JAKARTA, — Datangnya musim hujan biasanya dibarengi dengan keluarnya ular dari sarangnya. Ular yang keluar kemudian mencari tempat untuk bersembunyi yang memicu insiden masuknya ular ke dalam rumah.

Jika kamu mengalami hal ini, pertama-tama janganlah panik. Jika kamu tak mengerti bagaimana mengatasi ular, lebih baik memanggil pemadam kebakaran atau pengendali hewan untuk melakukannya.

Namun jika kamu merasa bahwa ular ini bukanlah jenis yang berbahaya, kamu bisa mencoba mengeluarkannya sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk mengusir ular dari rumah dengan aman seperti dilansir dari This Old House, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Kenali, Ini Tanda Ada Ular Masuk ke Rumah

1. Semprotkan air dengan selang

Jika kamu benar-benar yakin ular itu tidak berbahaya, semprotkan selang dengan lembut ke ular dari kejauhan untuk membantunya bergerak. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arahkan air agar ular keluar dari rumah atau pekarangan rumah.

2. Buat perangkap dengan tong sampah

Jika kamu bermaksud meminta seorang profesional untuk mengeluarkan ular pada hari yang sama, kamu juga dapat dengan cepat menjebaknya dengan tempat sampah atau ember, sekali lagi, lakukan hal ini jika kamu yakin ular itu aman untuk didekati.

3. Usir dengan sapu

Kamu juga bisa mendorong tubuh ular dengan lembut dengan menggunakan sapu. Usakan jangan terlalu kasar agar ular tidak terluka.

Jika sudah berada di tempat yang aman, segera panggil pemadam kebarakan atau pengendali hewan.

Baca juga: Garam Bisa Mengusir Ular dari Rumah, Mitos atau Fakta?

Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah

Sebenarnya untuk menghadapi ular di musim hujan, ada baiknya kamu melakukan beberapa pencegahan.

via Kompas