Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

SoPasti.Com

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di mana ada banyak cara mencari uang dari internet.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan program afiliasi. Dengan program afiliasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dengan sedikit modal saja.

Di artikel kali ini, kami akan mengupas tuntas mengenai apa itu afiliasi, apa saja keuntungannya, dan tentu saja cara mendapatkan uang dari program afiliasi. Penasaran, bukan? Maka dari itu, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Program Afiliasi?

Program afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi apabila Anda berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk.

Jumlah dari komisi yang Anda dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang Anda ikuti. Misalnya, Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%, sementara Niagahoster memberikan komisi 70% untuk Anda.

Baca juga: 9+ Plugin Afiliasi WordPress Gratis yang Bisa Anda Coba

Cara Kerja Program Afiliasi

Sebelum lebih jauh membahas cara kerja program afiliasi, kami jelaskan secara singkat dulu para pihak yang terlibat di dalamnya. Ada tiga pihak yang terlibat langsung dalam program afiliasi:

  • Pemilik Produk: bisa merupakan perusahaan, vendor, penjual, dan lainnya. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini. 
  • Afiliator: orang yang mengikuti program afiliasi. Mereka bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi kepada calon konsumen.
  • Konsumen:  konsumen bisa membeli produk dari pemilik produk melalui afiliator.

Setelah mengetahui pihak-pihak yang terlibat, di bawah ini kami jelaskan cara kerja afiliasi. Cara kerja program afiliasi adalah sebagai berikut:

Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

1. Daftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti program afiliasi, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran biasanya bisa dilakukan di website perusahaan tersebut.

Nah, setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode referral ini unik untuk setiap orangnya dan digunakan sebagai konfirmasi kalau konsumen memang membeli dari afiliator tersebut.

Oh ya, kadang justru Anda yang ditawari untuk mengikuti program afiliasi, lho. Penawaran program afiliasi ini biasanya terjadi pada influencer media sosial atau blogger trafik besar dengan tema pembahasan yang sesuai dengan produk afiliasi tersebut.

2. Promosi Produk Afiliasi

Agar bisnis afiliasi menghasilkan banyak komisi, Anda harus mempromosikan kode referral sehingga banyak yang orang beli. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara:

  • Buat Review Produk di Blog

Anda bisa menulis artikel yang mereview suatu produk afiliasi. Tapi ingat, Anda harus mempertimbangkan kesesuaian tema blog dengan produk afiliasi. Usahakan target audiens blog dan target audiens produk afiliasi itu sama agar promosi Anda efektif.

Tulislah review yang apa adanya dan membahas pengalaman Anda menggunakan produk tersebut dengan mendalam. Jabarkan kelebihan dan kekurangannya, lalu akhiri dengan CTA kode referral Anda.

contoh program afiliasi

Untuk membuat review produk referral ini, Anda harus memiliki blog. Oleh karena itu, jika Anda belum punya blog, kami sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu. Blog ini adalah salah satu sarana penting untuk promosi kode referral Anda.

Anda bisa menemukan cara membuat blog dengan mudah dan lengkap di → Cara Membuat Blog dan Optimasinya (Terlengkap)

  • Pasang Banner di Blog

Selain menulis review, memasang banner di blog bisa menjadi cara promosi efektif lainnya. Sebab, manusia memproses gambar lebih cepat 60,000 kali daripada teks. Sehingga, banner program affiliate bisa memancing perhatian pengunjung lebih cepat daripada promosi lewat teks.

Walaupun begitu, jangan menaruh banner promo di setiap sisi website secara acak begitu saja. Karena ini bisa membuat pengunjung muak dan justru meninggalkan website Anda.

Usahakan untuk memasang banner di tempat-tempat strategis, misalnya di header atau di sisi samping blog. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan review produk dan menempatkan banner di akhir artikel sebagai CTA.

Di bawah ini adalah contoh promosi menggunakan banner yang benar. Pemilik website dengan baik memasang blog di tempat yang strategis dan mudah ditemukan:

contoh bisnis afiliasi banner blog
  • Media Sosial

Buat postingan di media sosial yang membahas produk afiliasi Anda. Mulai dari review singkat hingga posting ulang dari akun resmi pemilik produk. 

Usahakan Anda juga menerapkan strategi social media marketing agar promosi lebih efektif dan maksimal. Oleh karena itu, kami sarankan Anda mempelajari social media marketing yang sudah kami bahas dengan lengkap di artikel →Panduan Lengkap Social Media Marketing 2020

Oh ya, jangan lupa juga untuk memasukkan CTA di dalam postingan Anda di media sosial. CTA ini bisa dalam bentuk caption di postingan atau mengarahkan ke bio untuk link referral.

Jika Anda mempunyai kanal YouTube, justru lebih baik lagi karena Anda bisa membuat video edukasi mengenai topik dari produk afiliasi tersebut. Kemudian, Anda bisa menyisipkan link referral di dalam video atau pada deskripsi video.

contoh bisnis afiliasi media sosial
  • Forum Online

Forum online adalah tempat terbaik untuk menemukan orang-orang yang tertarik pada bidang tertentu. Apalagi jika Anda punya reputasi baik di forum online tersebut, mempromosikan bisnis afiliasi bisa menjadi hal yang mudah.

Promosi di forum online bisa Anda lakukan dengan menuliskan review singkat produk afiliasi. Atau bisa juga dengan ikut diskusi lalu menyisipkan link referral di komentar Anda.

contoh bisnis afiliasi forum online

Namun, satu hal yang harus Anda ingat bahwa berbeda forum berbeda pula aturan mainnya. Ada forum yang membolehkan promosi produk, ada pula forum yang melarang keras promosi dalam bentuk apapun. Jadi sebaiknya Anda baca dulu aturan di sana, ya.

3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda

Tujuan melakukan promosi afiliasi adalah agar orang-orang menggunakan kode referral Anda. Nah, jika ada yang menggunakan kode referral, konsumen mendapat diskon tambahan dan Anda sebagai afiliator mendapatkan komisi. Win win solution, bukan?

Oh ya, walaupun Anda mendapatkan komisi dari pembelian konsumen, bukan berarti harga produk yang dibeli konsumen akan lebih tinggi daripada harga normal. Umumnya, harganya sama saja. 

Bahkan, di beberapa kasus –seperti program afiliasi Niagahoster– justru konsumen mendapatkan harga yang lebih murah lewat kode referral daripada membeli langsung.

4. Dapatkan Komisi

Komisi akan didapatkan apabila ada yang menggunakan kode referral Anda. Nah di sini, Anda akan berbagi profit dengan pemilik produk.

Namun, untuk mendapatkan komisi tak melulu mengharuskan konsumen membeli suatu produk terlebih dahulu, lho. Tergantung dari perusahaannya, ada tiga jenis komisi dari program afiliasi:

  • Per Penjualan

Ini adalah jenis pembagian komisi yang umumnya diterapkan dalam program afiliasi. Setelah konsumen membeli produk melalui link referral, Anda akan diberikan komisi beberapa persen dari harga penjualan.

Dengan kata lain, orang-orang tak hanya harus mengklik link referral, lalu Anda akan langsung mendapatkan komisi. Namun, mereka wajib melakukan pembelian terlebih dahulu dan menjadi konsumen dari perusahaan pemilik produk.

Contoh dari program referral jenis ini adalah program referral Niagahoster. Di mana afiliator akan mendapatkan komisi 70% per penjualan hosting dari link referral miliknya.

program afiliasi Niagahoster

Komisi per lead ini dibayarkan apabila calon konsumen berhasil menyelesaikan suatu aktivitas yang sudah ditentukan oleh pemilik produk. Bisa dari mengisi form, membuat akun, subscribe newsletter, hingga download file tertentu.

contoh komisi bisnis afiliasi per lead

Seperti namanya, komisi ini dibayarkan apabila ada orang yang mengklik link referral. Biasanya, link referral akan mengarahkan mereka ke website pemilik produk. Jadi bisa dikatakan bahwa komisi per klik ini dibayarkan berdasar peningkatan trafik website dari pemilik produk.

contoh komisi afiliasi per klik

Baca juga: CPA Marketing: Cara Dapat Untung Berlipat dari Internet

Keuntungan Program Afiliasi

Apa saja keuntungan afiliasi? Berikut ini kami jabarkan enam manfaat jika Anda menjadi seorang Afiliator!

1. Penghasilan Pasif

Suatu pekerjaan pada umumnya mengharuskan Anda untuk berada di tempat kerja untuk mendapatkan uang. Sementara dengan program afiliasi, Anda akan tetap mendapatkan uang saat tidur sekalipun.

Promosi yang Anda lakukan di awal akan tetap berada di sana selamanya (kecuali jika Anda menghapusnya). Ini membuat uang tetap masuk berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelahnya.

Anda tak perlu berada di depan komputer untuk mendapatkan uang. Cukup duduk manis dan uang akan datang dengan sendirinya.

2. Modal Kecil

Perusahaan penyedia program afiliasi itu ada dua jenis. Pertama adalah perusahaan yang tak memberikan syarat wajib membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftar program afiliasi.

Sedangkan jenis kedua, perusahaan mewajibkan Anda untuk membeli produknya agar bisa ikut di program afiliasi mereka.

Jenis pertama bisa dikatakan gratis, tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Contoh dari program afiliasi jenis ini adalah Program Afiliasi Niagahoster. Anda tak perlu membeli hosting harga jutaan terlebih dahulu untuk bisa ikut.

Untuk jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang sedang Anda butuhkan. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus mendapatkan uang dari produk yang orang beli dari program afiliasi.

3. Kerja dari Rumah

Anda bisa menjalankan strategi promosi link referral dari mana saja, termasuk dari sofa di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop/smartphone. Jadi, afiliasi adalah jenis pekerjaan sempurna bagi Anda yang tak suka bekerja kantoran. 

4. Jam Kerja Fleksibel

Anda tak terikat kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam tertentu layaknya bekerja kantoran. Jadi, Anda sendirilah yang menentukan kapan saatnya promosi dan kapan saatnya bersantai. 

5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi

Anda mungkin merasa kalau mendaftar satu program afiliasi saja masih tidak cukup. Nah, tak perlu pusing karena Anda bisa ikut program afiliasi dari perusahaan lainnya di saat yang sama. 

Anda bisa mendaftar ke tiga atau empat program afiliasi sekaligus, selama memang tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya. Jadi, pastikan Anda membaca syaratnya terlebih dahulu agar tidak terkena konsekuensi di masa depan.

6. Penghasilan Murni dari Kerja Keras Anda

Pada pekerjaan lain, Anda bisa saja bekerja hingga 80 jam per minggu dan masih menghasilkan gaji yang sama. Hal ini tak berlaku apabila Anda ikut program afiliasi.

Uang yang didapatkan dari bisnis afiliasi itu tergantung sepenuhnya dari kerja keras usaha Anda melakukan promosi. Dengan kata lain, semakin niat usaha Anda, semakin besar pula hasil yang akan didapatkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing + Tips Sukses

Contoh Program Afiliasi Pemasaran

Oke, sekarang Anda sudah tahu apa itu afiliasi, cara kerjanya, serta manfaatnya. Tapi bagaimana sih contoh afiliasi?

Nah, ada banyak sekali program afiliasi di luar sana. Di bawah, kami akan jelaskan sebagian di antaranya:

1. Program Afiliasi Niagahoster

Program afiliasi Niagahoster

Tidak perlu mencari jauh-jauh. Niagahoster juga menawarkan program afiliasi, lho. Apalagi, komisi yang ditawarkan terbilang besar, yaitu 70% per penjualan. Menarik, bukan?

Jika bergabung dalam program ini, tugas Anda adalah menawarkan layanan-layanan Niagahoster. Di antaranya adalah Unlimited Hosting dan Cloud Hosting.

Caranya juga mudah. Anda akan mendapatkan link referral atau kode kupon untuk diletakkan di website atau platform lainnya.

Oh ya, kode kupon ini bisa Anda kustomisasi. Jadi, Anda bisa membuatnya terlihat lebih profesional dan terpercaya.

2. Amazon Affiliate Program

halaman utama amazon

Amazon adalah salah satu perusahaan ecommerce terbesar. Anda dapat menemukan berbagai jenis produk di dalamnya. Kabar baiknya, Anda bisa ikut menjual produk-produk yang ada di sana!

Anda hanya perlu bergabung dengan program afiliasinya. Lalu memillih produk yang ingin Anda promosikan. Jika Anda berhasil menjual produknya, Anda bisa mendapat komisi hingga 10%!

Harap perhatikan kategori produk yang ingin Anda promosikan. Karena setiap produk memiliki persentase komisi yang berbeda-beda. Contohnya, produk kecantikan memiliki komisi hingga 10%, sedangkan buku atau peralatan dapur komisinya hanya 5% saja.

3. G Suite Referral Program

halaman utama g suite

G Suite adalah sekumpulan alat yang dapat membantu bisnis dalam menyelesaikan berbagai hal. Seperti mengelola email dan kalender, membuka online meeting, atau sekedar membuat dokumen.

Jika bergabung dengan G Suite Refferal Program, Anda akan menerima link referral yang bisa dipromosikan di mana saja. Keuntungannya bisa Anda nikmati setiap ada yang mendaftar paketnya.

Jenis paket yang didaftarkan oleh pengguna akan mempengaruhi keuntungan yang Anda dapat. Contohnya, Anda akan mendapat $15 USD jika pengguna mendaftar pada paket basic, dan $30 USD jika pengguna mendaftar pada paket business atau enterprise.

4. Bukalapak Affiliate Program

halaman program afiliasi bukalapak

Anda bisa memilih di antara 100 juta produk yang bisa dijual di Bukalapak. Apapun jenis dan kategori produknya.

Cara kerja Bukalapak Affiliate Program cukup simple. Skema komisinya adalah cost per sale (CPS). Jadi, setiap ada konsumen yang membeli produk dari link Anda, Akan ada komisi yang didapat berdasarkan harga produknya.

Bukalapak juga menyediakan berbagai fitur afiliasi yang cukup lengkap. Seperti dynamic banner, link generator, hingga product search box.

5. Tiket.com Affiliate Partner

banner tiket.com partner

Apakah Anda punya aplikasi travel dan entertainment? Jika iya, Anda bisa menghubungkan aplikasinya dengan berbagai data hotel dan penerbangan dari tiket.com.

Jadi, tiket.com menawarkan API (Application Programming Interface) yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Anda. Jadi, keuntungannya diambil dari setiap transaksi yang dilakukan via API.

Struktur komisi yang Anda dapat berbeda-beda tergantung dari apa yang pengguna pesan. Contohnya, jika yang dipesan adalah tiket pesawat, Anda akan mendapat komisi Rp.10.000/seat. Sedangkan persentase komisi untuk booking hotel berkisar dari 40% hingga 60%.

6. Program Afiliasi ZALORA

program afiliasi zalora

ZALORA adalah salah satu perusahaan ecommerce populer yang menawarkan berbagai produk fashion.

Sama seperti program afiliasi ecommerce lainnya, Anda akan mendapat keuntungan setiap ada pembeli yang berasal dari link Anda.

Persentase komisi yang didapat bisa berbeda berdasarkan status pelanggannya. Persentase komisi untuk pelanggan baru adalah 6%, sedangkan persentase komisi untuk pelanggan lama adalah 4%.

Baca Juga: Kesalahan Pelaku Bisnis Afiliasi Pemula

Gabung Afiliasi Niagahoster Sekarang! Daftar Gratis, Penghasilan Fantastis!

Afiliasi adalah program di mana Anda mendapatkan komisi jika berhasil membuat orang menggunakan suatu produk atau layanan. Dengan bergabung dalam program afiliasi, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Di antaranya, penghasilan pasif dan jam kerja fleksibel.

Nah, jika tertarik untuk mengikuti program afiliasi, Anda tidak perlu susah payah mencari tempatnya. Langsung saja daftar afiliasi Niagahoster!

program afiliasi niagahoster

Selain komisi 70% untuk setiap pembelian layanan tertentu, masih ada kelebihan-kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan, lho:

  1. Daftar Gratis
    Pendaftaran sebagai afiliator Niagahoster tidak dipungut biaya. Anda tinggal bergabung dan mendapatkan link referral atau kode kupon.
  1. Pencairan Cepat
    Tidak perlu menunggu lama untuk menerima penghasilan. Dengan 2 pelanggan aktif saja, Anda sudah bisa mencairkan komisi 30 hari setelah transaksi pertama.
  1. Diskon Tambahan untuk Pelanggan
    Orang yang membeli layanan Niagahoster dengan kupon Anda bisa mendapatkan diskon 5%. Ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan!

Bagaimana? Semakin tertarik untuk menjadi afiliator Niagahoster? Ayo daftarkan diri Anda sekarang melalui link di bawah ini!

via Niagahoster

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.