Tubuh Anda tidak dapat hidup tanpa oksigen yang Anda hirup dari udara. Tetapi jika Anda memiliki penyakit paru-paru atau kondisi medis lainnya yang berhubungan dengan gangguan pernapasan, Anda mungkin tidak merasa cukup. Hal itu dapat membuat Anda sesak napas dan menyebabkan masalah pada jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Dokter akan memberi Anda resep yang menjelaskan berapa banyak oksigen yang Anda butuhkan per menit dan kapan Anda perlu mendapatkannya.

Beberapa orang mungkin membutuhkan terapi oksigen hanya saat mereka berolahraga atau tidur atau mungkin membutuhkannya sepanjang hari. Dokter akan mengetahui berapa banyak oksigen ekstra yang Anda butuhkan setelah mereka memeriksa kadar oksigen dalam darah melalui pulse oximeter.

Ada beberapa cara untuk menghirup oksigen konsenstrator, Anda dapa menggunakan seperti dengan:

Selang Kanula Hidung. Selang ini terbuat dari plastik lembut dengan dua cabang kecil di salah satu ujungnya. Penggunaannya melalui hidung dan selang menempel di telinga untuk menahannya. Ujung selang lainnya terhubung ke suplai oksigen Anda. Selang kanula hidung memberikan oksigen yang stabil. Ini bisa mengeringkan hidung Anda sedikit.

Masker. Ini pas di mulut dan hidung Anda. Masker dapat membuat Anda sulit untuk berbicara, dan Anda tidak dapat memakainya saat Anda makan atau minum. Biasanya, Anda akan menggunakan masker untuk mendapatkan oksigen tingkat tinggi.

Perbandingan Oksigen Konsentrator GEA 5 liter, 8 liter dan 10 liter

Apa Itu Oksigen Konsentrator?

Sebelum membahas perbandingan oksigen GEA, kita kenali dulu apa itu oksigen konsentrator. Oksigen konsentrator adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk mengirimkan oksigen kepada pasien dengan gangguan pernapasan. Pasien yang oksigen dalam darahnya lebih rendah dari biasanya seringkali memerlukan oksigen konsentrator sebagai tambahan agar dapat bernapas dengan tenang.

Umumnya, Anda tidak dapat menggunakan oksigen konsentrator dengan bebas. Seorang dokter harus meresepkannya setelah mereka menyelesaikan evaluasi medisnya. Dokter juga biasanya akan menunjukkan kepada pasien bagaimana menggunakan konsentrator secara efektif saat di gunakan di rumah atau saat bepergian.

Ada beberapa kondisi dimana seseorang dapat menggunakan terapi oksigen diantaranya termasuk:

  • Penderita asma
  • Bronkitis kronis
  • Gagal jantung kongestif
  • PPOK (penyakit paru obstruktif kronik)
  • Fibrosis kistik
  • Empisema
  • Kanker paru-paru
  • Radang paru-paru
  • Fibrosis paru
  • Apnea tidur
  • dan gangguan pernapasan lainnya

Baca artikel lainnya

GEA Oxygen Concentrator – Mesin Penghasil Oksigen

Anda bisa mendapatkan oksigen konsentrator dengan beberapa cara. Pilihan terbaik untuk Anda bergantung pada seberapa banyak yang Anda butuhkan, gaya hidup Anda, dan hal lainnya. GEA sebagai brand alat kesehatan ternama mengeluarkan produk oksigen konsentrator yang andal yaitu GEA tipe 7F-5, 7F-8 dan 7F-10. Alat ini merupakan alat penghasil oksigen atau penyaringan oksigen yang diambil dari udara di sekeliling hingga 90% tanpa memerlukan tabung oksigen menjadi oksigen siap hirup.

oksigen konsentrator merk GEA ini ditujukan untuk penggunaan individu di rumah. Ini adalah perangkat yang dioperasikan secara elektronik yang memisahkan oksigen dari udara ruangan. ini memberikan konsentrasi oksigen yang tinggi langsung ke pasien melalui kanula hidung. Untuk fungsi lainnya Oksigen konsentrator GEA juga memiliki fungsi nebulisasi yang dapat digunakan oleh penderita asma.

Dengan kapasitas yang besar hingga 5 sampai 10 liter menjadikan oksigen konsentrator ini andal dan dapat digunakan oleh pasien dirumah.

Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini adalah tabel perbandingan oksigen konsentrator GEA dengan kapasitas 5 liter, 8 liter dan 10 liter.

Perbandingan Oxygen Concentrator GEA

Sumber Referensi :
https://www.webmd.com/lung/lung-home-oxygen-therapy

via galerimedika