BIOS (Basic Input Output Sistem): Pengertian, Fungsi dan Cara Update

SoPasti.Com

Apakah kalian tau apa itu BIOS dan fungsinya untuk apa? Artikel berikut ini akan membahas tentang pengertian BIOS dan fungsinya. Basic Input Output System atau yang sering disebut dengan BIOS banyak yang beranggapan bahwa BIOS mengontrol sestem input dan output.

Tetapi sebenarnya BIOS melakukan jauh lebih banyak hal, dan tidak mungkin system operasi melanjutkan fungsinya tanpa BIOS yang tepat. BIOS sudah ada mulai dari jaman Disk Operating Sistem atau yang sering disebut DOS.

Daftar Isi

Pengertian BIOS Beserta Fungsinya

Apa itu BIOS? BIOS (Basic Input Output Sistem) adalah sebuah firmware. Perangkat ini disimpan pada chip dalam motherboard computer. Dan pada dasarnya satu set instruksi yang dijalankan untuk membantu memuat system operasi.

Ketika kamu menghidupkan komputer, maka instruksi BIOS akan langsung dimulai. Instruksi ini membantunya memeriksa RAM dan Prosesor untuk mencari kesalahan yang ada di komputer kamu.

BIOS memeriksa setiap komponen komputer untuk melihat apakah semua komponen sudah berfungsi secara normal. Setelah memeriksa RAM dan Processor, maka BIOS akan memeriksa perangkat lain yang terintegrasi ke komputer.

Lalu, BIOS akan mendeteksi hardware yang terinstal. Termasuk mouse, keyboard, kemudian memeriksa opsi boot. Opsi ini diperiksa dalam urutan yang dikonfigurasi di BIOS kamu. Boot dari Hard drive , boot dari LAN, boot dari CD-ROM, dan lain-lain.

Perubahan paling umum yang dilakukan orang di BIOS adalah mengubah BOOT ORDER. Saat komputer berada dibooting, tekan tombol DEL pada keyboard kamu untuk dapat masuk ke BIOS. Dari sana, kamu dapat melihat baerbagai opsi yang dikelompokan di bawah tajuk yang berbeda.

Gunakan Tab dan tombol panah untuk menavigasi, kadang tombol Page Up dan Page Down diperlukan untuk mengubah nilai item penting. Setelah selesai, kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.

Biasanya ditampilkan di kanan atau bawah layar, sehingga kamu tahu tombol apa yang harus ditekan untuk menyimpan atau membuang perubahan. Opsi juga menentukan kunci apa yang digunakan untuk mengubah nilai.

Fungsi BIOS

Fungsi utama BIOS adalah memberikan intruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Self Test). Apa itu POST? POST adalah perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Harddisk dan pada hardware lainnya saat komputer pertama kali booting.

Cara Memperbarui BIOS di komputer/Laptop

Untuk membuat komputer berfungsi dengan perangkat ini, BIOS harus ditingkatkan, jika system operasi kamu gagal mendeteksi perangkat baru, mungkin karena BIOS tidak tahu cara mengatasinya. Jika kamu menghadapi masalah seperti itu, sebaiknya periksa apakah pembaruan BIOS tersedia atau tidak.

Untuk mengetahui keadaannya, kamu harus memeriksa versi BIOS terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memasuki mode BIOS pada saat boot, dengan menekan tombol DEL.

Setelah mengetahui versi BIOS komputer kamu, untuk memperbarui BIOS kamu cukup mengunjungi situs web pabrikan komputer kamu untuk melihat apakah ada versi BIOS terbaru yang tersedia. Jika ada silahkan unduh dan jalankan.

Proses ini umumnya menghapus semua informasi sebelumnya pada chip BIOS dan menulis ulang dengan informasi baru.

Dan pastikan kamu mempunyai cadangan daya yang lebih untuk mulai memutakhirkan BIOS, karena jika komputer mati selama proses berlangsung, kemungkinan BIOS akan rusak dan Anda perlu seseorang yang ahli untuk memperbaikinya.

CD/DVD boot kamu mungkin tidak membantu, tergantung bagaimana BIOS berjalan setelah system mati secara tiba-tiba saat menulis ulang BIOS.

Hal yang terpenting jika komputer kamu sudah berfungsi dengan benar maka kamu tidak perlu memperbarui atau mem-flash BIOS kamu. Sebaiknya kamu jangan memperbarui BIOS sendiri, namun jika kamu ingin memperbaruinya bawalah ke teknisi komputer yang lebih ahli untuk melakukannya.

Cukup sekian dulu artikel yang saya bahas mengenai pengertian, fungsi, dan cara memperbarui atau update BIOS secara lengkap. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke temen temen kamu jikalau membutuhkannya, akan lebih seru jika semua orang menjadi lebih pintar.

via nextekno

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.