Tips dan Cara Agar Terhindar dari Cacingan

SoPasti.Com – Cacingan adalah penyakit infeksi cacing atau parasit yang tinggal dalam usus manusia. Cacing yang menetap di usus ini akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus. Ternyata, tidak hanya anak-anak yang bisa mengalami cacingan. Orang dewasa pun masih bisa mengalami infeksi cacingan. Inilah Tips dan Cara Agar Terhindar dari Cacingan.

Kebersihan yang tak terjaga atau lingkungan yang kotor dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempermudah penyebaran infeksi cacing. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja baik orang dewasa sampai anak-anak. Gejala-gejala penyakit cacingan pun kadang tampak samar-samar.

Umumnya, gejala cacingan yang dikeluhkan dapat berupa sakit perut, diare, mual, muntah, tak nafsu makan sampai penurunan berat tubuh. Jika tak diobati dengan benar, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berat. Mulai dari anemia, menghambat perkembangan fisik, kecerdasan sampai produktivitas kerja.

Tips dan Cara Agar Terhindar dari Cacingan

Karena itu, penting untuk mengetahui pencegahan supaya terhindar dari penyakit ini. Berikut tips mudah terhindar dari penyakit cacingan.

1. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat. Seperti GERMAS (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat) yang sudah dicanangkan Kementerian Kesehatan.

2. Cuci tangan setelah bermain atau bepergian.

3. Gunakan selalu alas kaki.

4. Melakukan periksa rutin ke dokter.

5. Minum obat cacing sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, yakni 2 tahun sekali.

Tips dan Cara Agar Terhindar dari Cacingan pada anak


Baca Juga:


Gejala Cacingan pada umumnya:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Perut terasa tidak nyaman
  • Penurunan berat badan
  • Selera makan menurun
  • Penyumbatan usus sehingga perut bisa terasa nyeri dan terjadi muntah parah

Bila Anda mengalami gejala-gejala yang sudah dijabarkan di atas atau Sobatmencurigai gejala cacingan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Deteksi penyakit sedini mungkin bisa membantu pengobatan agar ampuh sekaligus mencegah komplikasi dari infeksi cacing.

Itulah Tips dan Cara Agar Terhindar dari Cacingan. Jaga Kebersihan dan kesehatan ya sobat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *