Memahami Pentingnya Gambaran atau Profil Perusahaan

SoPasti.Com

Ajaib.co.id – Apakah kamu pernah mendengar profil perusahaan atau yang biasa disebut dengan istilah company profile? Sering kali kita ingin tahu mengenai informasi suatu perusahaan ataupun gambaran detail perusahaan tersebut, di mana yah kita dapat memperoleh informasi mengenai hal tersebut?

Nah, mungkin beberapa dari kamu sudah mengetahui bahwa kita bisa memeroleh informasi mengenai company profile di website resmi perusahaan. Banyak perusahaan telah menyediakan profil perusahaannya di halaman website masing-masing, baik secara sederhana maupun lebih terperinci. 

Apakah yang melatarbelakangi perusahaan memberikan informasi profil perusahaan dan kira-kira seberapa pentingkah informasi tersebut?

Yuk, simak pembahasan mengenai pentingnya company profile di bawah ini.

Manfaat Penting Profil Perusahaan

Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat merebak ke berbagai aspek kehidupan manusia. Hal tersebut yang juga terjadi di dunia bisnis, lho.

Banyak perusahaan tidak lagi segan dan bahkan rela untuk mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk membuat company profile atau website perusahaan.

Profil perusahaan dianggap sangat penting oleh para pelaku bisnis. Profil perusahaan yang profesional dan layak menjadi harapan pelaku bisnis untuk ditampilkan di website perusahaan mereka. 

Hal ini menjadi penting karena bagi pelaku bisnis dan juga perusahaan profil merupakan sebuah bentuk perkenalan yang dilakukan secara profesional dari suatu perusahaan mengenai bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan tersebut. 

Oleh karena itu, company profile menjadi bagian penting yang pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, lho. Profil perusahaan akan menggambarkan informasi produk yang ditawarkan, keberadaan bisnis, status perusahaan, tujuan perusahaan dan lain sebagainya. 

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa alasan yang menjadikan company profile penting:

  • Menampilkan informasi perusahaan seperti sejarah perusahaan, latar belakang, atau bahkan struktur organisasi sebuah perusahaan. 
  • Sebagai representasi perusahaan dan dapat membangun dan menampilkan citra serta identitas perusahaan yang menjadi first impression bagi para pencari informasi perusahaan. Selain itu, dalam company profile tercantum keunggulan perusahaan dibandingkan perusahaan kompetitor lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkuat branding
  • Sebagai perantara komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat maupun pelanggan mengenai proyek-proyek atau event terbaru perusahaan ataupun hanya sebagai media untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakat melalui kontak yang tersedia di company profile.
  • Alat pemasaran yang baik bagi perusahaan karena bagi beberapa perusahaan telah tertera produk maupun layanan yang ditawarkan secara rinci. Hal ini memudahkan calon konsumen untuk mengetahui produk dan layanan sebelum membeli atau menggunakannya.

Bentuk company profile yang dibuat oleh setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung kepada target dan tujuan pembuatan profil perusahaan. Secara umum, company profile dapat dibedakan menjadi tiga yaitu:

1. Profil perusahaan startup dan UKM

Profil perusahaan startupdan UKM biasanya dibuat untuk perkenalan dengan desain yang dibuat secara menarik dan informatif.  

Company profile ini didesain untuk menarik klien untuk bekerja sama dengan perusahaan startup dan UKM yang baru berdiri.

2.    Profil perusahaan digital

Dalam profil perusahaan digital, informasi yang dimasukkan adalah informasi terbaru dari perusahaan. Hal ini yang menyebabkan profil perusahaan digital biasanya akan diperbarui secara reguler. 

3.    Profil perusahaan untuk menarik investor

Terdapat company profile khusus yang digunakan untuk menarik investor. Dengan tujuan ini, profil perusahaan yang ditampilkan haruslah memuat informasi perusahaan yang detail dan juga terstruktur dan juga informatif.

Dengan desain yang informatif dan terstruktur, investor akan tertarik dan juga percaya untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.

Contoh Profil Perusahaan

Di bawah ini adalah salah satu company profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yakni PT Unilever Indonesia Tbk dengan kode saham UNVR di website resmi perusahaan.

Dalam website perusahaan dengan kode saham UNVR ini, kita dapat melihat informasi yang ditampilkan oleh perusahan. Unilever melakukan perkenalan secara profesional kepada para pencari informasi dapat dilihat dari rincian informasi yang perusahaan tampilkan. 

Seperti perusahaan pada umumnya, Unilever memulai perkenalan dengan memberikan gambaran tentang perusahaan yakni berupa sejarah singkat perusahaan, tujuan, visi, misi, prinsip dan juga nilai yang ada dalam perusahaan. 

Unilever juga melakukan penawaran berbagai produk atau brand yang mereka produksi serta tujuan mulia dari berbagai produk yang dapat memperkuat citra perusahaan sebagai brand yang berupaya mengurangi jejak lingkungan serta memberi pengaruh positif bagi masyarakat. 

Selain hal tersebut, Unilever sebagai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia juga menyediakan informasi bagi para investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan.

Berdasarkan gambar di atas, perusahaan dengan kode saham UNVR ini memberikan gambaran mengenai aktivitas pasar, saham dan juga hasil perseroan.

Prospektus perusahaan, informasi pemegang saham, dan bahkan kalender pembagian dividen juga ditampilkan pada company profile. Hal ini tentunya menjadi company profile yang sangat informatif bagi para investor untuk mengetahui gambaran umum dan sederhana mengenai prospek perusahaan dan juga investasi yang akan mereka lakukan. 

Demikianlah pentingnya company profile pada era saat ini. Perusahaan dapat merasakan banyak manfaat jika membuat company profile untuk bisnis yang sedang dijalankan. 

Dengan adanya company profile seperti pada website, memudahkan para pencari informasi dan juga sebagai branding produk ataupun bisnis agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. 

Nah terutama untuk para investor yang akan menanamkan dananya, penting bagi kamu untuk tahu terlebih dahulu mengenai profil perusahaan yang akan kamu pilih sebagai tempat untuk berinvestasi. Jangan sampai kamu tidak tahu sama sekali tentang perusahaan yang kamu investasikan, yah. 

Nah, untuk kemudahan berinvestasi kamu dapat menggunakan aplikasi Ajaib yang sekarang juga dapat kamu install di smartphone kamu. Aplikasi mudah dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK, lho. Ayo buruan download!

via ajaib

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.