Corsair telah bergabung dengan jajaran produsen RAM yang bersiap untuk rilis mendatang dari prosesor Intel Alder Lake. Perusahaan mengumumkan bahwa persiapan sedang berlangsung dan kita dapat berharap untuk melihat modul RAM DDR5 baru diluncurkan akhir tahun ini. Corsair juga mengungkapkan bandwidth dan kapasitas yang diharapkan dari memory stick DDR5 baru, menjanjikan kinerja yang tidak seperti yang pernah kita lihat di era DDR4.

RAM DDR4 bekerja dengan baik, tetapi dengan CPU generasi berikutnya, RAM sedang dalam proses. Corsair mengklaim bahwa kita akan melihat peningkatan besar-besaran dalam kecepatan dan kapasitas memori. Dibandingkan dengan salah satu modul RAM DDR4 3200MHz Corsair, stick 6400MHz DDR5 yang baru diumumkan merupakan peningkatan yang luar biasa.

Dalam contoh model DDR4 3200MHz yang disebutkan di atas versus 6400MHz DDR5, pabrikan mengharapkan peningkatan bandwidth memori dari 26GB/s ke frekuensi yang jauh lebih tinggi yaitu 51GB/s. RAM DDR5 juga dikatakan berjalan pada kecepatan clock dasar 4800MHz, tetapi teknologinya diharapkan mendukung hingga 8400MHz.

Corsair juga mengumumkan bahwa kapasitas satu batang RAM akan menjadi empat kali lipat. RAM DDR4 memiliki kapasitas maksimum 32GB per DIMM (modul memori dual in-line), tetapi DDR5 baru dapat mendukung hingga 128GB. Peningkatan ini belum menjadi keharusan untuk standar kita saat ini, tetapi ini membuka jalan untuk peningkatan di masa mendatang dan akan mencegah kemacetan pada PC kelas atas.

Menurut Corsair, peningkatan bandwidth di DDR5 akan membuat penggunaan bus memori lebih baik sementara kapasitas besar akan memungkinkan PC Anda menangani lebih banyak tugas sekaligus. Ini membuat DDR5 sangat menarik bagi para streamer dan pembuat konten.

Dengan CPU Intel Alder Lake baru yang akan dirilis pada akhir tahun 2021, Corsair bekerja untuk memenuhi tenggat waktu dan mempersiapkan RAM DDR5 baru pada waktunya untuk prosesor Intel generasi ke-12.

Pengguna AMD kemungkinan harus menunggu lebih lama untuk mencoba teknologi DDR5 yang baru, karena generasi berikutnya dari CPU AMD, Zen 4, dikabarkan akan rilis lebih lama lagi, pada paruh kedua tahun 2022.

via Pemmzchannel