Penyebab Menstruasi Tidak Teratur


Penyebab Menstruasi Tidak Teratur. Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal.

Menstruasi tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat atau lebih cepat saat haid. Dalam banyak kasus, siklus menstruasi yang tidak teratur ini terkait dengan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc siklus haid umumnya dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Normalnya, siklus haid berlangsung setiap 21-35 hari, dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Apabila siklus haid terjadi di luar batas-batas wajar tersebut di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Baca Juga : 9 Penyebab Mimisan

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan siklus menstruasi Anda tidak teratur.

  • Olahraga atau diet ekstrem

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur yang pertama. Diet atau olahraga yang berlebihan hingga menyebabkan berat Anda turun secara drastis dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas.

Stres kronis atau bahkan hanya kegelisahan jangka pendek dapat mendatangkan masalah pada keseimbangan hormon di tubuh Anda. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan siklus menstruasi Anda tidak teratur.

  • Pil KB

Pil KB dapat membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur (bisa menjadi lebih cepat atau lebih lama). Biasanya Pil KB dikonsumsi orang yang akan berangkat umrah untuk menahan siklus menstruasi.

  • Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Adalah sebuah kondisi dimana terdapat kista di ovarium yang mengganggu proses ovulasi saat haid. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur. Selain menyebabkan kemandulan, PCOS dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga : Inilah yang Terjadi Ketika Anda Mengalami Stroke

Saat remaja, siklus menstruasi mungkin tidak selalu sesuai dengan jadwal haid setiap bulannya. Seiring pertambahan usia, siklus haid akan menetap dan lebih teratur. Namun, mendekati masa menopause, siklus haid akan kembali tidak teratur akibat adanya perubahan hormon.

  • Gangguan tiroid

Saat kadar hormon tiroid di tubuh Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi siklus menstruasi Anda pun menjadi tidak teratur.

Perlu Anda ketahui, siklus yang tidak teratur juga bisa membuat Anda lebih sulit untuk hamil, terutama jika Anda tidak berovulasi setiap bulan. Selain itu, bila seorang wanita tidak sedang menyusui atau menggunakan KB hormonal, menstruasi yang tidak teratur perlu ditelusuri lebih lanjut dengan pemeriksaan penunjang seperti USG.

Itulah Penyebab Menstruasi Tidak Teratur. Jadi, jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.[klikdokter]


Pastikan Komentar