Resiko Berbahaya Makan Roti Setiap Hari


SoPasti.Com – Makan roti tiap hari terkadang dilakoni sebagian masyarakat Indonesia sebagai pengganti konsumsi nasi. Roti biasanya digunakan di pagi hari sebagai menu sarapan. Resiko Berbahaya Makan Roti Setiap Hari. Tak hanya lezat, sebagai makanan pokok roti tentunya juga mengenyangkan. Sebab itu pula, banyak masyarakat yang menyukai makanan dengan bahan dasar tepung dan ragi ini.

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat. Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Dan dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi “fresh” yang dikemas rapi dalam plastik.

Kini makanan olahan tertua di dunia ini hadir dengan berbagai bentuk. Ada yang tawar, ada pula yang manis dan asin. Sehingga, masyarakat mempunyai banyak pilihan roti yang bisa disesuaikan dengan selera. Namun, kehadiran roti juga memunculkan sejumlah fakta dan mitos di masyarakat. Selain disebut bisa menyebabkan gemuk, roti juga tak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Resiko Berbahaya Makan Roti Setiap Hari

Resiko Berbahaya Makan Roti Setiap Hari
Seratus.id

Lantas, bahayanya bagi tubuh jika makan roti tiap hari? Ini dia penjabarannya:

1. Kurang Nutrisi

Walau dikenal sebagai pengganti nasi, ternyata roti putih diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Mengingat selembar roti putih tidak dapat memenuhi asupan protein dan vitamin untuk tubuh.

2. Mudah Cepat Lapar

Bahkan rasa kenyang akibat mengkonsumsi roti tidak bertahan lama dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Mengkonsumsi roti saat sedang lapar justru akan membuat anda semakin merasa lapar.

3. Mudah Timbul Lendir

Roti dibuat dari bahan-bahan yang memiliki kemampuan alami untuk membentuk lendir di dalam tubuh. Akibatnya, orang-orang sering kesulitan bernapas, karena lendir tersebut menyebabkan sesak. Selain itu, kondisi tersebut bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang parah, terutama pada anak-anak

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Sistem pencernaan memang mudah mencerna roti dan memasuki aliran darah sebagai glukosa. Namun ini menyebabkan lonjakan yang cukup cepat dalam gula darah dan insulin.

5. Kadar Sodium Tinggi

Selain itu roti putih juga mengandung kadar sodium dan natrium yang sangat tinggi. Secara tidak langsung kandungan garam yang tinggi dalam tubuh berpotensi besar memicu timbulnya penyakit jantung.


Baca Juga :


6. Menambah Berat Badan

Bagi kalian yang sedang menjalani program diet dan berpikir menggantinya dengan roti, nampaknya keputusan tersebut salah. Mengingat roti memiliki jumlah asupan kalori yang lebih besar jika dikonsumsi setiap hari.

7. Kecanduan

Laporan dari National Institute of Health di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa roti mengandung gluten yang menyebabkan kecanduan jika dikonsumsi rutin. Akibatnya, seseorang menjadi pecandu sampai batas tertentu dan itu buruk dalam segala bentuk masalah kesehatan.

Itulah Resiko Berbahaya Makan Roti Setiap Hari. Jangan sering-sering ya sobat.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar