kesehatan ya sobat, hanya karena hal sepele menunda makan.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar