AMD dikabarkan masih dalam pengembangan CPU terbaru mereka berbasis arsitektur Zen 4. Seperti diketahui, CPU tersebut akan memiliki kode Raphael dimana merupakan sebuah platform CPU yang benar-benar baru dari AMD.

Jika sebelumnya AMD menggunakan soket AM4, untuk CPU Raphael ini mereka akan menggunakan soket AM5. Mereka juga akan menggunakan tipe CPU LGA, bukan PGA seperti di berbagai CPU mainstream berbasis AM4 lainnya.

Tapi, para penggemar teknologi banyak yang bertanya-tanya, apakah dengan kehadiran soket ini mereka harus membeli pendingin baru. Hal ini dikarenakan soket AM4 dan AM5 akan memiliki banyak perbedaan.

Namun, dalam sebuah bocoran yang hadir dari tim peretas Gigabyte, para penggemar teknologi tak perlu khawatir. Soalnya, dudukan pendingin soket AM5 disebut akan sama dengan dudukan pendingin soket AM4.

Hal ini membuat para pemilik platform AM4 tidak perlu membeli pendingin baru saat mereka ingin beralih ke platform AM5. Tentu saja, ini merupakan sebuah kabar yang cukup menggembirakan.

Selain itu, beberapa kabar terbaru terkait dengan soket AM5 lain juga mulai bermunculan. Salah satunya adalah TDP untuk berbagai CPU berbasis Raphael. Mereka akan memiliki prosesor dengan TDP mulai dari 45W hingga 170W.

Untuk prosesor dengan TDP 45W dan 65W hanya membutuhkan pendinginan dasar dan termasuk dalam kategori SR1. SKU 95W termasuk dalam kelompok SR2a, yang mungkin membutuhkan pendingin yang sedikit lebih besar, bersama dengan SKU SR4 105W.

Di luar itu, ada juga detail model dengan TDP 120W dan 170W. AMD menyarankan penggunaan “pendingin udara ukuran sedang” untuk prosesor dengan TDP 120W, yang seharusnya masih dalam kisaran pendingin sederhana seperti Hyper 212 Evo.

Sedangkan untuk prosesor dengan TDP 170W, AMD merekomendasikan pengguna untuk menggunakan solusi liquid cooling dengan luas radiator 280mm atau lebih.

via Pemmzchannel