7 Tempat Melihat Sunset di Jogja yang Memanjakan Mata, Jangan Sampai Terlewatkan Momenmu!

SoPasti.Com

Sunset atau saat matahari terbenam merupakan salah satu anugerah indah yang diberikan Tuhan. Semburat jingga di ufuk barat membuat mata terpana dan hati menjadi tenang. Jika Anda ingin berburu sunset, maka Yogyakarta adalah tempat yang pas. Ya, ada cukup banyak tempat melihat sunset di Jogja yang indah di mana bisa Anda pilih.

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu daerah destinasi wisata terbaik. Di provinsi yang terkenal dengan sebutan Kota Gudeg ini, ada cukup banyak destinasi wisata menarik, termasuk spot berburu sunset. Nah, mana saja tempat terbaik melihat sunset yang memanjakan di yogyakarta? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Daftar Isi

  • Tempat Berburu Sunset Terindah di Jogja
    • Pantai Parangtritis
    • Candi Ijo
    • Candi Ratu Boko
    • Candi Plaosan
    • Embung Nglanggeran
    • Pantai Pok Tunggal
    • Puncak Suroloyo

Tempat Berburu Sunset Terindah di Jogja

Ada cukup banyak pilihan spot berburu sunset yang akan Anda temukan di Yogyakarta. Beberapa spot berburu sunset tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Pantai Parangtritis

7 Tempat Melihat Sunset di Jogja yang Memanjakan Mata, Jangan Sampai Terlewatkan Momenmu!

Salah satu tempat melihat sunset di Jogja yang cukup terkenal adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini berada di Kabupaten Bantul dan sudah menjadi ikon objek wisata dari provinsi Yogyakarta. Memiliki lanskap yang cukup luas dengan pantai yang landai, Anda bisa melihat sunset dengan sempurna di pantai ini.

Selain spot di pantai, di sekitar Pantai Parangtritis juga terdapat landasan paralayang. Lokasi ini berada di bukit tak jauh dari pantai. Nah, Bukit Paralayang, begitu nama lain tempat ini disebut, juga merupakan spot berburu senja yang sangat menarik. Anda akan melihat senja dari atas bukit yang tidak terlalu tinggi.

Candi Ijo

tempat melihat sunset di jogja
hipwee.com

Yogyakarta bisa dikatakan memiliki cukup banyak bukti sejarah yang masih lestari hingga saat ini, terutama berbentuk candi. Salah satu candi yang terkenal sebagai spot berburu sunset di kota ini adalah Candi Ijo. Candi yang sebenarnya memiliki area yang tidak terlalu luas ini sering menjadi spot berburu sunset yang cukup istimewa.

Letaknya yang berada di ketinggian sekitar 450 mdpl, membuat Anda bisa melihat sunset dengan sempurna. Tidak hanya itu, di Candi Ijo terdapat pelataran khusus yang seolah disiapkan bagi para pengunjung untuk duduk sambil menikmati sunset yang perlahan menyapa di ufuk barat. Anda akan sangat puas jika menikmati sunset di tempat ini!

Candi Ratu Boko

tempat melihat sunset di jogja
starjogja.com

Pilihan lain dari tempat melihat sunset di Jogja yang cukup terkenal adalah Candi Ratu Boko. Ya, salah satu candi tertua di Yogyakarta ini memang sudah menjadi ikon berburu senja di Kota Gudeg. Hal ini cukup beralasan karena para pengunjung bisa menikmati senja yang sempurna dengan tambahan siluet candi yang begitu cantik.

Candi ini terletak di kawasan Prambanan, Yogyakarta. Perlu perjalanan sekitar 1 jam jika Anda berangkat dari pusat kota. Perlu diketahui bahwa meskipun Candi Ratu Boko menawarkan keindahan sunset yang begitu sempurna, Anda perlu membayar tiket sekitar 35.000 untuk memasuki kawasan candi.

Candi Plaosan

Candi lain yang juga bisa dijadikan tempat melihat sunset di Jogja yang begitu indah dan memanjakan mata adalah Candi Plaosan. Candi ini juga cukup terkenal di samping Candi Ijo dan Ratu Boko. Candi Plaosan adalah candi Buddha yang juga terletak tak jauh dari kompleks Candi Prambanan di Jalan Solo.

Nah, berburu sunset di candi ini sangat menarik. Selain sunset akan menyinari dan membentuk siluet candi yang tampak gagah, ada area persawahan di sekeliling candi yang menghadirkan pemandangan yang lebih menarik. Adanya area persawahan tersebut akan membuat Anda merasakan suasana pedesaan yang sejuk kala berburu sunset.

Embung Nglanggeran

tempat melihat sunset di jogja
idntimes.com

Embung Nglanggeran adalah spot berburu sunset di Gunung Kidul. Embung yang merupakan danau buatan ini terletak di atas bukit sehingga sunset dari tempat ini akan terlihat sangat sempurna. Tidak hanya itu, di kawasan embung juga terdapat taman bunga yang menambah keindahan pemandangan.

Pantai Pok Tunggal

Tempat berburu sunset lain yang begitu istimewa adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini hanya satu dari sekian pantai indah di Gunung Kidul. Memiliki lanskap pantai yang begitu luas dan hamparan pasir putih yang bersih, matahari terbenam akan terlihat sangat indah dari tempat ini.

Puncak Suroloyo

Pilihan tempat melihat sunset di Jogja lain yang bisa didatangi adalah Puncak Suroloyo. Anda memang harus mendaki bukit terlebih dahulu untuk bisa mencapai puncak. Namun, ketika di puncak, Anda akan mendapatkan keindahan sunset yang hakiki. Ditemani kopi khas Suroloyo, berburu sunset di tempat ini pasti akan sangat mengasyikkan.

Nah, demikian beberapa tempat melihat sunset di Jogja yang memanjakan mata dan paling indah. Kunjungi tempat tersebut dan rasakan keindahan sunset terbaik di Yogyakarta.

via deewezz

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.