Samsung Juga Kena Imbas Kekurangan Chipset

SoPasti.Com

Kekurangan chipset di seluruh dunia telah mencapai para produsen SSD. Bukan hanya perakit SSD rendah-menengah saja yang terpengaruh, namun para vendor kelas atas pun ikut terpengaruh.

Sebelumnya, beberapa vendor seperti Adata, Patriot, Crucial, dan Western Digital telah mengganti bagian dari beberapa SSD mereka. Kini giliran Samsung yang telah mengganti beberapa komponen di SSD mereka.

Kekurangan chipset telah memaksa Samsung untuk mengganti komponen pada 970 Evo Plus. Hal ini terlihat dari orientasi desainnya sedikit berbeda, dimana versi baru terlihat sedikit lebih memiliki desain vertikal, sedangkan versi lama menggunakan desain horizontal.

Nomor bagian juga berbeda dan akan membantu pelanggan membedakan satu revisi dari yang lain. Versi baru diberi label dengan nomor bagian MZVL21T0HBLU dan versi lama menggunakan nomor bagian MZVLB1T0HBLR.

Jika Anda melihat lembar data Samsung 970 Evo Plus 2019 dan 2021 secara berdampingan, Anda dapat melihat bahwa kinerja berurutan dan acak drive tetap utuh. Namun, jelas bahwa Samsung mengubah pengontrol SSD pada versi baru.

Sementara tabel spesifikasi asli dengan bangga menyebutkan pengontrol Phoenix SSD, versi yang direvisi secara tidak jelas menentukan pengontrol “in-house”. Lembar data sebelumnya mendefinisikan kinerja penulisan berurutan dan acak ketika ukuran buffer TurboWrite terlampaui pada catatan kaki nomor 4.

Samsung menghapus nilai pada lembar data baru, yang dapat mengirimkan sinyal yang salah kepada konsumen. Pada tingkat perangkat keras, 970 Evo Plus asli menggunakan pengontrol Phoenix Samsung (S4LR020) dan 92-layer 3D TLC NAND flash dengan pengenal K9DUGY8J5B-DCK0.

Sementara itu, di 970 Evo Plus baru, di sisi lain, menggunakan pengontrol Elpis (S4LV003). Akan ada perbedaan di bidang performa, namun disebutkan perbedaan ini akan sangat kecil dan tidak akan terlihat oleh pelanggan umum.

via Pemmzchannel

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.