Bisa Cegah Kanker, Ini 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

SoPasti.Com

Bisa Cegah Kanker, Ini 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan
Sumber: iStockphoto/didoi

Memiliki rasa yang khas, tidak sedikit orang yang menyukai buah sirsak. Memiliki daging kenyal berwarna putih, selain dikonsumsi secara langsung, buah sirsak juga dapat dijadikan jus, campuran es buah, hingga isi puding.

Buah berkulit hijau ini mudah ditemukan di daerah tropis, Sobat Shopee. Sehingga, buah sirsak dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Di sisi lain, ternyata banyak sekali manfaat buah sirsak untuk kesehatan, loh!

Sirsak mengandung karbohidrat, serat, kalium, magnesium, kalsium, dan berbagai vitamin yang baik tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat buah sirsak untuk kesehatan? Cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

manfaat buah sirsak
Sumber: Pixabay

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah sirsak dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi berbagai risiko penyakit.

Daya tahan tubuh yang kuat tentunya membuat kamu tidak rentan terkena penyakit dan kuat melawan penyakit infeksi, Sobat Shopee!

2. Melancarkan Pencernaan

Kamu memiliki masalah pencernaan seperti sembelit, Sobat Shopee? Kalau begitu, mengkonsumsi buah sirsak dapat menjadi salah satu solusinya.

Pasalnya, kandungan serat di dalamnya membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengatasi sembelit.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah sirsak lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Dengan mengkonsumsi sirsak secara rutin dan takaran yang tepat, penelitian di Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa suplemen mengandung daun, ekstra, san biji sirsak dapat menurunkan kadar trigliserida yang tinggi.

4. Menghilangkan Stress

Menghilangkan stress merupakan salah satu manfaat dari mengkonsumsi buah sirsak, loh! Stres dapat mengganggu dan merusak metabolisme tubuh.

Sifat antiradang pada sirsak dapat menenangkan orang yang sulit tidur. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu juga bisa mengkonsumsi teh sirsak, Sobat Shopee.

5. Mencegah Kanker

Mengandung antioksidan dan nutrisi yang tinggi, berbagai penelitian menunjukkan bahwa sirsak dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Mulai dari kanker payudara, prostat, usus besar, ginjal, hati, dan mulut.

Untuk mendapatkan manfaat buah sirsak yang satu ini, kamu bisa mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin dan takaran yang tepat.

6. Melawan Infeksi

Melansir berbagai sumber, terdapat riset yang menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat melawan bakteri, virus, hingga parasit.

Selain itu, kandungan nutrisinya yang meningkatkan daya tahan tubuh juga membantu pemulihan lebih cepat setelah terkena infeksi.

7. Memperkuat Tulang

Tulang yang kuat dan sehat merupakan salah satu kunci untuk beraktivitas dengan nyaman. Dengan demikian, kekuatan dan kesehatan tulang harus diperhatikan.

Ternyata, sirsak juga bagus untuk tulang, Sobat Shopee. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Sirsak dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

8. Mengobati Asam Urat

Tak hanya daging buahnya saja, manfaat buah sirsak juga bisa didapatkan dari daunnya. Daun sirsak memang terkenal untuk mengobati asam urat, loh!

Hal ini dikarenakan kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pada daun sirsak. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan meminum rebusan air sirsak secara rutin.

9. Menyehatkan Kulit

Tak hanya pada kesehatan organ dalam, manfaat buah sirsak juga dapat dirasakan pada sisi kecantikan. Manfaat ini bisa didapatkan dari biji sirsak, Sobat Shopee.

Manfaat biji sirsak ini dapat menenangkan kulit hingga meratakan tekstur kulit. Tak hanya itu saja, khasiat lainnya ada mengurangi garis-garis halus di wajah dan cegah penuaan, loh!

10. Mencegah Rambur Rontok

Selain mencegah penuaan dini, manfaat buah sirsak lainnya adalah mencegah rambut rontok. Manfaat ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi pada buah sirsak.

Kandungan vitamin C di dalamnya membantu mengurangi dan mengatasi rambut rotok. Dengan demikian, konsumsi sirsak secara rutin dapat menguatkan rambut, loh!

Itu 10 manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, Sobat Shopee. Meskipun demikian, konsumsi sirsak dengan batas yang wajar agar manfaat yang didapatkan maksimal.

Kalau kamu mencari buah sirsak dan buah-buahan segar lainnya, sekarang ada Shopee Segar yang siap memenuhi kebutuhan nutrisi kamu dari buah-buahan hingga sayuran, loh! Yuk, cek Shopee Segar sekarang juga!

via shopee

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.