Samsung Exynos 2200 & AMD GPU Hadir Tahun Ini

SoPasti.Com

Laptop Galaxy Book terbaru dari Samsung adalah perangkat yang sangat ditunggu-tunggu. Pasalnya, laptop ini kabarnya akan ditenagai oleh system-on-chip Exynos 2200.

Sumber industri sekarang mengklaim bahwa laptop pertama dengan chip Exynos akan jatuh hadir pada paruh kedua tahun ini, dan sumber yang sama mengatakan Samsung juga mempertimbangkan untuk menggunakan SoC di smartphone.

System-on-chip Samsung Exynos 2200 akan menjadi SoC pertama perusahaan yang menggunakan GPU khusus berdasarkan arsitektur RDNA AMD. Exynos 2200 akan dibuat menggunakan proses fabrikasi 5LPE (5nm) Samsung dan kemungkinan akan mengandalkan banyak teknologi yang sudah digunakan untuk Exynos 2100.

Karena Exynos 2100 menggunakan satu Cortex-X1, tiga Cortex-A78, dan empat core Cortex-A55, kerjasama yang dirancang untuk notebook harus menampilkan kinerja tujuan umum yang lebih tinggi. Itu kemungkinan akan datang dengan mengintegrasikan lebih banyak core X1, atau hanya clocking core yang ada lebih tinggi, serta beberapa peningkatan lainnya.

“Exynos baru akan menawarkan fungsi yang ditingkatkan, termasuk daya komputasi yang luar biasa dan efisiensi baterai, dengan memanfaatkan teknologi pemrosesan 5 nanometer,” kata sumber industri kepada The Korea Economic Daily. “Ini bagus untuk laptop dan smartphone.”

Memasang SoC tingkat laptop berkinerja tinggi ke dalam smartphone memiliki alasannya sendiri jika seseorang ingin menawarkan kinerja terbaik dalam sebuah handset dan mengalahkan semua handset gaming yang tersedia di pasaran saat ini. Tetapi ini akan memakan biaya dan mungkin tidak memberikan hasil yang diinginkan.

Exynos 2200 dioptimalkan untuk kinerja, jadi diharapkan jauh lebih besar daripada Exynos 2100. Itu berarti biaya lebih tinggi dan konsumsi daya lebih tinggi. Ukuran die yang lebih besar dan konsumsi daya yang lebih tinggi akan membuat lebih sulit untuk masuk ke dalam smartphone, karena akan membutuhkan pengiriman daya yang lebih rumit, yang memperbesar jejak PCB.

Konsumsi daya yang lebih tinggi juga berarti lebih sedikit masa pakai baterai, untuk baterai dengan ukuran yang sama.

SoC untuk notebook dioptimalkan untuk kinerja kuat. Mereka biasanya berjalan pada jam yang sangat tinggi untuk periode waktu yang relatif singkat, menyelesaikan ‘pekerjaan berat’ secepat mungkin, dan kemudian kembali tidur.

Perilaku perangkat seperti itu dimungkinkan karena notebook dapat mendinginkan CPU mereka dengan sistem pendingin yang relatif kuat. Sebaliknya, smartphone memiliki termal yang berbeda, sehingga menjalankan SoC pada jam yang ekstrim tidak mungkin dilakukan, yang sebagian besar meniadakan keuntungannya.

Samsung belum mengonfirmasi spesifikasi Exynos 2200 yang akan datang atau rencananya untuk SoC.

via Pemmzchannel

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.