Investasi, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara mengangkat Sigit P. Santoso sebagai Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad (Persero). 

Sigit ditetapkan sebagai direktur Pindad berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN selaku RUPS Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pindad nomor: SK-284/MBU/08/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pindad. 

Posisi yang ditempati Sigit itu sebelumnya diemban oleh Ade Bagdja. Lalu bagaimana profil Sigit sehingga dipercaya menjadi pengampu industri senjata milik negara itu? 

Dilihat dalam laman profil Linkedin-nya, Sigit saat ini menjadi dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sigit berkiprah sebagai peneliti di Pusat Rekayasa Industri – ITB. 

BACA JUGA: Profil Silmy Karim, Pembalik Kinerja Krakatau Steel (IDX: KRAS)

Laman ITB juga menyebutkan, Sigit merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan LPIK). Lembaga yang menggawangi kawasan ITB Science and Techno Park. 

ITB mengelompokkan keahlian Sigit pada KK Struktur Ringan pada Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di ITB pada 1991, Sigit kemudian menempuh pendidikan master dan doktoralnya di Massachusetts Institute Of Technology, Massachusetts – Amerika Serikat.

Sigit sendiri tercatat memiliki sejumlah hak kekayaan intelektual (HKI) atau paten mulai dari Sasis Bus Listrik hingga kursi anti ranjau kendaraan tempur.

BACA JUGA: Profil Andi Fahrurrozi, Dirut GMFI Kepercayaan Garuda (IDX: GIAA)

DIREKSI PINDAD 2021

Bersamaan dengan penunjukkan Sigit, Menteri BUMN juga menunjuk Triyana sebagai Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Pindad, RUPS juga mengubah nomenklatur Direktur Keuangan & Administrasi menjadi Direktur Keuangan & Manajemen Risiko. 

Dengan demikian direksi yang diberhentikan oleh Erick Thohir Suharyono sebagai Direktur Bisnis Produk Industrial, Wildan Arief sebagai Direktur Keuangan & Administrasi, serta Ade Bagdja sebagai Direktur Teknologi & Pengembangan. 

Dengan pengangkatan dan pemberhentian itu, maka jajaran direksi Pindad terbaru adalah: 

  • Direktur Utama: Abraham Mose
  • Direktur Keuangan & Manajemen Risiko: Triyana
  • Direktur Teknologi & Pengembangan: Sigit P. Santosa
  • Direktur Bisnis Produk Pertahanan dan Keamanan: Wijil Jadmiko Budi
  • Direktur Strategi Bisnis: Syaifuddin

via tempias