Cara Menghentikan Cegukan Paling Mudah

SoPasti.ComCegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Kali ini sopasti.com menginformasikan Cara Menghentikan Cegukan Paling Mudah.

Saat cegukan, yang terjadi adalah kontraksi otot-otot pernapasan yaitu diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk–yang menyebabkan gerakan menarik napas namun secara tiba-tiba diikuti dengan menutupnya glotis (katup saluran napas) secara tidak normal sehingga terdengarlah suara khas cegukan.

Biasanya cegukan muncul 4-60 kali/menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja, namun ada kalanya cegukan bertahan lebih dari 48 jam dan bisa pula hingga berhari-hari. Cegukan dapat dialami oleh siapa saja, janin dalam kandungan, anak-anak dan juga orang dewasa semua dapat mengalaminya.

Cara Menghilangkan Cegukan Paling Mudah

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan. Secara teoritis, prinsipnya adalah dengan menginterupsi lengkung refleks cegukan. Berikut ini beberapa cara mengatasi cegukan, di antaranya:

Inilah Cara Menghentikan Cegukan Paling Mudah

1. Kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Caranya, adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah.
Lakukan dengan cepat dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya. Kondisi ini membuat udara yang banyak dihirup adalah udara yang mengandung karbon dioksida.

2. Cara menghilangkan cegukan dengan meningkatkan kadar karbon dioksida lainnya adalah dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.

3. Ada pula yang menyarankan menahan napas selama mungkin kemudian keluarkan dan tahan selama mungkin, atau dengan menahan napas dengan kepala tengadah.

4. Minum air dalam posisi membungkuk, melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk pada kedua sisi leher, atau tarik napas dalam lalu minum 10 tegukan air saat tidak bernapas.

Pertolongan medis

Bila cegukan tidak juga hilang dalam beberapa jam atau bahkan hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, baclofen, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin) juga obat lain seperti quinidine, dan amitriptilin.

Tentunya penggunaan obat-obatan ini harus dengan petunjuk dokter, sebab obat-obatan tersebut memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Sedangkan, apabila cegukan bukan disebabkan oleh kondisi yang mendasari atau reaksi obat-obatan, maka cegukan tersebut biasanya akan reda dengan sendirinya tanpa perlu mendapatkan penanganan medis. Jangan Lupa ketahui juga penyebab cegukan.


Baca Juga:


Penyebab Cegukan

Cegukan biasanya disebabkan oleh kondisi perut yang penuh. Berikut adalah beberapa faktor yang membuat perut terasa penuh:

1. Makan terlalu banyak.

2. Makan terlalu cepat.

3. Minum terlalu banyak alkohol.

4. Menelan terlalu banyak udara.

5. Merokok.

6. Perubahan suhu yang mendadak di perut, seperti minum minuman panas dan kemudian makan dalam keadaan panas.

7. Keadaan emosional seperti stres atau gembira.

Dalam mendiagnosis cegukan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, melihat rekam medis, dan bila diperlukan akan dilakukannya pemeriksaan penunjang seperti endoskopi atau CT-Scan. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat terhadap kondisi yang Anda alami.

Itulah Cara Menghentikan Cegukan Paling Mudah. Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini kadang kala berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal tersebut, Sobat dapat menghubungi kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *