Penjelasan Penyebab Cegukan

SoPasti.Com – Cegukan, adalah hal misterius yang tentunya, sangat menggangu dan membuat kita mengeluarkan suara aneh, seperti “Hik hik hik”. Jadi pertanyaan nya, kenapa kita, bisa mengalami cegukan? Inilah Penjelasan Penyebab Cegukan. Cegukan adalah keluarnya suara khas seperti ‘hik’ akibat menutupnya pita suara secara tiba-tiba yang dipicu oleh konstraksi pada diafragma. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang memiliki peran penting di dalam sistem pernapasan.

Dalam dunia medis, cegukan lebih sering disebut sebagai “singultus”. Dan di dunia ini, sudah banyak sekali pendapat yang menjelaskan alasan cegukan bisa terjadi. Menurut pandangan fisiologis, cegukan terjadi, karena adanya kontraksi yang sangat kuat, pada diafragma dan otot pernapasan, seperti otot interkostal dan otot leher kita. Saat kontraksi ini terjadi, lidah bagian belakang, naik ke atas langit mulut. Lalu, otot vokal atau glottis, dalam tenggorokan kita ini kemudian juga ikut berkontraksi, hingga akhirnya menimbulkan suara seperti kita sedang tersedak oleh bakso “Hik hik hik”.

Penjelasan Penyebab Cegukan

Pendapat lain mengatakan kalau cegukan itu diwariskan oleh leluhur kita pada jutaan tahun yang lalu. Menurut pandangan ini, manusia berasal dari makhluk amfibi, yang bisa hidup di darat dan di air, yang kemudian beradaptasi menjadi makhluk yang hidup di daratan saja. Tetapi meskipun sudah di daratan, tubuh kita masih belum mampu menghisap udara sepenuhnya hingga masuk ke paru-paru. Akibatnya, tubuh kita mengembangkan mekanisme cegukan, untuk memudahkan udara masuk dalam paru-paru. Dan mekanisme tersebut, tersisa hingga sekarang.

Penjelasan Penyebab Cegukan
Under Science

Cegukan bisa dialami oleh segala kalangan usia, termasuk bayi. Durasi waktu ketika seseorang mengalami cegukan sangat bervariasi, namun kebanyakan hanya beberapa menit.

Pendapat lain, juga sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Leluhur kita berpendapat bahwa cegukan itu terjadi karena roh kita berusaha keluar dari tubuh kita. Akibatnya, menurut leluhur kita, kita harus menutup mulut kita agar roh kita tetap berada dalam tubuh kita dan tidak jadi pergi. Sangat mengerikan.


Baca Juga :


Lalu, cegukan sendiri bisa ditanggulangi dengan berbagai cara, seperti menahan nafas selama 10 detik, meminum air, atau mengkonsumsi madu atau gula.

Itulah Penjelasan Penyebab Cegukan.  Jadi, semoga artikel ini tidak membuat kita bingung lagi tentang alasan kenapa cegukan terjadi. Dan buat kita tidak lagi menyalahkan tukang bakso lagi atas cegukan tersebut. Dan seperti biasa, terima kasih. [livescience]

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *