Cara Mengurangi Makan Junk Food

SoPasti.Com – Hampir setiap orang memesan kentang goreng setelah mencium aroma kentang goreng yang begitu menggoda. Tetapi penelitian baru, yang diterbitkan dalam Journal of Marketing Research, mengatakan bahwa mengabaikan aroma junk food selama setidaknya dua menit sebenarnya dapat membantu sobat membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Itulah salah satu Cara Mengurangi Makan Junk Food.

Dalam serangkaian percobaan, para peneliti menemukan hubungan yang mengejutkan antara aroma sekitar dan pilihan makanan. Dari waktu ke waktu, mereka menemukan bahwa orang yang mengendus makanan yang memanjakan, seperti pizza atau kue. Sebenarnya lebih kecil kemungkinannya untuk memilih atau membeli makanan yang tidak sehat daripada mereka yang mencium pilihan yang bergizi, seperti apel dan stroberi. Mereka mengkonfirmasi fenomena ini dengan menggunakan nebulizer untuk memompa aroma ke berbagai lingkungan. Termasuk kantin sekolah menengah, toko kelontong dan laboratorium.

Cara Mengurangi Makan Junk Food

Ketika aroma pizza tercium ke kafetaria yang melayani sekitar 900 siswa. Misalnya, 21% dari pembelian makanan pada hari itu adalah pilihan yang tidak sehat seperti keripik, otak-otak, dan ayam goreng. Tetapi ketika aroma apel dirilis pada hari lain, hampir 40% tidak sehat – sedikit lebih banyak daripada sekitar 36% yang terjadi pada hari kontrol bebas aroma.

Cara Mengurangi Makan Junk Food
Mumbai Live

Triknya adalah mencium makanan cukup lama untuk mendorong keinginan awal sobat. Dalam satu percobaan laboratorium, para peneliti mengekspos sekitar 250 orang pada aroma kue atau stroberi dalam waktu yang berbeda-beda. Kemudian bertanya kepada mereka makanan mana yang lebih mungkin mereka pilih. Hampir 45% orang yang terpapar aroma kue kurang dari 30 detik mengatakan mereka akan memilih suguhan stroberi – tetapi hanya 22% dari mereka yang terpapar lebih dari dua menit memilih untuk pilihan memanjakan. (Kebalikannya berlaku untuk orang yang terpapar aroma stroberi, tetapi perbedaannya tidak signifikan secara statistik.)

Dalam percobaan lain, menggunakan aroma pizza dan apel, para peneliti kembali menemukan bahwa paparan yang lebih panjang menjauhkan orang dari pilihan junk food.


Baca Juga :


Hasil ini menunjukkan bahwa aroma yang lezat dapat membangkitkan keinginan. Tetapi seiring waktu, itu juga cukup untuk memuaskannya, para peneliti berteori. “Kami mengusulkan bahwa ini terjadi karena aroma yang terkait dengan makanan yang memanjakan memenuhi sirkuit hadiah di otak, yang pada gilirannya mengurangi dorongan untuk konsumsi aktual makanan yang memanjakan,” catat mereka.

Lain kali sobat pergi makan, jangan langsung pesan makanan, berhentilah sebelum sobat memesan. Ini mungkin hanya apa yang sobat butuhkan untuk membuat pilihan yang lebih sehat. Intinya sobat harus bisa mengendalikan nafsu makan ketika godaan kenikmatan makanan datang. Keep Healhty ya sobat!

 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *