Penyebab Pilek yang harus Anda ketahui


Artikel ini membahas Penyebab Pilek yang harus Anda ketahui. Pilek, biasa juga dikenal sebagai nasofaringitis, rinofaringitis, koriza akut, atau selesma, merupakan penyakit menular yang disebabkan virus pada sistem pernapasan yang terutama menyerang hidung.

Penyebab Pilek yang harus Anda ketahui

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya pilek, diantaranya sebagai berikut :

  • Rinitis Alergi

Rinitis alergi ini diakibatkan oleh alergen (benda benda yang dapat memicu alergi), seperti debu, kapuk, serangga, erbuk bunga, bulu binatang dan lain-lain. Keluhan atau gejala yang ditimbulkan seperti bersin-bersin, rasa gatal dihidung, pilek yang biasanya kambuh pada pagi hari.

  • Influenza

Penyebab Pilek yang harus Anda ketahui

Gejala Influenza atau flu keluhannya hampir serupa dengan selesma, namun biasanya gejalanya dirasa lebih berat dan berupa demam tinggi, sakit tenggorokan, nyeri otot, batuk, hidung tersumbat, lemah, nyeri otot dan sakit kepala. Timbulnyan flu ini disebabkan oleh virus influenza tipe A, yaitu merupakan jenis virus yang sering terjadi serta dapat menimbulkan pneumonia. Penularan virus ini ditularkan melalui udara setelah 1 hari terinfeksi.

  • Suhu Dingin

Pada saat berada pada suhu udara dingin, udara kering dapat mengiritasi lapisan mukosa hidung. Kemudian kelenjar hidung akan merespon  yaitu dengan cara mengeluarkan cairan yang berfungsi agar hidung tetap lembap.

  • Rinitis Vasomotor / rinitis Non Alergi

Ini adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami pilek secara tiba-tiba serta tidak terdapat masalah ataupun keluhan alergi. Yang jadi penyebab terjadinya gejala in yaitu makanan pedas, parfum, perubahan udara dan pemicu lainnya.

Baca Juga :

  • Selesma

Selesma adalah infeksi yang terjadi pada saluran nafas bagian atas. Gejala yang ditimbulkan selesma pun lebih ringan dibanding dengan flu serta tidak menyebabkan komplikasi serius dan akan lebih cepat membaik sekitar 3 sampai 7 hari. gejalanya berupa bersin, batuk, pilek kadang disertai dengan demam ringan.

  • Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan atau infeksi pada rongga sinus mengakibatkan sinusitis. Gejala yang ditimbulkan berupa nyeri pada wajah apabila ditekan, rasa sakit pada dahi pada saat sujud dan membungkuk, terjadi gangguan penciuman, demam, pilek yang disertai lendir berwarna hijau atau kuning dan lainnya. Tindakan untuk mengobati penyakit ini yaitu pemberian antibiotik da dekongestan, bahkan pada kasus yang berat dibutuhkan tindakan lanjut yaitu operasi.

Itulah Penyebab Pilek yang harus Anda ketahui Kesimpulannya  dari penyebab pilek yaitu alergi, selesma dan influenza yang merupakan pemicu pilek yang sering muncul. Gejala Pilek ini biasanya dapat hilang  dengan sendirinya tanpa harus diobati

 


Pastikan Komentar