Mengapa Anda Harus Menggunakan WordPress?

SoPasti.Com

Seringkali pengguna baru WordPress bertanya. Mengapa saya harus menggunakan WordPress? Tidak cukup situs lama saya yang baik? Mengapa saya harus beralih ke WordPress? Jika Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Mengapa Anda Harus Menggunakan WordPress?

Mengapa Anda Harus Menggunakan WordPress?

Pada artikel ini, Saya telah mengumpulkan beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan WordPress, untuk membangun situs jenis apa dengan WordPress, dan siapa saja yang telah menggunakan WordPress.

Orang sering membuat kesalahan dengan mengelompokkan WordPress hanya sebagai platform blogging. Meskipun kenyataanya di awal WordPress memang dibuat khusus untuk platform blogging, Tapi WordPress telah berkembang dari tahun ke tahun menjadi Content Management System serbaguna (CMS) dengan fitur lengkap yang luar biasa.

Loading…

Meskipun Anda masih dapat menggunakan WordPress untuk membuat blog sederhana, sekarang juga memungkinkan Anda untuk membuat website yang berfungsi penuh untuk berbagai tujuan baik itu untuk situs blog, berita, portfolio, forum maupun toko online dan ini juga berfungsi baik untuk mobile.

Bagian terbaik tentang WordPress adalah bahwa WordPress sangat mudah digunakan dan cukup fleksibel untuk apa saja. Itulah alasan utama mengapa WordPress telah tumbuh begitu cepat dalam popularitas. Menurut survei terbaru, WordPress menguasai hingga 42% dari semua situs di internet.

Karena WordPress memiliki banyak fitur yang kuat, sehingga banyak situs besar menggunakan WordPress untuk sumber daya situs Web mereka, beberapa situs besar yang menggunakan WordPress untuk websitenya adalah Time Magazine, Sony, Disney, The New York Times, CNN, dan banyak lagi.

Baca : Blog Terkenal yang dibangun dengan WordPress

Daftar Isi

Berikut alasan mengapa Anda harus menggunakan WordPress

Dibawah ini adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu menggunakan WordPress jika ingin membuat website dan menghilangkan keraguan tentang WordPress sebagai platform yang remeh. Ini benar-benar platform web yang kuat yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai macam situs web sesuai keinginan Anda.

WordPress adalah Gratis

emeritus tema wordpress pendidikan

emeritus tema wordpress pendidikan

Loading…

WordPress adalah perangkat lunak gratis, ini berarti Anda bebas untuk men-download, menginstal, menggunakan dan memodifikasi, silahkan untuk download WordPress di situs resminya WordPress.org. Anda dapat menggunakannya untuk membuat jenis website apapun. Hal ini juga open source yang berarti source code dari software ini tersedia untuk setiap orang untuk belajar, memodifikasi dan bermain dengan code-code nya karena sumber code benar-benar 100% terbuka untuk pengguna.

Saat itu ada puluhan ribu tema WordPress dan ribuan plugin yang tersedia secara gratis maupun premium. Anda dapat men-download, menginstal dan menggunakannya pada situs web apapun untuk meningkatkan fungsionalitas dari WordPress itu sendiri.

Untuk menjalankan WordPress, yang Anda butuhkan adalah domain dan server web hosting terbaik. Saya merekomendasikan bagi Anda yang ingin menjalankan website dengan WordPress untuk menggunakan hosting dan membeli domain di Niagahoster atau IDCloudhost karena keduanya menawarkan pengguna domain gratis dan memberikan diskon hosting sampai 50% dari harga. atau anda bisa memilih beberapa hosting yang juga sangat di rekomendasikan di link dibawah ini.

Baca : 10 Hosting terbaik dan Murah atau silahkan Deals

Mengapa WordPress gratis?

Karena sifat open source, WordPress adalah sebuah perangkat lunak yang dibangun oleh komunitas. Hal ini dikelola oleh sekelompok besar relawan mayoritas dari mereka adalah konsultan WordPress dengan minat aktif dalam menumbuhkan dan memelihara WordPress. Siapapun dapat berkontribusi untuk WordPress dengan menulis code, menjawab pertanyaan dukungan, membuat plugin, membuat tema, menerjemahkan WordPress dan memperbarui dokumentasi.

Dengan menggunakan WordPress Anda menjadi bagian dari komunitas yang mengagumkan. Anda mendapatkan dukungan gratis dari anggota komunitas lainnya, men-download plugin gratis dan tema, dan setelah Anda memiliki sedikit pengalaman dengan WordPress Anda bahkan dapat memberikan kontribusi kembali kepada para komunitas.

WordPress Mudah digunakan dan di pelajari

WordPress digunakan oleh jutaan orang dan hampir setiap hari orang-orang baru yang bergabung dengan komunitas WordPress dengan membuat website WordPress pertama mereka. Alasan mengapa orang cepat beradaptasi dengan WordPress adalah karena cukup mudah digunakan.

Selain itu, karena WordPress merupakan platform open source maka siapa saja dapat melihat kode dan mempelajarinya secara bebas. Dengan komunitas yang besar, jika menemui kesulitan bisa langsung bertanya pada komunitas sehingga banyak yang akan membantu dalam memecahkan solusi untuk Anda.

Blog centerklik juga memiliki banyak artikel yang ditulis khusus untuk pengguna WordPress tingkat pemula. Saya memiliki langkah rinci langkah panduan tentang cara menginstal WordPress dan ratusan tutorial WordPress untuk anda gunakan belajar.

Tema dan Plugin WordPress

Kebanyakan orang yang menggunakan WordPress adalah web designer atau programmer. Tapi fakta kebanyakan orang mulai menggunakan WordPress tanpa pengetahuan sebelumnya dalam merancang situs web.

Loading…

Alasan mengapa WordPress adalah sebuah calon yang ideal karena ada ribuan tema gratis yang bisa anda guanakan, sehingga Anda dapat membangun website anda dengan tampilan dan fungsi sesuai keinginan anda. Ada tema WordPress untuk segala macam jenis website. Apakah Anda ingin menggunakan fotografi, tema majalah, tema portofolio, atau tema eCommerce untuk toko online Anda. Banyak sekali tema WordPress yang gratis dan dengan desain terbaik bisa anda download dan gunakan.

Theme WordPress mudah untuk disesuaikan karena banyak dari mereka datang dengan pilihan panel pengaturan mereka sendiri yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna, upload logo, perubahan latar belakang, membuat slider yang indah, dan melakukan hal-hal menarik lainnya dengan situs web Anda tanpa perlu menulis kode apapun sama sekali.

WordPress super fleksibel dan dapat dikembangkan dengan menggunakan plugin. Sama seperti tema, ada ribuan plugin gratis dan premium yang tersedia untuk Anda gunakan (Apa itu plugin?). Plugin juga dapat menambah fungsionalitas tambahan untuk WordPress, ada banyak plugin yang dapat menambah fungsionalitas platform baru untuk situs WordPress Anda.

Ada banyak plugin populer gratis bisa Anda temukan di WordPress.org baik itu untuk optimasi SEO, slider, backup, keamanan, formulir, forum, toko online, terjemahan dan masih banyak lagi.

WordPress di Cintai Mesin Pencari

WordPress ditulis menggunakan kepatuhan standar kode berkualitas tinggi dan menghasilkan semantik mark up yang membuat situs Anda sangat menarik untuk mesin pencari.

WordPress di buat oleh para ahli yang benar-benar fokus pada perkembangan web, jadi mereka sangat memahami bagaimana seharusnya WordPress menjadi juara di hasil pencarian.

WordPress sangat SEO friendly, dan Anda dapat membuatnya lebih ramah terhadap mesin pencari dengan optimasi SEO menggunakan plugin WordPress SEO maupun bisa menggunakan plugin all in one seo. Anda dapat memahami cara untuk meningkatkan SEO situs Anda degan membaca beberapa tips SEO WordPress untuk pemula yang sudah ada di artikel blog ini.

WordPress Mudah Untuk Kelola

WordPress dilengkapi dengan built-in updater yang memungkinkan Anda untuk memperbarui plugin dan tema dari sisi dalam WordPress Anda pada admin dashboard. WordPress juga memberitahu Anda bila ada versi baru dari WordPress baik itu update untuk inti WordPress, plugin dan tema.

Sehingga Anda dapat memperbaruinya dengan hanya mengklik sebuah tombol update dan segala hal yang perlu diperbarui akan mendapatkan versi terbarunya dengan cepat dan mudah. Anda dapat menyimpan semua konten WordPress Anda aman dengan membuat Backup WordPress secara mandiri maupun dengan menggunakan plugin.

WordPress kuat dan Aman

WordPress dikembangkan dengan keamanan yang tinggi, sehingga dianggap sangat aman untuk menjalankan situs web apapun diatas WordPress. Namun, seperti dunia nyata, internet dapat menjadi tempat yang tidak pasti. Jadi pastikan untuk melakukan setup yang tepat dengan mengikuti panduan-panduan yang benar agar WordPress aman dari hacking.

Banyak hacker di dunia internet yang sangat ingin menguasai sebanyak-banyaknya website, apalagi WordPress adalah platform web terpopuler sehingga menjadi sasaran para hacker untuk selalu mencari titik lemah dari WordPress itu sendiri. Dalam hal keamanan Pada website saya untuk menghindari masalah kerentanan keamanan, maka saya  menggunakan iThemes Security dan juga menangkal malware dengan menggunakan CDN gratis Cloudflare.

Baca : 10 cara meningkatkan security WordPress

WordPress Mendukung Berbagai Jenis Media

Menggunakan WordPress Anda tidak hanya terbatas pada menulis teks saja. WordPress muncul dengan built-in support untuk menangani gambar dari berbagai jenis file ekstensi baik jpg, png, gif, webp dan lainnya. WordPress juga mendukung file audio, dan bahkan konten video. Anda juga dapat menggunakan untuk dokumen atau manajemen file yang terletak di library WordPress yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam manajemen file.

WordPress mendukung oEmbed website yang berarti Anda dapat menanamkan video dari berbagai sumber seperti YouTube,  Instagram, Tweets, Facebook dan audio SoundCloud dengan hanya menyisipkan URL di postingan Anda. Anda bahkan dapat memungkinkan pengunjung Anda untuk memasang video dalam komentar WordPress.

WordPress Mendukung Page Builder

WordPress terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan editor dengan kemampuan yang luar biasa, Anda bisa membuat berbagai macam layout dengan fungsinya dengan mudah hanya seret dan lepas. Editor baru WordPress yang bernama Gutenberg ini memudahkan bagi pengguna dalam membuat halaman yang indah sesuai keinginan pengguna tanpa perlu menambahkan kode.

Selain itu, WordPress juga mendukung pembuat halaman atau page builder pihak ketiga seperti elementor, divi dan lainnya. Sehingga Anda bisa benar-benar membuat situs web sesuai dengan inpirasi dan keliaran kreatifitas Anda. Dengan adanya Page builder ini, semua menjadi serba mudah berbeda dengan ketika page builder belum tersedia yang mana Anda harus membuat kode kustom untuk membuat jenis halaman tertentu.

WordPress digunakan untuk jenis situs Apa?

WordPress dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website. Hal ini terbuka untuk kemungkinan, seperti halnya situs saya, tidak sepenuhnya blog melainkan juga website yang digunakan untuk bisnis. Anda dapat menggunakan WordPress untuk membuat web seperti berikut:

  • Arcade
  • Blog
  • Content Management System (CMS)
  • Galeri
  • Pendidikan
  • Kursus online
  • Musik
  • Berita
  • Portfolio
  • Penilaian Situs
  • Toko Online
  • Koleksi Video
  • Forum
  • Dan masih banyak lagi

Dan itulah beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan WordPress untuk website Anda. Jangan pernah ragu untuk memilih WordPress karena ini platform web yang populer dengan berbagai macam kelebihan, sudah terbukti bahwa 42% web di dunia ini dibangun dengan WordPress.

Loading…

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

via centerklik

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.